Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus

Beberapa drone mainan memang didesain mirip dengan drone professional. Harapannya tentu dengan memiliki bentuk yang menyerupai, dapat menjadi nilai lebih dalam penjualan alias “laku keras” seperti tujuan utama produsen mainan membuat produk. Bahkan, drone mainan pun juga sudah banyak yang memiliki komponen sama seperti drone professional, seperti sudah ditambah GPS. Sudah menggunakan motor brushless, dan banyak juga drone mainan yang memiliki baterai paten, sehingga bentuknya lebih keren dan terkesan “mahal”. Masih disebut drone mainan, karena tujuannya bukan untuk hal yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti di dunia perfilman atau pemetaan, tapi lebih di tujukan untuk bersenang – senang. Sehingga tak heran banyak drone dengan embel – embel kamera HD pun gambarnya terkesan masih burik hasil gambarnya.



Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones

Hal itu harusnya bisa dimaklumi, karena tentu ada harga ada kualitas, dan itu semua sudah wajar di dunia drone baik drone darat dalam bentuk mobil, motor, dll, drone air seperti kapal misalnya, dan drone udara seperti quad-copter dan lain – lain. Nah, kali ini admin akan coba mengulas drone yang secara sekilas mirip dengan DJI Phantom, tapi yang satu ini keluaran dari brand JJRC. Dengan nama pasar JJRC X6 Aircus, drone ini memiliki body yang sekilas mirip dengan DJI Phantom, namun bedanya tentu JJRC X6 Aircus ini masih termasuk drone mainan, jadi kalau dibandingkan ya tidak sebanding. Mulai dari ukurannya saja JJRC X6 Aircus juga lebih kecil, hanya sekitar 30 x 30 cm saja, bisa dilihat juga baling – balingnya yang terlihat kecil pada drone ini.


Untuk persamaannya sih, ya JJRC X6 Aircus ini sudah dilengkapi dengan Dual GPS. Jadi ketika proses position locking sebelum terbang harusnya bisa lebih cepat. Selain itu, drone ini juga sudah menggunakan motor brushless, jadi sejatinya anda tidak usah khawatir kalau ingin terbang lama – lama, karena motor brushless lebih kuat dari motor brushed yang dikit2 kepanasan terus mati. Dia juga dilengkapi beberapa advanced feature seperti geo-fence, return to home, follow me, circle me dan fitur selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:
1. Two-axis Self-stabilizing Gimbal: The drone automatically adjusts its camera angle to show the best possible shooting angle.
2. 120° Wide-angle Lens : 1920*1018 High Resolution Images
3. External Camera Supported: Two versions of standard and aerial photography for your selection
4. Mirco USB Charging Cable: Charging the battery anytime anywhere
5. Modular Battery: The modular battery has been designed for easy and quick replacement, creating a chance for you to conduct a long-haul flight
6. Intelligent follow me mode: where you go, the drone follows and films after you.
7. Intelligent Point of Interest: Just the flight altitude and the radius, the drone will fly itself around the subject.
8. Smooth-running Brushless Motor: Low interference, energy saving, low noise, long life
9. Waypoint Flying: Tap your desired waypoints(up to 30 waypoints ),on the flight map, and the drone will fly itself from waypoint to waypoint.
10. One Key/Low Voltage/Control Loss Return To Home: If emergency situation happens, the auto RTF function would automatically trigger, keep track of the drone and return it back safely.
11. Altitude Hold For Anti-shake Shooting: Ensure the drone camera delivers high qualities by reducing blur from vibration in mid-flight.
12. Out Dual Positioning Mode: The positioning mode feature allows the drone to locate its own position precisely. It can even locate your desired location at a ramp slope by calculating the ramp incline degree.
13. Fly Free With Headless Mode: The headless mode allows you to control the drone's orientation with ease.
14. Different Speed Modes to Switch Between: With high wind resistance capability, just feel to fly it in breezy days and switch the speed whenever you need.


Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones

Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus


Brand name: JJRC
Item name: X6 Aircus
Gyro: 3 Axis
Gimbal: 2 Axis
Frequency:2.4G
Adjustable angle camera: 120° adjustable camera
Drone battery: 7.6V 3000mAh 25C
Remote battery: 4x "AA" battery(Not included)
Pressure sensor: Height Setting
Control distance: 500m (Free interference and no occlusion)
Wifi image transmission distance: 5G wifi 200-300m (Free interference and no occlusion)
Flight time: About 20-23 mins
Charging time: About 3-5 hours
Charging Method: USB Charging, Blance Charging
Video resolution: 1920x1080P
Photo resolution: 1920x1080P
Frame rate: 25 fps
Product Size: 30x11.5x30cm
Package Size: 25.94x18.47x19.44cm
Product's Weight: 350g (Included Gimbal)
Color: White
Storage: Support TF card (Max 32G, not included)

Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones



JJRC X6 Aircus menggunakan baterai paten, yang desainnya juga dibuat mirip seakan baterai ini baterai pintar. Namun sebenarnya baterai ini masih baterai standar dengan rangkaian charger dalam satu bungkus. Sehingga ketika ingin recharge, anda hanya perlu menghubungkannya ke USB Wall Charger dengan kabel micro USB, lebih praktis bukan. Namun yang perlu diperhatikan adalah, gunakan USB Wall Charger dengan arus minimal 1 Ampere, disarankan 2 Ampere karena baterai ini memiliki 2 Cell atau 2S, dengan tegangan 7.6V dan kapasitasnya sebesar 3000mAh, ukuran baterai yang besar jadi kita perlu arus yang cukup untuk bisa mengisi baterai ini dengan optimal. Karena baterai ini tipenya proprietary alias desain khusus untuk JJRC X6 Aircus saja, kalau ketika pembelian kita bisa memilih dengan ekstra baterai, lebih baik beli dengan ekstra baterai karena bukan tidak mungkin, kalau kita mencari baterai ini secara terpisah akan sulit. Untuk lama terbang, dengan baterai ini rata – rata kita bisa terbang selama 17menit. Cukup lama juga kan, tapi lama terbang juga dipengaruhi cara anda terbang, dan kondisi dimana anda terbang.


Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones

Di bagian remote, JJRC X6 Aircus memiliki remote yang secara fisik cukup elegan, penempatan tombol juga disusun sebaik mungkin untuk mudah dicapai oleh jari jemari. Terdapat icon untuk indikasi kegunaan tombol, namun apabila anda masih kesusahan mengingat fungsi tiap tombol, anda bisa beri label sendiri agar lebih mudah menghafal fungsi dari tiap tombol di remote ini. JJRC X6 Aircus masih menggunakan desain remote mainan, yang artinya kita tidak bisa terbang jauh karena antennanya masih internal. Dari JJRC sendiri berkata maksimal kita bisa terbang hingga radius 500 meter dengan remote ini, namun pastikan geofence nya non aktif, karena secara default, JJRC X6 Aircus memiliki geofence sejauh 200 meter, yang artinya ketika sudah mencapai 200 meter, drone tidak bisa diterbangkan lebih jauh lagi. Mengingat ukuran drone ini juga lebih kecil, disarankan jangan terbang jauh – jauh juga meski dia sudah punya GPS dan bisa return to home, tapi kalau hanya terbang mengandalkan Wifi-FPV, admin rasa tetap mending jangan deh.


Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones

Menyinggung soal Wifi-FPV, JJRC X6 Aircus memiliki kamera yang dilengkapi dengan 2 axis gimbal. Kamera ini dapat mengambil gambar dan video dalam resolusi 1080p dengan frame rate 25fps. Hasil videonya sebenarnya sudah cukup baik untuk sebuah drone mainan, namun admin rasa resolusi 1080p untuk lensa kamera bawaan masih terlalu di lebih – lebih kan. Mending di resolusi 720p sehingga lebih hemat ruang di microSD. Yap, anda bisa menyimpan hasil rekaman dan foto anda langsung di microSD yang bisa anda pasang di kamera drone, sehingga anda bisa mendapatkan video asli tanpa gangguan seperti lag akibat frame dropping. Untuk koneksi Wifi-FPV, JJRC X6 Aircus menggunakan koneksi Wifi 802.11ac, alias Wifi 5G, jadi sebelum beli, pastikan smartphone anda support di Wifi 802.11ac, jika tidak, tentu anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV dari drone JJRC X6 Aircus.

Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones


Tiap pembelian JJRC X6 Aircus, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.6V 3000mAh Lipo Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Propeller
1 x Screwdriver
1 x User Manual
1 x Phone Holder




Menurut admin, JJRC X6 Aircus mungkin bisa disandingkan dengan drone kelas mainan yang sama – sama menggunakan GPS dan motor brushless, mungkin bisa juga disandingkan dengan drone semi-professional, seperti misalnya MJX Bugs 2W, atau Bayangtoys X22. Enaknya drone yang sudah pakai motor brushless kita tidak perlu lagi “cooldown” drone habis terbang selama 15 menit atau lebih, terbangnya aja 10 menit doang, masak cooldown bisa lebih dari 10 menit. Nah dengan motor brushless selama anda punya baterai cadangan, tinggal ganti baterai, kalibrasi kompas lagi bila perlu, langsung terbang lagi.

Spesifikasi Drone JJRC X6 Aircus - OmahDrones


Untuk harga yang ditawarkan oleh JJRC X6 Aircus ini, di beberapa marketplace online skala internasional tentunya, dia dibandrol sebeesar 199USD, atau setara juga dengan 2.7 Juta, kalau dilihat dari segi harga, bisa juga kan bersaing dengan punya MJX dan Bayangtoys lagi, malah kalau JJRC X6 Aircus sudah ada 2 axis gimbal juga.