Spesifikasi Drone Cheerson CX23 Cheer

Dalam inovasi menciptakan sebuah produk drone yang anti mainstream dan berbeda dari drone lainnya, para produsen tentu tidak ingin membuat drone yang justru akhirnya hanya menjadi produk gagal. Mereka selalu ingin menciptakan produk yang terbaik untuk kita selaku user atau pilot agar menjadi puas. Tak Cuma di kalangan drone professional atau semi professional, namun juga di kalangan drone kelas toys. Dan kali ini Cheerson kembali memperkenalkan drone yang unik sekaligus keren buatan mereka yang memiliki nama Cheerson CX-23. Drone ini dari segi bentuk memang sudah terlihat berbeda dari yang lainnya, namun apakah hanya bentuknya saja yang menjadi nilai lebih dari drone ini? Mari kita kupas bagaimana kehebatan drone ini apabila dilihat dari spesifikasinya.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones


Cheerson CX-23 adalah sebuah Quad-Copter yang bisa admin masukkan ke dalam drone semi professional. Walaupun belum memiliki fitur – fitur selengkap drone semi pro yang sesungguhnya, namun Cheerson CX-23 sudah memenuhi kriteria seperti sudah menggunakan motor brushless, yap, Cheerson CX-23 menggunakan motor brushless sehingga dia memiliki daya angkat yang efisien dari putaran motornya. Selain itu, Cheerson CX-23 juga sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga ketika terbang, drone akan otomatis bisa mempertahankan posisi serta ketinggiannya. Satu lagi yang unik dari drone ini adalah desain lengannya, Cheerson CX-23 memiliki lengan yang tidak sejajar, bahkan pada lengan bagian belakang sengaja dibuat terbalik sehingga apabila dilihat dengan seksama, Cheerson CX-23 adalah drone yang cukup keren.


Mengapa harus dilihat secara seksama? Karena kalau dilihat sekilas saja belum cukup, sebab Cheerson CX-23 memiliki ukuran yang cukup kecil. Ya, kalau dibandingkan dengan DJI Mavic mungkin ukurannya tidak jauh berbeda. Drone ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan seperti:

It has OSD function that the transmitter can show the height, number of satellite, flying direction, speeds and battery level etc. of the drone at the same time.
It has low-voltage warning and low-voltage auto landing function which improves the safety problem.
7.4V 1200mAh battery with inserting structure that the flying time is longer and the installation of battery is fast.
It can do one touch return and out-of-control return which prevents disappearing.
Camera is together with video transmitter and it is convenient to control it  .
It can do around flying that you can control it to fly around with a certain radius .

Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones

Nah, itu adalah fitur secara keseluruhan dari drone ini, seperti yang tertera diatas, Cheerson CX-23 dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sebesar 1200mAh,. kok kecil? Yaa tapi dia memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt, sehingga untuk terbang dengan motor brushless sekaligus mendayai komponen lain seperti kamera dan GPS pun masih cukup. Meski cheerson menulis dia bisa terbang hingga 14 menit, namun dari beberapa pilot yang sudah menerbangkannya rata – rata mereka mendapatkan flight time selama 10 menit saja. Untuk ukuran drone sekecil ini ditambah dengan GPS, 10 menit sudah merupakan waktu yang cukup untuk terbang santai. Belum lagi dengan protocol keamanan seperti ketika baterai habis, akan ada warning berupa beep buzzer dan juga getaran dari remote. Kalau masih tidak sempat, drone akan kembali ke rumah dan landing sendiri, apabila tidak mungkin, drone akan automatic landing sendiri. Baterai ini juga sudah dipack dengan desain khusus untuk Cheerson CX-23, sehingga untuk bisa memiliki baterai cadangan yang “berwadah”, maka anda harus order langsung ke Cheerson juga.


Berikut adalah spesifikasi dari drone Cheerson CX-23:
Brand Name: Cheerson
Item NO.: CX-23
Color: Black
Blades diameter: 120mm
Quadcopter battery: 7.4V 1200mAh
Quadcopter battery charging time: about 150mins
Flying time: about 14mins
Transmitter working frequency: 2400-2483GHZ
Transmitter battery: 5V 2000mAh
Transmitter charging time: about 150mins
Transmitter using time: about 80mins
Transmitter charging current & voltage: 1A 5V+
Camara: 2 mega pixel
Picture resolution: 1920*1080
Picture format: JPG
Video resolution: 1280*720
Video format: avi
FPV monitor: 5.8G 4.3inch monitor
Motor type: 1306  KV3300 brushless motor
RC distance: about 500m
FPV distance: about 500m
Flying height: about 100m
Largest ascending speed: 5m/s
Largest descending speed: 5m/s
Largest flying speed: 10m/s
Product size: 245*245*90 mm
Product weight: 230g


Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones

Cheerson CX-23 juga disertai dengan kamera yang sudah terpasang lensanya di bagian depan drone. Lensa ini bisa anda atur anglenya, mau 90 derajat atau kurang bisa anda sesuaikan sendiri. Kamera ini memiliki kemampuan menangkap gambar dengan resolusi maksimal 1080p untuk foto, sedangkan untuk video anda akan mendapatkan resolusi 720p. meski terkesan besar, anda belum bisa berharap akan mendapatkan hasil gambar yang tajam dan jernih, sebab ia masih menggunakan lensa 2MP. Meski begitu, anda juga bisa langsung menikmati FPV 5.8GHz. karena pada kamera juga sudah dilengkapi dengan FPV Transmitter. anda sebenarnya tidak perlu menggunakan FPV Goggle untuk bisa main FPV karena dalam pembelian anda sudah akan dapat monitor FPV dari Cheerson.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones

Dalam siaran FPV juga sudah ditambah OSD (On Screen Display) yang akan menampilkan berbagai informasi seperti arah drone terbang, satelit GPS yang terhubung,  ketinggian, dan lain – lain. Di unit Transmitternya anda akan mendapatkan transmitter yang keren juga. Penempatan tombolnya pun tidak membingungkan karena sudah tertata rapi. Yang perlu anda lakukan mungkin hanya harus menghafal beberapa fungsi tombol , karena satu tombol bisa memiliki 2 fungsi. Pada transmitter ini juga terdapat LCD monochrome yang akan menampilkan informasi seperti pada OSD. Untuk jarak jangkauannya cheerson menulis dia memiliki range RC 500 meter dan range FPV 500 meter juga, walau pada praktiknya ketika FPV di jarak 130 meteran saja sinyal FPV sudah putus – putus.



Fitur yang mungkin belum dimiliki oleh drone lainnya yang sejenis adalah fitur Circle me, dimana Cheerson CX-23 bisa melakukan gerakan memutari objek yang ada di depannya. Meski tidak akurat karena tidak ada patokan dimana objek yang harus diputari atau sejenisnya. Sehingga dia memutar juga asal mutar, anda harus tetap mengontrolnya menggunakan arah maju atau mundur untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones

Ketika pembelian Cheerson CX-23, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Cheerson CX-23 quadcopter with camera
1 x Transmitter
1 x FPV Screen
1 x 8G SD card
1 x 7.4V 1200mAh LiPo Battery
2 x Spare Blade
2 x Landing Skid
1 x Screwdriver
1 x Charger
1 x USB cable
1 x Propeller fixing mount
1 x Manual


 Kesimpulan dari admin, mungkin Cheerson CX-23 cocok untuk anda yang ingin memiliki drone dengan motor brushless serta sudah memiliki GPS untuk locking position, ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga kalau mau dibawa – bawa juga tidak terlalu repot, Cuma mungkin yang kurang adalah baterainya, karena dia memakai baterai yang sudah di pack dari pabrik, anda harus membeli baterai cadangan dari Cheerson kalau ingin dapat baterai yang pasti cocok untuk Cheerson CX-23.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-23 Cheer - OmahDrones


Sedangkan untuk harganya, Cheerson CX-23 dibandrol dengan harga 263 USD, atau setara juga dengan Rp 3.5 jutaan, ya kalau di Indonesia tentu bisa beda lagi harganga. Nah, jadi bagaimana, apa anda jadi tertarik untuk memiliki drone Cheerson CX-23 ini? Atau malah baru rencana ingin membeli drone ini untuk kedepannya?