Spesifikasi Drone Cheerson CX-32

Cheerson sebagai salah satu produsen drone mulai dari toyclass hingga semi professional bahkan opensource drone memang sudah mendapatkan tempatnya di hati para penggemarnya. Meski begitu cheerson tetap terus mengembangkan teknologinya untuk menciptakan drone – drone baru yang memiliki fitur bisa bertanding apabila dibandingkan dengan merk lainnya. Sebut saja dulu Cheerson bisa dibilang memiliki drone terkecil di dunia yang sudah berkamera, yakni Cheerson CX-10C. dan bahkan muncul lagi satu drone yang ukurannya super kecil malah dilengkapi dua buah kamera, yang berfungsi sebagai vision positioning dan satunya lagi untuk mengambil gambar ketika terbang, yap itu adalah Cheerson CX-OF. Tapi cheerson kali ini memiliki drone yang belum admin bahas hingga saat ini ternyata. Dan pada kesempatan kali ini admin akan coba ulas drone ini dari segi spesifikasinya.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-32 - OmahDrones

Namanya adalah Cheerson CX-32. Drone ini memang masih termasuk dalam kelas toy, namun dia sudah dibekali dengan berbagai kemampuan yang admin rasa sudah tergolong tinggi. Dia juga masih termasuk ke dalam kategori Quad-Copter. Dengan motor brushed yang dibantu oleh gear, baling – baling yang ukurannya tergolong medium ini bisa mengangkat drone dengan optimal.  Kaki dari Cheerson CX-32 ini memang pendek, jadi untuk menerbangkannya disarankan jangan di permukaan yang tidak rata. Idealnya memang terbang dari tempat yang rata, kalu tidak memungkinkan mungkin bisa pakai landing pad portable apabila anda memilikinya. Fungsinya hanya untuk antisipasi tidak ada sesuatu yang menyangkut pada propeller drone ketika hendak take-off.



Ada beberapa hal yang dimiliki oleh drone Cheerson CX-32  dan tidak dimiliki oleh drone lainnya, dan admin akan coba jelaskan nih,
  • Desain

Tidak banyak drone dengan desain seperti ini, umumnya Quad-Copter memakai Frame berbentuk X, atau H, namun untuk Cheerson CX-32 memiliki desain dasar X frame yang di tengahnya dibuat membulat sehingga terlihat beda dari biasanya.
  • Letak LED

Apabila biasanya letak LED berada di tiap lengan drone, maka di drone Cheerson CX-32 LED diletakkan di bagian pinggiran pada bentuk bulat drone ini, untuk arah depan dari drone ini juga memiliki warna LED yang berbeda sehingga memudahkan anda ketika menentukan orientasi drone utamanya ketika malam hari.
  • Kamera bukan sekedar wifi FPV

Nah, untuk penjelasan mengenai kameranya nanti ada waktunya dibawah, jadi baca sampai akhir ya.
Sedangkan fitur yang ditawarkan lainnya adalah Altitude Hold, kemampuan dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya ketika sedang terbang. Fitur ini memang menjadi primadona para pilot drone utamanya dalam Toy class.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-32 - OmahDrones


Pertama, untuk spesifikasi ringkasnya, Cheerson CX-32 memiliki spesifikasi seperti dibawah:
Brand: Cheerson
Type: Quadcopter
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 3D rollover,Forward/backward,Left / Right Hand Throttle Switch,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Turn left/right,Up/down,With light
Night Flight: Yes
Built-in Gyro: Yes
Level: Intermediate Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Mode: Mode 1 & Mode 2(Left & Right Hand Throttle)
Control Distance: 30 - 80m
Copter Battery: 7.4V 360mA Lipo Battery
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery (not included)
Charging Way: USB Charging (Drone)
Charging Time: About 170min
Flying Time: 6 ~ 7mins
Package weight: 1.850 kg
Package size (L x W x H): 56.00 x 39.50 x 11.00 cm / 22.05 x 15.55 x 4.33 inches



Sebagai sumber tenaga utamanya, Cheerson CX-32 dibekali dengan baterai 2S atau memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt dengan kapasitas sebesar 360 mAh. dengan baterai bawaan ini, Cheerson CX-32 di klaim bisa terbang selama maksimal 7 menit. Meski baterai bawaan kapasitasnya tidak terlalu besar, namun berkat bobot drone yang tidak terlalu berat, membuatnya ia bisa diterbangkan dalam rentan waktu selama itu. Untuk baterai cadangannya pun anda tidak perlu susah mencarinya karena ia menggunakan baterai universal, yang banyak dijual dipasaran, kalau mau cari baterainya tetap pastikan tegangannya sama, untuk kapasitas makin besar memang makin bagus, tapi pikirkan juga motornya, motor brushed tidak boleh terlalu lama berputar karena nanti akan lebih cepat rusak. Jadi mungkin kalau ingin cari yang lebih besar kapasitasnya, mungkin maksimal 500 mAH saja menurut admin.
Sedangkan untuk mengisi ulang baterainya, anda juga diberi satu Charger usb yang untuk mengisi baterai dari Cheerson CX-32 memerlukan waktu kira – kira selama 170menit. Untuk mempercepat pengisian ulang, anda bisa pakai UCB Charger seperti untuk charge smartphone dengan arus 1 ampere, jangan lebih, karena takutnya nanti arusnya terlalu cepat dan membuat baterainya cepat kembung.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-32 - OmahDrones


Lalu selanjutnya di bagian unit pengendali atau transmitter, Cheerson CX-32 memiliki bentuk transmitter yang tidak jauh beda dengan seri remote buatn Cheerson sebelumnya. Interface dari remote Cheerson CX-32 juga sudah dibuat sederhana, semua tombol berada di permukaan dan bisa dilihat dengan jelas. Untuk bisa mempelajari seluruh fungsi tombol juga tidak memerlukan waktu yang lama alias mudah dipelajari. Terdapat tombol untuk take off, landing, bahkan untuk mengubah mode dari mode 1 ke mode 2 juga sudah ada switchnya tersendiri. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan drone Cheerson CX-32 hingga radius 80 meter menurut Cheerson, pada bagian atas remote ini, anda bisa pasang layar FPV yang biasanya juga sudah termasuk dalam paket pembelian.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-32 - OmahDrones


Untuk kameranya sendiri, Cheerson CX-32 dibekali dengan kamera yang resolusinya sudah cheerson sebut HD. Admin belum tau betul berapa pixel lensa yang ada di kamera bawaan dari Cheerson CX-32 ini, namun yang membuat Cheerson CX-32 beda dari kebanyakan drone sekelasnya adalah kemampuan FPV yang berbeda. Umumnya drone kelas toys seperti ini masih menggunakan Wifi FPV yang mengharuskan kita menggunakan smartphone sebagai monitor FPV. Namun, untuk Cheerson CX-32 kita sudah bisa menikmati FPV dengan frekuensi 5.8 GHz. Yap, dengan ini tentu kualitas fpv bisa lebih realtime daripada menggunakan Wifi FPV yang transmisi videonya masih memiliki delay cukup besar.


Untuk menyimpan foto atau video, anda bisa langsung memasukkan MicroSD pada kamera di drone, sehingga yang akan di rekam di MicroSD adalah rekaman langsung dari kamera, bukan yang di terima oleh receiver monitor, sehingga hasil videonya tidak putus – putus seperti ketika FPV langsung. Bahkan ada fitur lagi disini. Anda bisa mengubah channel dari frekuensi yang sedang anda pakai untuk FPV. Sehingga ketika ada gangguan pada sinyal FPV, anda bisa langsung ganti channel melalui tombol di remote.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-32 - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian Cheerson CX-32 anda akan mendapatkan:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x FPV Screen
2 x Spare Protective Frame
2 x Spare Blade
1 x 7.4V 360mAh Li-Po Battery
1 x USB Cable
2 x Screwdriver
1 x English User Manual



Oke, mungkin kesimpulan dari admin untuk drone Cheerson CX-32 ini, apabila anda ingin membeli drone Syma X5HW atau sejenisnya, mungkin salah satu pertimbangannya anda membeli drone Cheerson CX-32 untuk pilihan kedua, karena selain dia juga sudah altitude hold, kamera yang dimiliki sudah lebih jernih serta anda juga akan mendapatkan FPV monitor sehingga tidak perlu pakai smartphone anda untuk menjadi monitornya.



Sedangkan untuk harga kisarannya, Cheerson CX-32 dibandrol dengan harga sebesar 51 USD, atau setara dengan Rp. 700 ribuan,- harga yang sepadan untuk mendapatkan drone yang banyak sekali fitur dan kemampuannya ini.