Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower

Kalau ditanya produsen drone mana yang memiliki koleksi drone yang lengkap? Bukan berarti paling lengkap lho, tapi lengkap. Ya admin bisa sebutkan beberapa produsen yang memiliki banyak sekali koleksi atau produk yang dijual. Salah satunya Cheerson. Mereka memiliki banyak sekali jenis drone mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Dengan fitur yang beragam pula, mulai dari yang standar, lalu bisa dikendalikan dengan smartphone, ada juga yang bisa dijadikan aksesori seperti jam tangan, bahkan yang masuk ke kategori semi professional pun ada. Dan kalau anda mengikuti postingan terbaru kami, kemarin – kemarin sudah membahas drone buatan cheerson yang masuk kedalam toy class, maka sekarang kita akan membahas yang grade nya lebih tinggi, karena admin ingin share tentang drone ini juga.


Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Nah, drone ini sebenarnya adalah versi terbaru dari drone Cheerson CX-20 Pathfinder yang dulu sudah pernah admin bahas juga bagaimana hebatnya drone opensource yang bisa anda kembangkan sendiri itu. Dengan generasi terbarunya, Cheerson memberinya nama CX-22. Sama seperti seri sebelumnya Cheerson CX-22 ini juga dilengkapi dengan motor brushless plus juga dengan GPS untuk penguncian dan tracking position. Tak Cuma di bagian Quad-copter ini saja unit GPS nya, namun pada bagian Transmitter alias remote, juga terdapat GPS di dalamnya, sehingga Cheerson CX-22 bisa melakukan kemampuan “Follow Me” dan “Circle Me” dengan patokan dari data GPS tersebut.

Secara garis besar, Drone Cheerson CX-22 memiliki fitur yang sangat banyak, diantaranya:
-          Follow Me dan Circle Me
Cheerson CX-22 ini bisa mengikuti atau memutari anda seperti yang dijelaskan baru saja.
-          Return To Home
Drone bisa kembali ke posisi awal ketika ia take-off
-          Emergency Return To Home
Ketika Transmisi terputus, drone akan pulang dengan sendirinya
-          FPV Ready
Anda bisa langsung FPV menggunakan layar 7inci bawaan dari cheerson dengan dual receiver untuk menangkap transmisi lebih optimal.
-          2 Axis Gimbal
Dengan Gimbal 2axis membuat video yang ditangkap oleh Cheerson CX-22 menjadi lebih halus tanpa getaran dan goncangan.
-          Open Source
Sama seperti seri sebelumnya. Cheerson CX-22 masih OpenSource, sehingga anda bisa mengembangkan sendiri drone ini sehingga bisa seperti apa yang anda inginkan.

Masuk ke unit transmitter, Cheerson CX-22 memiliki transmitter yang bentuknya Elegan, dengan melihat bagian yang bulat, yap, itu adalah GPS. Transmitter ini juga sudah dilengkapi dengan GPS, dengan adanya GPS di transmitter dan drone, maka anda bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh drone lain seperti Follow me dan circle me misalnya. Dengan remote ini anda bisa mengendalikan drone hingga Radus 1KM, bagian remote ini pun cukup kompleks, seperti ada 4 Switch serta AUX Potentio, dan yang keren pada bagian LCD Monochrome yang ada di bagian bawah, dia menampilkan telemetry yang cukup lengkap seperti Posisi Drone, range, bearing, heading, speed, altitude, GPS satellite status, kondisi baterai yang tersisa. Dengan melihat unit Transmitter ini pun sebenarnya bisa disimpulkan bahwa drone ini bukan untuk pemula. Namun meski Nampak professional, transmitter ini masih menggunakan baterai drycell layaknya transmitter kelas toys, mungkin disini nanti anda bisa modif sehingga menggunakan baterai rechargeable seperti Li-Po atau Li-Ion supaya lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Spesifikasi lengkapnya:
Products Size: 40*40*21.5cm
Flight time: 25mins
Product battery: 7.4V 360MAH
Packing size: 80*60.5*77.5
Remote control battery: 4xAA dry battery
Charging Time: About 3 hours
Flying heigh: about 200m
R/C Distance: about 800m
Color: white&blue、black&orange、white&orange
Weight of product: 700g
Weight-carrying: 〈500g
SD Card: 〈8G
GPS: YES
Video format: MP4/MOV
Camera: 5 mega-pixel
Transmitter frequency: 2.4Ghx
FPV Image transmission distance: 500-800m
Screen: 7 inch monitor LED: YES
One touch take-off/Landing: YES

Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Lanjut ke bagian kamera. Kamera pada drone Cheerson CX-22 adalah kamera built-in Gimbal. Jadi kamera sudah menyatu dengan unit Gimbal yang memiliki 2 axis. Kamera ini juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi 1080p. itu berarti dengan kamera ini anda sudah bisa mengambil video berkualitas FHD. Gambarnya pun cukup jelas dan tajam, sehingga bisa disimpulkan kamera ini memang memiliki sensor kamera besar didalamya. Untuk memasang di drone juga sebenarnya mudah, anda hanya harus menghubungkan tiap kabel ke portnya masing – masing, jadi disini jangan sampai kebalik nanti kalau memasang. Ketika sudah terpasang dengan benar, anda tidak hanya bisa mengambil gambar saja, namun anda juga bisa melakukan FPV dari tempat anda berdiri.

Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Itu karena tiap pembelian anda akan mendapatkan satu unit layar FPV 7inci. Layar FPV ini juga unik, karena dia dilengkapi dengan dua buah unit receiver 5.8GHZ yang bekerja sendiri – sendiri, jadi total dalam satu monitor terdapat dua buah Receiver, fungsinya jelas untuk memperluas jangkauan dari receiver supaya transmisi FPV dari drone bisa selalu ditangkap oleh receiver dengan optimal. Jarak maksimal dari receiver ini Cheerson mengatakan bahwa ia bisa digunakan hingga jarak 800 meter. Admin rasa kalau bisa benar hingga 800 meter, ini adalah salah satu drone semi professional dengan jangkauan FPV yang cukup jauh.

Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Cheerson CX-22 dilengkapi dengan baterai bawaan yang bentuk bungkusnya terlihat professional. Dengan bentuk compact dan terlihat elegan seperti smart battery. Dan baterai ini juga bisa dikategorikan sebagai Smart battery. Namun tak Cuma itu saja, dalam baterai ini juga sudah memiliki smart charger sendiri sehingga bagi anda yang tidak memiliki smart Li-Po Charger, anda tidak perlu khawatir karena dengan Charger bawaan dari Cheerson saja anda tetap bisa charge baterai ini. Untuk spesifikasi baterainya dia 3S bertegangan 11.1 Volt dan berkapasitas sebesar 5400 mAh. dengan baterai ini, Cheerson mengatakan bahwa Cheerson CX-22 bisa terbang hingga 25 menit, walau setelah dicoba oleh beberapa pilot, rata – rata mereka hanya bisa terbang selama 15 menit saja, mungkin karena penggunaan GPS serta Gimbal kamera yang berat membuat lama terbang jadi lebih pendek.

Spesifikasi Drone Cheerson CX22 Follower - OmahDrones

Tiap pembelian drone Cheerson CX-22, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x CX-22 RC Quadcopter
1 x Waterproof backpack
1 x 2 Axis Brushless Gimbal
1 x HD camera
1 x Monitor 
1 x Transmitter
1 x Charger
1 x Battery

Kesimpulan admin dari Cheerson CX-22, adalah pertama, drone ini bukan untuk pemula, karena kalau bagi pemula pasti nanti akan terkesan ribet, apalagi kalau anda sering mengabaikan manual book. Selain itu CX-22 juga memiliki keribetan lain seperti ketika sedang mencari GPS, lalu cara binding drone yang tidak biasa, juga ketika terbang pertama mending pakai Altitude hold dulu, baru ketika sudah diatas aktifkan kembali GPSnya, ya, mungkin itu kelemahan dari Cheerson CX-22. Namun beda kalau anda seorang pilot yang ingin memiliki drone kembangan anda sendiri, Cheerson CX-22 bisa menjadi pilihan yang pas, karena selain kemampuan yang kompleks, itu masih bisa anda kembangkan lagi sehingga drone ini bisa lebih menjadi seperti apa yang anda inginkan lagi.


Dan seperti biasa yang terakhir ingin admin sampaikan adalah harga kisaran dari drone ini. Cheerson CX-22 dibandrol dengan harga sebesar sekitar 5jutaan,- untuk sebuah drone semi professional, Cheerson CX-22 memang layak untuk dicoba seluruh kemampuannya bagi yang tertantang untuk menerbangkannya. Yang jelas drone ini tidak disarankan untuk pemula.