Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+

Traxxas yang sudah sejak lama terkenal dengan produk RC nya yang meliputi mobil dan Boat, tanpa disangka juga mengeluarkan produk terbaru berupa drone. Traxxas tentu sudah sangat berpengalaman dalam urusan RC. Sehingga drone buatan Traxxas ini mungkin juga memiliki kualitas yang sama bagusnya seperti produk – produknya yang lain. Traxxas juga langsung membuat drone yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan safety yang sudah lebih dari cukup. Seperti sudah dilengkapi dengan GPS, serta kemampuannya yang sudah bisa mengangkat action cam. Selain itu ada banyak lagi fitur – fitur yang ada di drone satu ini. Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan coba bahas satu drone buatan Traxxas yang diberi nama Traxxas Aton ini.


Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones


Drone ini sebenarnya memiliki dua varian, Traxxas Aton, dan Aton +, nanti kita akan bahas perbedaannya seiring bahasan yang terkiat. Kita mulai dari desain dronenya dulu. Drone Traxxas Aton memiliki desain badan yang berbeda dari kebanyakan drone yang dipasarkan. Dia memiliki sebuah panel khusus di bagian atas, yang apabila dilihat dari kejauhan seperti alat penambah aerodinamis. Namun di bagian belakang “jambul” ini memiliki panel informasi berupa LED yang masing masing akan menampilkan status power, satelit, home position lock, dan juga informasi. Apabila semua panel berwarna hijau, maka semua ok. Di jambul ini pula terletak GPS yang nantinya akan berperan penting untuk penentuan lokasi home point, serta jejak terbang drone sehingga ketika ada kejadian tertentu bisa return to home dengan baik.



Drone ini pun dilengkapi dengan kaki yang cukup panjang. Kaki ini selain berfungsi sebagai penopang seluruh badan drone, juga sebagai pelindung agar kamera yang terpasang tidak langsung menghantam permukaan tanah apabila anda tidak sengaja melakukan hard landing. Drone Traxxas Aton sudah memakai motor brushless buatan Traxxas yang memiliki output tinggi sehingga bisa menerbangkan drone dengan mudah. Dengan dukungan dari frame yang kuat pula yang juga mengadopsi desain frame untuk racing membuat drone ini jadi berbeda dari lainnya. Sehingga apabila anda tidak ingin melakukan pengambilan gambar, anda bisa mencopot kaki – kaki dan gimbal, lalu anda pilih sport mode untuk merasakan sensasi kecepatan menggunakan drone Drone Traxxas Aton.

Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones


Untuk bisa terbang, Traxxas menyertakan baterai berkapasitas 3000mAh untuk Traxxas Aton dan 5000mAh untuk Traxxas Aton+ dengan tegangan yang sama yakni 11.1 Volt. Dengan baterai 3000mAh dia bisa terbang selama kira – kira 15 menit dengan kamera dan 20 menit tanpa kamera, sedangkan dengan baterai 5000mAh, bisa terbang selama 20 menit dengan kamera dan bisa hingga 28 menit tanpa kamera, walaupun dalam praktiknya sangat mungkin untuk berbeda hasillnya. Dan ketika baterai sudah hampir habis, sebisa mungkin langsung landingkan drone, tunggu baterai hingga dingin, baru anda bisa charging menggunakan charger bawaan dari Traxxas. Untuk lama pengisian ulangnya rata – rata menghabiskan waktu 2 jam bahkan bisa lebih.


Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones

Di bagian transmitter, Drone Traxxas Aton tidak menggunakan transmitter yang kompleks. Justru Traxxas memilih transmitter yang cukup simple, namun sudah memenuhi spesifikasi untuk bisa menerbangkan drone secara penuh, mulai dari kendali terbang, tombol untuk berbagai fungsi, LED panel seperti yang ada di bagian atas drone, bahkan juga ditambah LCD monochrome yang akan menampilkan berbagai status seperti kapasitas baterai, Throttle Rate, dan lain – lain. Namun sayangnya Traxxas tidak memberitau secara resmi jangkuan maksimal yang bisa ditembus oleh remote ini bisa sampai berapa KM. namun apabila dilihat dari bentuk transmitternya, admin rasa Transmitter ini tidak bisa tembus hingga 1Km karena tidak terdapat antenna external disitu.



Untuk kameranya, memang Traxxas tidak menyertakan kamera untuk tiap pembelian drone, namun anda akan mendapatkan Gimbal yang sudah support untuk Action cam, seperti GoPro Hero 4 seperti yang disarankan oleh Traxxas, anda bisa memasang berbagai jenis ActionCam sebenarnya, walau tidak pas, anda bisa membuatnya pas dengan cara anda sendiri kan pastinya. Namun ada perbedaan sedikit di bagian gimbal untuk Traxxas Aton dan Aton+. Traxxas Aton hanya mendapatkan Fixed gimbal dengan antijello, dan untuk Traxxas Aton+ anda akan mendapatkan 2 axis gimbal. Walau pada kenyataannya antijello plus gimbal 2 axis ini belum bisa menghasilkan gambar yang halus, sayang sekali. Namun kabarnya besok Traxxas akan menyertakan 3 axis gimbal juga untuk Traxxas Aton+.

Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones


Satu lagi keunggulan dari Traxxas Aton, yakni adalah aplikasi Traxxas Flight Link, yang bisa anda download di Appstore dan Playstore. Jangan berfikir aplikasi ini untuk FPV, karena app ini berguna untuk anda supaya bisa mensetting drone Traxxas Aton anda supaya menjadi lebih seperti apa yang anda inginkan. Disini anda bisa melakukan
-          Check Flight Ready Status
Mengecek keadaan baterai, GPS serta sinyal transmitter
-          Adjust Film Mode Speed
Mengatur kecepatan drone ketika film mode, hanya dengan beberapa kali sentuhan saja
-          Navigate Transmitter Menu Tree
Mengatur transmitter setting menu sesuai apa yang anda inginkan
-          Adjust LED Setting
Seperti menghidup matikan LED melalui smartphone anda
-          Adjust Rates
Mengatur bagaimana cepat dan responsive drone ketika di sport dan expert mode
-          Dan lain – lain


Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones

Di setiap pembelian, anda akan mendapatkan item seperti berikut

Aton
-          Aton, Ready-To-Fly Quad-Rotor Helicopter
-          2.4GHz Radio System
-          3000mAh 3-Cell LiPo iD battery
-          3-Amp LiPo battery charger and AC power cord
-          4 Traxxas AAA alkaline batteries
-          Landing legs with hardware
-          Vibration Damped Camera mounting bracket designed for use with GoPro® action cameras*
-          2mm hex wrench (to assist with repairs)
-          Spare rotor blade set
-          Spare hardware
-          Transmitter sticks (interchangeable with the thumb pads)
-          Full Color Quick-Start Guide
-          Complete Owner's Manual




Aton+
Semua yang didapatkan pada Aton dengan upgrade seperti:
-          Upgrade to 3-Cell 5000mAh Power Cell LiPo Battery
-          Add 2-axis Gimbal with Mount for GoPro® HERO® 3 and 4 series cameras*
*Camera not included



Untuk anda yang penasaran dengan drone untuk pengambilan gambar, dan sekaligus ingin mencoba merasakan racing drone, mungkin Traxxas Aton ini bisa menjadi pilihan. Sebab, kecepatan yang bisa full di kustom melalui app, bisa membuat drone ini menjadi drone lebih spesifik lagi seperti yang anda inginkan. Ingin menjadi drone aerial, drone videografi, atau racing drone. Walau tidak pure sebagai racing drone, setidaknya anda bisa tau bagaimana kecepatan dari drone Traxxas Aton ini.

Spesifikasi Drone Traxxas Aton dan Aton+ - OmahDrones


Untuk harganya, Traxxas Aton dihargai sebesar 400USD, atau apabila dirupiahkan setara dengan Rp. 5.400.000,- memang harga yang sudah bisa untuk membeli drone professional kelas DJI, namun apabila anda suka full custom drone yang tanpa ribet, Traxxas Aton bisa menjadi salah satu solusinya. Belum lagi, kedepannya Traxxas juga akan mengeluarkan update seperti FPV, 3 axis gimbal dan Headless mode.