Spesifikasi Drone JJRC H33

Kebanyakan orang yang mulai tertarik untuk memiliki sebuah drone sendiri memang membuat banyak orang bertanya, apakah drone yang paling cocok untuk pemula. Memang untuk yang ingin coba – coba juga merasa keberatan kalau langsung beli yang mahal. Kalau dulu, mungkin untuk pemula masih disarankan pakai drone ukuran kecil, supaya bisa dimainkan didalam rumah untuk latihan terbang dan menyesuaikan orientasi sehingga kalau sudah lancar, nantinya bisa membeli drone yang kemampuannya lebih banyak lagi. Tapi mungkin disisi lain banyak orang yang tidak mau beli drone dengan ukuran kecil, sebab kurang mantep atau kurang puas kalau memakai drone kecil untuk latihan, makanya dulu admin menyarankan untuk menggunakan drone Syma X5C untuk latihan terbang.



Spesifikasi Drone JJRC H33 - OmahDrones

Tapi mengingat Syma X5C sudah lumayan sulit ditemui terutama ketika artikel ini admin tulis, kalaupun ada yang jual Syma X5C harganya masih harga lama yang terbilang tinggi untuk drone basic. Nah, untungnya seiring perkembangan, dari JJRC justru masih mempertahankan untuk membuat drone untuk latihan yang memiliki fitur dasar dan sudah memenuhi syarat untuk bisa latihan terbang. Kali ini JJRC menawarkan salah satu drone basic milik mereka yakni JJRC H33, drone ini nampaknya juga cukup laris di pasaran Indonesia, utamanya ketika artikel ini ditulis juga. lalu bagaimana sih spesifikasi dan kemampuan dari si JJRC H33 ini? untuk menjawabnya admin akan bahas pada kesempatan kali ini.


JJRC H33 memang terbilang drone basic, dengan fitur standar seperti sudah menggunakan 6axis Gyro yang sudah wajib ada untuk drone kelas toys dengan brushed motor. JJRC H33 sudah bisa terbang stabil walau masih belum memiliki kemampuan altitude hold. Nah, JJRC H33 yang kebanyakan dijual di Indonesia memang tidak disertai dengan kamera, makanya harganya juga terbilang murah. Sehingga banyak juga yang tertarik untuk membelinya walau hanya untuk mainan saja. Nah, sebenarnya JJRC H33 ini memiliki 3 varian, yang basic ini yang tidak disertai kamera, lalu ada JJRC H33C yang dilengkapi dengan kamera, serta satu lagi JJRC H33W yang sudah memiliki kamera ber Wifi sehingga anda bisa melakukan Wifi FPV dengan drone ini.


Spesifikasi ringkas dari JJRC H33 bisa anda simak dibawah ini:
Brand: JJRC
Model: H33
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH  
Flight Duration About 7-8 Minutes
Remote Control Distance About 100 meters
Charging Time 60 mins
Battery For Quadcopter 3.7V 300mAh (included)
Battery For Transmiter 4 AAA Batteries (not included)
Night Flight Yes
Dimension 27.5*27.5*7.5 CM


JJRC H33 ini memiliki baterai bawaan yang juga terbilang basic. Mungkin disesuaikan juga dengan harga dronenya, atau memang sudah ketentuan dari JJRC, dia dibekali dengan baterai yang kapasitasnya 300 mAh dengan tegangan 3.7volt. mungkin bisa juga admin samakan dengan drone Blackhawk SQ800, namun dia memiliki baterai yang lebih besar yakni 350mAh, namun sudah dengan kamera, sehingga konsumsi daya juga lebih boros. Sebenarnya anda bisa upgrade baterainya namun jangan terlalu besar kapasitasnya, karena anda harus memikirkan motor drone juga, karena ini motor brushed dan ukurannya juga kecil, jadi apabila dia terus berputar dalam waktu yang lama maka akan cepat panas, artinya juga cepat rusak nantinya.

Spesifikasi Drone JJRC H33 - OmahDrones

Untuk unit kendalinya juga bentuknya dibuat mirip stick console supaya lebih nyaman dan lebih familiar ketika dipegang. Semua tombol juga sudah diletakkan pada tempatnya dan sebenarnya anda bisa mudah menghafal tiap fungsi tombolnya. Untuk jarak jangkauan dari controller ini juga standar, maksimal pada 80 meter dalam area terbuka tanpa interfensi sinyal. Untuk sumber dayanya dia menggunakan baterai AA sebanyak 4 buah. Untuk mod upgrade antenna, sebenarnya anda bisa saja melakukannya, dengan mereplace atau mengganti antenna bawaannya dengan antenna 5db yang biasanya untuk perangkat wireless.

Spesifikasi Drone JJRC H33 - OmahDrones

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas, kalau sebenarnya JJRC H33 ini memiliki varian dengan kamera dan juga wifi camera juga, nah apabila anda membeli versi kamera atau JJRC H33C, resolusi kamera yang anda dapatkan adalah 2MP, sama seperti SQ800 dan Syma X5c, sedangkan untuk JJRC H33W kameranya memiliki resolusi lebih kecil yakni 0,3 MP. Itu karena transfer data video realtime melalui wifi memang belum bisa se realtime menggunakan koneksi 5.8GHz. sehingga menggunakan kamera ber resolusi kecil akan lebih meringankan transfer video dari kamera ke smartphone anda.

Spesifikasi Drone JJRC H33 - OmahDrones

Untuk kelengkapan apabila anda membeli drone JJRC H33 ini, anda akan mendapatkan:
1 x JJRC H33 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 300mAh Battery
1 x USB charger
4 x Propeller
4 x Landing gear
4 x Protective cover
1 x Screwdriver


Kesimpulan dari admin untuk drone JJRC H33 ini mungkin ini memang drone yang sangat disarankan untuk anda yang ingin memiliki sebuah drone tanpa harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Kalau hanya sekedar untuk terbang – terbang dan latihan terbang, JJRC H33 basic pun sudah cukup untuk anda. Kalau ingin sekalian yang berkamera juga ada JJRC H33C, namun mungkin untuk JJRC H33C dengan baterai bawaan akan terasa kurang. Jadi kalau anda membeli JJRC H33C, admin sarankan untuk membeli baterai baru setidaknya 500mAh.

Spesifikasi Drone JJRC H33 - OmahDrones


Penasaran dari tadi admin bilang ini drone murah, lalu harganya berapaan? Nih admin kasih tau, untuk harga internasionalnya versi basic JJRC H33 ini dihargai sebesar 21 USD, kalau di ubah ke Rupiah setara dengan Rp, 280 ribuan . kalau di indo sendiri mayoritas atau rata – rata malah dijual seharga Rp. 200.000,. aka dua ratus ribuan saja. Sudah dapat drone baru. Iya, baru.