Spesifikasi Drone MJX V1 - Cocok untuk Hadiah

 Drone untuk latihan memang tidak perlu harus yang memiliki kemampuan kelas professional, atau juga yang serba instan. Karena tiap drone punya kelas dan target pemasaran yang bisa dibilang sesuai segmentasi dari management yang mengelolanya. Umumnya drone yang cocok untuk digunakan untuk anak kecil maupun dewasa yang masih pemula, memiliki fitur dasar yang “seperlunya” saja, sehingga dampak yang dirasakan adalah harga yang dibandrol untuk drone yang bisa dibilang kelas “mainan” umumnya jauh lebih murah. Bahkan semakin kesini banyak juga drone kelas mainan yang memiliki berbagai fitur advance yang menarik, meski masih sangat terbatas juga kemampuannya.


Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones


Di kesempatan kali ini, Omahdrones akan memberikan ulasan sebuah drone kecil dari MJX, yang menurut admin, drone ini cocok juga dijadikan sebuah hadiah untuk anak berumur minimal 14 tahun, karena apa, umumnya anak berusia 14 tahun sudah paham mekanik seperti cara menggunakan mainan ber “baterai”, seperti melakukan recharge baterai sendiri, dan pengoperasian remote yang lebih sulit daripada mainan RC ber kabel yang cuma ada 2 tombol maju mundur saja. Maka dari itu, sebenarnya drone kelas mainan ini tidak hanya ditujukan untuk “anak – anak” saja, karena dalam praktiknya drone kelas mainan juga bisa digunakan untuk latihan terbang sebelum langsung menggunakan drone yang lebih professional.



Beberapa Fitur dasar yang ditawarkan oleh MJX V1 ini bisa anda simak dibawah ini

Features:

- Up/down, Forward/backward, Turn left/right, Sideward flight

- Headless Mode

- One key taking-off/landing

- High speed rotation


selain deretan fitur diatas, terdapat juga fungsi flip dimana kemampuan itu seperti harus ada di drone kelas mainan yang sifatnya untuk entertainment atau hiburan. Dan spesifikasi lebih lengkap bisa dilihat pada tabel dibawah ini:


Item Name Specification
MJX V1 Brand: MJX
Model: V1
Wheelbase: 155.5mm
Drone Size: 
170*202*42.6mm(Expanding)
93.6*57.6*42.6(Folded)
Drone Weight: 74g(with battery)
Color: Dark Grey
Frequency: 2.4G
Max Flying Time: 12mins
Max Flying Altitude: 15m
Max Remote Distance: 50m

Wind Resistance: <level 2
Camera Item Name: 2.4G WiFi Camera
APP: M-DRONE
Photo Resolution: 3840x2160
Video Resolution: 1920x1080
Image Transmission Frequency: 2.4G
Image Transmission Distance: 30m
Lens Angle: 50°
Pitch Adjustment Range: 0°-90°
Battery Item Name: 3.85V 730mAh Lipo Battery
Battery Weight: 23g
Working Temperature: 5℃-40℃
Charging Time: 100mins
Charging Input: above 5V/1A
Charging Mode: USB Cable
Remote Controller

Frequency: 2.4G

Max Remote Distance: 50m

Remote Controller Battery: AAA*3(Excluding)
Working Time: 20h


Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones


Baterai yang digunakan oleh drone ini menggunakan baterai khusus yang hanya didesain untuk drone MJX V1 saja, ya setidaknya hingga ada drone merk lain yang bentuknya mirip 100%, seperti yang dialami oleh Eachine E58 yang awalnya menjadi primadona, namun akhirnya banyak brand lain yang memiliki kode sama yakni E58 sehingga baterai eachine E58 juga bisa digunakan oleh drone E58 dari brand lain. Nah, di baterai ini, terdapat port microUSB yang digunakan untuk charging. Tetapi, untuk proses recharge baterai ini, admin tidak merekomendasikan mengecas langsung menggunakan kabel microUSB secara langsung. Kita harus menggunakan kabel charger bawaan, karena disitu terdapat pengaman dan juga indikator pengisian. Sehingga misal kelamaan recharge, dengan menggunakan kabel charger bawaan ini akan lebih aman, karena harusnya sudah ada fitur auto cut off ketika baterai sudah penuh.


Baterai kecil ini memiliki tegangan 3.8volt dan kapasitasnya sebesar 730mAh. Di tabel spesifikasi tertera kita bisa terbang hingga 12 menit dengan 1 baterai, namun lama terbang juga dipengaruhi dengan cara terbang dan kondisi dimana anda terbang juga.



Drone MJX V1 ini menggunakan motor brushed ukuran 0615 kalau ada dari pembaca omahdrones yang ingin melakukan penggantian motor, karena motor brushed kecil seperti ini, akan cepat rusak terlebih ketika digunakan secara terus menerus sehingga overheat. Belum lagi karena sifatnya drone mainan, ketika sering menabrak dan terkena baling – baling, otomatis pada bagian motor juga akan terkena dampaknya. Bisa langsung instan mati, bisa juga mengalami penurunan peforma, tergantung impact yang didapatkan.

Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones


Remote yang diberikan ketika pembelian MJX V1 ini bentuknya minimalis, begitu pula pemberian tombol yang seminimal mungkin, seperti tombol untuk auto take-off dan landing, tombol untuk mengambil gambar atau video, dan beberapa tombol fungsi lainnya. Pada bagian tengah juga bisa dibuka untuk menjadi phone holder yang bisa dipasang smartphone untuk melakukan Wifi-FPV. Untuk jarak jangkauan dari remote ini juga tidak terlalu jauh, mengingat ini hanya drone mainan, dalam tabel spesifikasi disitu tertera anda bisa mengendalikan drone ini hingga 50 meter. Namun sangat tidak disarankan untuk terbang terlalu jauh, karena drone mainan mudah sekali terbawa angin belum lagi karena jarak jangkauan yang terbatas, ditambah interferensi sinyal, drone bisa fly away karena kehilangan koneksi dengan remote. Jadi lebih baik terbang di jarak aman maksimal 10meter, baik lagi diterbangkan didalam ruangan kalau untuk latihan terbang.

Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones


Drone MJX v1 ini juga memiliki kamera bawaan yang lensanya bisa di arahkan ke atas bawah secara manual. Namun jangan berharap hasil gambar yang jernih dari drone kelas mainan. Meski dalam tabel spesifikasi tertulis kita bisa mendapatkan resolusi foto 4K dan video di 1080p, tapi sebenarnya itu hanya berasal dari sensor kamera yang kecil, mungkin sekitar 1 atau 2 MP saja. Disini juga tidak ada slot untuk microSD, sehingga semua foto dan video yang diambil akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi FPV. 


Wifi FPV yang digunakan juga menggunakan frekuensi 2.4GHz, standar untuk Wifi-FPV meski nanti akan bentrok dengan sinyal dari remote yang sama – sama 2.4GHz, maka dari itu sangat disarankan untuk tidak terbang terlalu jauh, agar koneksi FPV tetap bagus. Dan seperti yang admin bilang barusan,  gambar yang didapat, kalau anda mengambil video dengan ukuran 1080p, sama saja dengan kualitas gambar 720p. Karena untuk gimmick biasanya mereka akan melebarkan resolusi asli ke 1080p untuk kebutuhan iklan dan daya tarik konsumen. Toh sensor kamera yang digunakan juga seadanya.


Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones


Dalam tiap pembelian MJX V1, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Quadcopter(with camera)

1 x Remote Cotroller

4 x Propeller

1 x 3.85V 730mAh Lipo Battery(the quantity can be chosen)

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x Manual


Untuk mendapatkan Drone MJX V1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone MJX V1

Link mati? bisa Lapor Disini


sebagai drone mainan, MJX V1 bisa menjadi hadiah yang cocok untuk anak cowok, ataupun teman yang suka tantangan. Karena menerbangkan drone tidaklah semudah kelihatannya. Bagi sahabat omahdrones yang ingin mencoba menerbangkan drone, atau latihan, cocok banget untuk mencoba MJX V1 yang mungil ini, sehingga latihan terbang didalam kamar pun bisa. Desain nya juga lucu karena udah kecil, foldable pula.


Spesifikasi Drone MJX V1 - OmahDrones

Untuk mendapatkan Drone MJX V1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone MJX V1

Link mati? bisa Lapor Disini

Untuk info harganya. Rata – rata drone ini dibandrol sebesar 50USD untuk paket dengan 3 baterai. Kalau dirupiahkan sih sekitar 700ribuan. Tapi di marketplace indonesia, admin pantau banyak seller yang menjual di rentang harga 300ribuan, jadi tentunya MJX V1 masih termasuk drone dibawah satu juta.