Spesifikasi Drone Cheerson CX17 Cricket

Cheerson, seperti yang sudah anda ketahui terutama bagi anda sahabat omahdrones, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai drone nya yang memiliki banyak jenis. Mulai dari yang terkecil hingga yang besar pun ada. Mulai dari drone kelas toys hingga drone kelas professional pun ada juga. Nah namun kali ini kita tidak akan membahas semuanya tentu saja. Kali ini admin ingin share informasi nih tentang salah satu drone buatan cheerson yang admin anggap ini adalah generasi baru atau versi baru dari cheerson CX-10W dan CX-10WD. Kalau anda belum tau kedua drone tersebut, anda juga bisa baca ulasannya di sini. Nah, lalu bagaimana kehebatan atau kemampuan serta apa saja fitur dari versi barunya inilah yang akan coba kita bahas pada kesempatan kali ini.



Spesifikasi Drone Cheerson CX17 Cricket - OmahDrones

Namanya adalah Cheerson CX-17 Cricket. Seperti namanya, moni drone ini apabila anda lihat memang didesain seperti seekor jangkrik. Ukurannya yang hanya sekitar 12 x 12 cm ini membuatnya masih termasuk kedalam jenis mini Quad-Copter tentu saja. Dan dengan tidak menghilangkan DNA mini Quad-Copter buatan Cheerson yang selalu sudah berkamera, Cheerson CX-17 Cricket juga tentu sudah dilengkapi dengan unit kamera di bagian depan drone. Lalu untuk Switch on-off nya ada di bagian belakang drone, sehingga tidak mengganggu estetika bentuk drone di bagian kiri dan kanan lagi. Bentuk kerengkanya pun juga sudah berubah, seperti tadi yang sepintas memang mirip jangkrik, berbeda dengan CX-10 series yang masih mengejar rekor “Drone Terkecil” dengan bentuk yang super kecil.


Untuk Cheerson CX-17 Cricket juga sudah memiliki beberapa fitur tambahan seperti
Altitude Hold
Dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya
One key take-off
Dengan satu tombol, drone akan bisa langsung terbang
One key landing
Dengan satu tombol, drone akan mendarat dengan aman sesuai prosedur dalam programnya.
Selain itu, juga ada fungsi flip juga di Cheerson CX-17 Cricket, sehingga ketika terbang nanti, anda bisa bermain – main dengan flip ke depan, belakang, kanan atau kiri.


Untuk spesifikasi ringkasnya anda bisa melihatnya dibawah ini:
Brand Name: Cheerson
Item NO.: CX-17
Item Name: Cheerson CX-17 CX17 RC Quadcopter
Frequency: 2.4G
Channnels: 4CH
Motor: 1020 powerful motor
Flying Time: About 6-7 mins
Charging Time: about 60mins
R/C Distance: About 30m
Wifi Distance: 20m
Max Speed: 2m/s
Quadcopter Battery: 3.7V 400mAh(Included)
Transmitter Battery: 2x 1.5V AAA battery
Size Of Product: 116*112*34mm
Quadcopter wieght: 39g
Camera: 0.3MP Wide Angle 60°
Color: Red/ Blue/Green

Spesifikasi Drone Cheerson CX17 Cricket - OmahDrones

Kalau Cheerson CX-10WD hanya memiliki baterai berkapasitas 150mAh, maka untuk Cheerson CX-17 Cricket anda akan mendapatkan kapasitas baterai yang lebih besar untuk menunjang lama terbang supaya bisa lebih lama tentu saja. Cheerson CX-17 Cricket dibekali dengan baterai berkapasitas 400mAh, dengan tegangan yang masih sama yakni 3.7Volt dengan baterai jenis Li-Po. Sayangnya baterainya ini bisa dibilang “Cheerson Version”. Karena baterainya sudah didesain hanya untuk Cheerson CX-17 Cricket saja. Sehingga kalau anda ingin membeli baterai cadangannya, anda harus membelinya langsung dari cheerson. Ini terbukti, apabila dalam Cheerson CX-10W atau CX-10WD rata – rata hanya bisa terbang sekitar 3menit an, dengan Cheerson CX-17 Cricket anda bisa benar – benar terbang dalam waktu 5 menitan.



Seperti CX-10WD pula, dimana anda bisa menerbangkan drone baik tanpa transmitter atau langsung dengan smartphone langsung pun juga bisa dengan menggunakan aplikasi dari cheerson tentunya. Nah, untuk unit transmitternya sendiri, bentuknya juga masih sama seperti transmitter unruk CX-10WD, nedanya tentu saja bagian tengahnya tidak bisa untuk menyimpan unit drone. Anda bisa memasang smartphone di bagian atas transmitter juga untuk mendapatkan layar FPV. Transmitter ini bisa menjangkau drone kira – kira sejauh 30 meter, sedangkan untuk Wifi nya sendiri kemungkinan hanya sampai 20 meter tergantung situasi kondisi di tempat anda terbang, dan juga interferensi sinyal disekitar area anda bermain. Namun untuk bermain drone kecil seperti ini enaknya di taman – taman atau di tempat yang sekiranya tidak ekstrim dimana banyak angin berhembus kencang, karena Cheerson CX-17 Cricket masih mudah terbawa angin.


Spesifikasi Drone Cheerson CX17 Cricket - OmahDrones

Untuk unit kamera, Cheerson CX-17 Cricket masih mendapatkan kamera dengan lensa ber resolusi 0.3MP alias VGA. Meski begitu, video yang dihasilkan sudah memiliki aspek rasio 16:9, kalau untuk kualitas gambarnya sendiri masih sama seperti versi CX-10 series, hanya saja gambar yang di hasilkan mendapatkan Zoom sedikit, sehingga tampilan di smartphone seperti terlalu dekat dengan objeknya. Kamera ini juga memiliki Wifi yang nanti akan mentransmisikan video ke semartphone anda, sehingga anda bisa menikmati Wifi FPV. Dengan Wifi FPV anda bisa melihat apa yang dilihat oleh kamera drone secara langsung melalui smartphone anda sebagai monitor FPVnya. Untuk kualitas transmisinya Cheerson CX-17 Cricket sepertinya sudah semakin bagus, sebab ketika FPV sudah minim LAG, meski justru aplikasinya yang masih sering crash.


Spesifikasi Drone Cheerson CX17 Cricket - OmahDrones

Ketika pembelian Cheerson CX-17 Cricket, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Quadcopter Cheerson CX-17 Cricket
4 x Extra Propeller
1 x USB Charger
1 x Phone Holder
1 x Transmitter
1 x Manual
Kadang anda juga bisa mendapatkan alat untuk mencopot propeller,



Untuk kesimpulan dari ulasan kita hari ini, mungkin admin sarankan bagi yang belum jadi membeli drone Cheerson CX-10WD atau CX-10W, anda lebih baik membeli versi terbarunya ini karena di Cheerson CX-17 Cricket anda sudah akan mendapatkan beberapa pembaruan mulai dari drone, hingga kemampuan FPV yang lebih baik lagi. Selain itu bentuknya juga terlihat keren dengan nuansa jangkrik nya.



Sedangkan untuk harganya, Cheerson CX-17 Cricket dibandrol dengan harga internasional sebesar 40 USD, itu setara dengan Rp 550 ribuan apabila di rupiahkan. Dengan membeli Cheerson CX-17 Cricket, anda sudah bisa bermain drone dimana saja karena ukurannya cukup kecil sehingga mudah dibawa dan kapanpun anda ingin menerbangkannya. Untuk ukuran mini drone, tentu Cheerson CX-17 Cricket juga masih termasuk ke dalam kategori drone dibawah satu juta.