Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro

 Beberapa drone dirancang untuk dapat terbang dengan aman. Beberapa sistem ditambahkan seperti GPS, Optical Flow dan beberapa sensor seperti Infrared dan sensor jarak guna membuat drone jadi lebih aman ketika diterbangkan. Untuk drone yang memiliki sensor lengkap, memang kebanyakan dimiliki oleh drone – drone ptofessional. Sedangkan drone semi professional dan drone mainan biasanya hanya diberikan beberapa fitur tambahan keamanan tersebut, umumnya drone mainan diberikan sebuah sensor kamera menghadap bawah sebagai sensor Optical Flow, walau dalam praktiknya banyak drone kelas mainan yang tidak bisa menjalankan fungsi Optical Flow secara lancar, sehingga kadang sensor optical flow pada drone mainan hanya sebuah gimmick, lalu produsen memberikan akses untuk mengganti view kamera dari aplikasi FPV sehingga anda bisa menggunakan kamera yang menghadap kebawah tersebut.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Terlepas dari itu semua, ada drone kelas semi professional yang mulai memberikan fitur – fitur keamanan yang lebih niat. Dalam artian fitur ini benar – benar berfungsi dan bisa digunakan ketika terbang. Seperti yang akan admin omahdrones bahas pada kesempatan hari ini, ada drone dari JJRC yang memiliki fitur keamanan attachable. Sebuah drone yang bisa dipasang sensor obstacle avoidance ketika diperlukan, yaitu JJRC X19 Pro. Drone ini masih mengusung desain foldable ala – ala DJI Mavic generasi pertama. Drone ini sudah menggunakan motor brushless dan dilengkapi juga dengan GPS, sehingga drone ini bisa masuk ke dalam jenis drone Semi Professional. Mengapa masih semi? Karena dari segi kamera, masih bisa dibilang jauh dari professional.


Berikut fitur yang diunggulkan menurut produsen:

-Ultrasonic sensor assists barometer to keep super stable altitude hold.

-Point of interest, allowing your aircraft continuously circle clockwise around the preset point.

-Follow me, the aircraft will track you automatically and capture your movement with a particular aerial view.

-Optical flow positioning gets the real-time optical flow information and make integrating computations.

-Tap to fly makes the drone fly to the target or fly in the direction you taped on the screen.

-Mechanical gimbal stabilization reducing shake and keeping shots stable effectively.

-Barometer altitude hold + full HD 4K camera, making the aerial photography clearer.

-Module-designed LiPo battery with energy-optimized system gives you a vastly improved flight experience.

-Bright LED search light makes night flying as easy as flying in the day.


Yang menjadi fitur unggulan dari JJRC X19 Pro adalah dia memiliki alat tambahan berupa sensor obstacle avoidance yang bisa di lepas pasang. Jadi ketika dibutuhkan, anda bisa memasang sensor ini, namun ketika dirasa tidak perlu sensor ini, anda bisa terbang tanpa sensor tambahan ini. Karena selain menambah berat drone juga otomatis menambah konsumsi daya ketika drone sedang digunakan, jadi ketika dibutuhkan saja anda bisa menggunakan sensornya. Sensor ini cukup bagus dari sisi peforma, dengan kemampuan mendeteksi halangan dari jarak kurang lebih 5 meter, sehingga sebelum drone terlalu maju mengenai halangan, drone akan langsung berhenti dan tidak bisa maju lagi meski kita arahkan ke arah yang ada halangannya, karena sensor ini berfungsi 180 derajat yakni depan, belakang, kiri dan kanan drone.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Anda juga bisa menghidup atau mematikan sensor ketika sensor obstacle avoidance ini terpasang sehingga nanti bisa benar – benar situasional, ketika sudah terbang namun ternyata sensor ini malah mengganggu, anda bisa langsung mematikan sensornya.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Drone ini menggunakan baterai desain khusus yang hanya bisa digunakan untuk JJRC X19 Pro saja, dengan kapasitas sebesar 2200mAh dan bertegangan 7.4V, dalam tabel spesifikasi tercatat anda bisa menerbangkan JJRC X19 Pro selama 25 menit. Meski tentu saja lama terbang akan dipengaruhi oleh cara terbang sobat omahdrones dan juga kondisi dimana anda terbang. Seperti hembusan angin juga bisa memberatkan kinerja drone terutama untuk drone GPS karena dia akan berusaha tetap berada di titik lokasi meski diterpa angin. Untuk pengisian ulang baterai anda tinggal menggunakan kabel microUSB langsung tancap ke port yang tersedia di baterainya. Perlu di ingat karena ini baterai kapasitasnya lumayan besar, pastikan menggunakan kepala charger yang arusnya paling tidak 2Ampere sehingga pengisian ulang baterainya bisa lebih cepat dan optimal. Sedikit pengingat, sebisa mungkin jangan charge baterai ketika suhu nya masih panas, seperti ketika habis di pakai, diamkan dulu sehingga suhunya normal, baru lakukan recharge.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Untuk remotenya, meski secara fisik sudah terlihat bagus, ya masih lagi – lagi mengusung model mavic series generasi pertama. Namun sebenarnya ini remote basik, masih menggunakan baterai ukuran AA, disini anda bisa pakai baterai rechargeable sehingga lebih go green juga karena tidak menambah sampah baterai sekali pakai. Dengan remote ini tertulis anda bisa menerbangkan JJRC X19 Pro hingga radius 1KM. Kalau memang di desain bisa 1KM, maka harusnya antenna yang ada pada drone ini bukan hanya sekedar hiasan semata ya. Meski terkesan basik, namun sudah termasuk lengkap karena tidak hanya ada tombol fungsi, juga ada LCD monochrome di tengah yang akan menampilkan informasi seperti status drone, GPS, dan beberapa informasi telemetri lainnya.


Lanjut ke bagian yang mungkin paling di kepo in oleh banyak pilot, yakni di bagian kameranya. Untuk kameranya, masih tidak jauh beda dengan kamera dari SJRC F11 series. Admin omahdrones bisa bilang kalau hasil kameranya ini tidak begitu jelek, tapi tidak begitu bagus juga. Disini anda tidak banyak memiliki pilihan untuk mengatur ketika mengambil foto atau video, tapi anda diberi banyak sekali mode terbang yang bisa anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Tapi disini anda harus tau kondisi kawasan terbang anda juga, jangan mentang – mentang sudah pasang sensor obstacle avoidance terus bisa bebas, kita tetap harus punya tanggung jawab sebagai pilot kan.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Menurut admin omahdrones, baiknya kita record video di 1080p saja karena kalau record di 4K hasil gambarnya aslinya sama saja, cuma di bentangkan semata, hasilnya gambarnya juga tidak menjadi lebih tajam, tapi ukuran filenya tetap besar dan kalau tidak memakai microSD yang support 4K, hasil videonya kadang tidak smooth. Dan bicara soal smooth, drone ini juga sudah dilengkapi dengan 2 axis gimbal stabilizer di kameranya, sehingga hasilnya tentu sudah smooth, cuma kelemahannya, ketika kita dorong dengan kecepatan tinggi, nanti akan terlihat propeller depan masuk frame video.


Sedangkan untuk koneksi FPV nya, JJRC X19 Pro ini masih menggunakan Wifi-FPV langsung ke smartphone anda, Wifi yang digunakan adalah 5G Wifi atau Wifi 802.11ac, jadi sebelum membeli drone ini, pastikan smartphone anda support wifi 5G atau nanti anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV sama sekali.

Spesifikasi Drone JJRC X19 Pro - OmahDrones


Untuk kelengkapan tiap anda membeli JJRC X19 Pro sebenarnya variatif, terlebih banyak paket yang bisa dipilih seperti dengan sensor obstacle avoidance atau tidak, dengan 1 2 atau 3 baterai, tapi umumnya inilah yang akan anda dapatkan:


1 x RC Quadcopter (Camera Included)

1 x Remote Controller

1 x Obstacle Avoidance Sensor (Optional)

1 x Batetry

1 x USB Charger Cable

4 x propeller

1 x Instruction Manual 


Untuk mendapatkan JJRC X19 Pro ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli JJRC X19 Pro

Link mati? bisa Lapor Disini


Untuk informasi harganya terakhir admin cek di marketplace online indonesia, drone ini rata – rata dibandrol dengan harga 1.3 jutaan, anda bisa cek harga terkini atau melakukan pembelian melalui link affiliate yang sudah admin sediakan diatas. Nah, menurut anda apakah JJRC X19 Pro ini salah satu drone yang pantas untuk dipinang?