Spesifikasi Drone KF102 - Foldable GPS Brushless 2 Axis Gimbal Camera

 Ada sebuah drone yang nampaknya lumayan laku di pasaran indonesia, padahal dari segi brand, drone ini memiliki brand yang mungkin belum begitu familiar di telinga sobat omahdrones. Ya meski menurut admin omahdrones sih, drone ini memang salah satu drone rebrand saja sih, jadi bentuk dan spesifikasinya sama persis dengan beberapa brand lain, hanya saja yang satu ini dia memiliki perbedaan sedikit dengan drone sebaya nya, memiliki varian kamera 4K dan 8K yang tentu hanya sebuah gimmick, dan juga ada versi Max nya yang bisa dipasangi sebuah modul sensor obstacle avoidance. Begitulah drone rebrand dijual, kadang ada yang spesifikasinya sama persis, hanya beda brand. Ada juga yang diubah satu atau dua komponennya, tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan.


Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


Drone yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah drone dari KFPlan, mungkin bagi anda yang sering mencari refrensi drone di marketplace online sering juga muncul di pencarian dengan nama depan KF. Benar sekali, brand ini juga termasuk memiliki banyak jenis drone yang juga dijual di pasaran indonesia. Namun untuk kesempatan kali ini admin omahdrones akan membahas drone KFPlan yang agak bagus sih, dia sudah dilengkapi dengan GPS, menggunakan motor brushless, bahkan punya 2 axis gimbal juga. Dan tak cuma itu, sensor basik seperti optical flow pun masih di sertakan pada drone ini, yaitu drone KF102.

Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


KF102 memiliki bentuk foldable, sehingga memang menjadi mudah untuk menyimpan dan juga membawanya ketika bepergian. Kalau dilihat – lihat, baik dari segi spesifikasi atau bentuknya, KF102 ini bisa dibilang salah satu rebrand dari Poltar JT Pro, dan juga JJRC X19. Kalau anda ingin tahu spesifikasi teknisnya, anda bisa menyimaknya pada daftar dibawah ini:

Name: KF102 Drone

Pressure sensor: Height setting

Motor: 1503 brushless motor

Motor power: 1700/KV

Electric power adjustment: 30A

Smartphone WIFI Receiving method: 5G WIFI

Gimbal: Two-axis mechanical self-stabilizing head

Lens: Self-stabilizing anti-shake Lens

Max remote control phone clip size: 5.5inch

Remote control battery: AA battery*3 (not included)

Drone battery: 7.4V 2200mAh

Control distance (Free interference and no occlusion): 800M

Wifi image transmission distance(Free interference and no occlusion): About 500m

Flight time: About 22 min

Charging time: About 3 hours

USB Charging: 5V

Product size: unfold 32x30x6.5cm, fold 16x6.5x8cm

Drone's Weight: 330g

Pixel: 4K HD Camera

Camera lens: Adjustable camera by transmitter, 120°

Focal length: 50X

Hand gesture shooting/video reconization: 1-5M

Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


Front camera:

Video resolution: 1920*1080P

Photo resolution: 4096*3072P

Frame rate: 25 fps


Bottom camera:

Video resolution: 1280*720P

Photo resolution: 1280*720P

Frame rate: 25 fps



Untuk baterainya desainnya pun mirip, anda mungkin bisa menggunakan baterai ini untuk drone rebrand lain yang persis dengan KF102. Dibekali dengan baterai yang di desain khusus hanya bisa masuk dan mengunci di KF102, bertegangan 7.4 Volt dan kapasitasnya sebesar 2200mAh, dalam tabel spesifikasi tercatat anda bisa terbang selama 22 menit dengan satu baterai. Tentu lama terbang dipengaruhi oleh dimana anda terbang dan juga bagaimana kondisi angin disana karena angin menjadi salah satu faktor yang bisa mempercepat baterai habis. Untuk pengisian ulangnya, dalam paket pembelian anda juga sudah mendapat kabel USB untuk charging, nanti anda hanya perlu siapkan kepala charger dengan arus minimal 2 ampere agar bisa melakukan pengisian ulang secara optimal dan lebih cepat tentunya. Dan untuk tiap pembelian, anda bisa beli dengan 1 2 atau 3 baterai sekaligus, jadi lebih banyak baterai tentu anda bisa terbang lebih lama.

Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


Lanjut ke bagian controller atau remotenya, KF102 memiliki remote yang bisa dibilang sama dengan drone rebrand lainnya, mungkin hanya memiliki perbedaan di label icon nya, kalau tata letak bisa dilihat sama persis, mulai dari tata letak tombol fungsi hingga LCD monochrome nya juga. Untuk drone di rentang harga KF102, admin rasa antenna yang terpasang di remote ini juga hanya sebuah gimmick saja, bisa dilihat kalau di antenna nya itu tidak ada kabelnya sama sekali. Mungkin bisa saja KF102 generasi baru memiliki antenna yang benar – benar antenna external, sehingga tentu jarak jangkauannya menjadi lebih jauh lagi. Kalau untuk versi ini, menurut tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan KF102 dalam radius 800m, tapi ingat, jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh interferensi sinyal dan tempat dimana anda terbang karena ada beberapa faktor yang bisa membuat sinyal dari remote tidak bisa maksimal jangkauannya. Dan yang masih disayangkan, baterai untuk menghidupkan remote ini masih menggunakan 3 buah baterai ukuran AA. Daripada menggunakan baterai sekali pakai, anda bisa menggunakan baterai rechargeable sehingga lebih go green juga.

Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


Sedangkan di kamera, tentu drone di rentang harga ini masih beneran gimmick. Dengan embel – embel 4K padahal sensor kameranya masih ala kadarnya. Tapi kalau di drone KF102 ini masih lumayan sih, gambar dan video yang dihasilkan sudah lumayan bagus. Jadi kalau mau untuk beberapa keperluan mungkin bisa dibilang sudah cukup juga. Apalagi kalau sekedar untuk membuat story atau konten media sosial pribadi. Memang kalau dari segi kestabilannya sudah terbantu dengan 2 axis gimbal, tapi gambar kamera bawaannya sudah ada efek fish eye nya yang menurut admin omahdrones pribadi sih kurang pas. Kalau ada pilihan untuk record video di 4k atau 1080p, maka admin pribadi lebih memilih record di 1080p, selain menghemat storage dari microSD yang terpasang di drone, juga lagian mau record di resolusi 4K pun kualitas gambarnya sama saja, cuma ukuran filenya aja yang lebih besar dan cepat membuat microSD jadi penuh.


Untuk mengambil video, kamera ini akan menyimpan video original dengan framerate 25fps. Anda pun bisa mengubah kamera mana yang akan ditampilkan, kamera depan dengan gimbal, atau kamera bawah yang juga menjadi sensor optical flow. Sedangkan untuk mengambil gambar, metodenya pun masih menggunakan metode screen grab, alias sekedar screenshot dari apa yang sedang dilihat oleh kamera saat itu juga.

Spesifikasi Drone KF102 - OmahDrones


Untuk tiap pembelian KF102, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x KF102 RC Quadcopter

1 x Remote Controller

1 or 2 or 3 x 7.4V 2200mAh Lipo Battery (you choose)

4 x Spare Propellers

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x User Manual


Untuk mendapatkan Drone KF102 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone KF102

Link mati? bisa Lapor Disini


pantas saja KF102 bisa menjadi salah satu drone yang laku di pasaran indonesia, dengan harga dibawah 2 juta saja sudah mendapat drone yang ada gimbalnya, plus tentunya sudah menggunakan motor brushless dan GPS. Meski ada beberapa brand lain yang spesifikasinya sama persis, nyatanya KF102 masih eksis di marketplace online indonesia khususnya.