Spesifikasi Drone SY-X31

Dikalangan mini drone, yang dulunya hanya memiliki kemampuan dasar, yakni terbang stabil dengan 6 axis gyro. Sekarang seiring perkembangan teknologi, mini drone juga bisa melakukan hal lainnya selain terbang, walau masih dalam keterbatasannya. Sekarang drone yang ukurannya kecil, baik itu mini drone atau micro drone, sudah memiliki fungsi tambahan, seperti kamera contohnya, dengan drone kecil mungil anda juga sudah bisa mengambil gambar, walau hasilnya masih seadanya karena dari spesifikasi kameranya juga masih menggunakan lensa 0.3 mega pixel. Ada juga yang sudah bisa FPV menggunakan smartphone, dan yang baru – baru ini karena tengah marak “Folding Drone”atau drone yang bisa dilipat, seperti yang sudah terkenal DJI Mavic misalnya, perusahaan mini drone pun tidak mau ketinggalan akan peluang ini.


Spesifikasi Drone SY-X31 - OmahDrones


Seperti drone yang akan kita bahas hari ini, si mungil ini juga bisa “Dilipat” untuk lebih mudah dibawa kemana – mana, terlebih drone ini juga memiliki case dimana itu juga adalah controllernya. Drone ini terkenal dengan nama SY-X31 Folding Quadcopter. Dia memiliki empat buah lengan mungil yang bisa dilipat yang dimana tiap lengannya membawa sebuah motor kecil yang membuatnya bisa terbang. Bagian tengahnya cenderung gemuk daripada lengannya, dengan bentuk yang cenderung lucu dengan bentuk mata yang bisa menyala pada bagian depan. Drone ini juga tersedia dalam beberapa warna yang bisa anda pilih nantinya.



Beberapa fitur yang di tawarkan oleh drone ini antara lain:
-          360 degree eversion: The quadcopter will flip forward / backward / leftward / rightward according to your instructions.
-          Headless mode: Completely solves pilot "loss of orientation" problems.
-          One key automatic return function: You can call back your quadcopter quickly and safely.
-          Colorful LED light: The drone will shine in the darkness, shows you the right flying direction and gives you a special look.
-          2.4GHz control system: Ensures the stronger anti-interference performance and powerful signal.
-          6 axis gyro: Provides the best stability during indoor and outdoor flight.
-          Super mini design: Easy to carry, takes it into your pocket and enjoys flight anywhere anytime.


Dari daftar fitur utama diatas, bisa diketahui bahwa SY-X31 tidak memiliki kamera bawaan, namun disamping itu, drone SY-X31 memiliki kemampuan lain seperti Headless mode dimana anda bisa membuat arah depan anda menjadi arah depan drone. Selain itu ada one key automatic return nya juga. Jarang ada drone sekecil ini yang memiliki auto return, walau begitu jangan terlalu mengandalkan fitur ini karena SY-X31 tidak memiliki GPS, wkwkw. Yang membuat beda lagi selain dia bisa dilipat, adalah desain mata dibagian depan drone dan juga LED merah sebagai lampu belakang yang akan menyala ketika digunakan, sehingga akan membuat drone ini dari kesan lucu, menjadi terkesan keren.

Spesifikasi Drone SY-X31 - OmahDrones


Di bagian remote control nya, SY-X31 memiliki remote control yang ukurannya pas ditangan, tidak terlalu kecil, dan space yang ada di tengah berfungsi sebagai tempat drone disimpan, sehingga apabila anda ingin bepergian cukup memikirkan tempat untuk si remote saja. Karena drone tinggal dilipat dan dimasukkan didalam remote. Dengan remote 2.4GHz ini, anda bisa menerbangkan drone SY-X31 hingga dalam radius 50 meter, tapi tetap tergantung dimana anda terbang juga, kalau banyak interfensi sinyal bisa hanya bisa dalam radius sampai 20 meter saja. Di remote ini tombolnya juga sudah lengkap, mulai dari tombol untuk terbang, light control, flipping button, auto return, mengambil gambar, video dan trim disediakan tombol sendiri – sendiri, walau begitu ini demi memudahkan para pilot pemula untuk mengendalikan drone SY-X31. Yap karena itu juga drone ini juga sangat cocok untuk pemula.


Spesifikasi Drone SY-X31 - OmahDrones


Untuk sumber tenaganya, SY-X31 ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 110 mAh, dengan baterai jenis Li-Po. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar ini, anda bisa menerbangkan drone sekitar 5 menit. Ketika terbang dan lampu di drone sudah berkedip, segeralah mendaratkan drone dan istirahatkan dulu selama kira – kira 10 menit sebelum dilakukan pengisian ulang baterainya. Dan untuk mengisi ulang baterai anda bisa menggunakan kabel USB bawaan yang anda hubungkan ke Charger USB, selain itu anda juga bisa menghubungkannya ke PORT USB di laptop atau computer. Untuk lama pengisian ulangnya rata – rata selama 40 menitan. Perawatannya juga tidak beda jauh seperti kebanyakan mini drone sejenis, baik yang bisa folding atau tidak.



Spesifikasi lebih rincinya bisa dilihat dibawah ini:
Type: Quadcopter
Model: SY - X31
Functions: 3D rollover,Forward/backward,Headless Mode,Hover,One Key Automatic Return,Sideward flight,Turn left/right,Up/down,With light
Night Flight: Yes
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Material: Electronic Components,Plastic
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Control Distance: About 50m
Transmitter Power: 3 x AAA battery(not included)
Model Power: Built-in rechargeable battery
Battery: 3.7 V 110mAh Battery
Flying Time: 5 mins
Charging Time (h): 40 mins

Spesifikasi Drone SY-X31 - OmahDrones


Sedangkan ketika anda membeli drone SY-X31 ini, kelengkapan dalam satu paketnya berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x USB Charger
4 x Spare Propeller



Untuk sebuah drone pemula, SY-X31 mungkin memang sangat cocok. Terlebih desainnya yang bisa dilipat, akan menambah kesan drone terbaru pada SY-X31. Selain itu ukurannya yang kecil bisa membuat drone SY-X31 ini bisa diterbangkan dimana saja, baik di dalam ruangan yang sempit seperti kamar pun bisa, tak Cuma itu, drone ini juga bisa dimainkan oleh siapa saja, karena drone ini mudah dikendalikan, dan juga bisa dimainkan kapan saja, karena  SY-X31 memiliki LED yang bisa menyala keren terlebih di malam hari.


Spesifikasi Drone SY-X31 - OmahDrones


Lalu untuk harganya, SY-X31 tentu termasuk kedalam drone dibawah satu juta. Ukurannya yang kecil, membuat harganya jadi tidak terlalu mahal. Anda bisa membeli drone ini seharga $17 USD atau apabila dalam rupiah hanya Rp. 225.000 saja. Jadi bagi anda yang hendak belajar menerbangkan drone, anda bisa memilih SY-X31 ini sebagai drone pertama anda.