Spesifikasi Drone JYU Hornet S - GPS FPV Ready

Ketika berbicara drone professional dengan toys, pasti yang sering diperdebatkan adalah segi harga, fitur dan kemampuan terbang serta spesifikasinya. Tentu benar, namun diantara itu semua tidak bisa dipungkiri banyak yang jadi tertarik untuk menjadi pilot drone, dan segera mencari armada yang pas untuk mereka. Banyak juga yang mencari drone dengan spesifikasi lumayan bagus, menyerupai professional walau belum sepenuhnya professional, umumnya orang – orang akan mencari drone yang sudah memiliki GPS agar dia bisa return to home, dan juga sudah menggunakan motor brushless agar bisa tahan terbang dalam waktu yang lama sekali terbang. Dan kali ini ada satu produsen yang menawarkan produknya yang memiliki spesifikasi yang kami sebut dengan “Semi Professional”. Untuk lebih lanjutnya mari kita simak bersama.


Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones


Produsen yang dimaksud adalah JYU. JYU memang memiliki beberapa koleksi drone yang bisa dianggap pas untuk beberapa orang karena spesifikasinya yang juga beragam. Dan kali ini yang akan kita ulas adalah JYU Hornet S. dilihat dari namanya, JYU Hornet S mungkin terinspirasi dari hornet (Tawon), namun apabila dilihat dari bentuknya justru malah mirip sebuah serangga air yang sering disebut anggang – anggang. Dia memiliki empat buah lengan yang kuat untuk membawa brushless motor yang akan membuatnya bisa terbang. JYU juga memberikan setidaknya empat varian yang bisa dibeli untuk seri Hornet S ini, yakni Basic Version, FPV Version, Gimbal Version, dan juga Goggles Version. Sehingga dengan begitu, pilot bisa membeli sesuai yang diperlukan.



JYU Hornet S ini memiliki banyak fitur diantaranya berkat memiliki GPS, dia sudah bisa return to home, sehingga anda tidak perlu takut kehilangan drone. Dan uniknya, JYU Hornet S memiliki tiga mode terbang, yakni :
-          GPS 1: Terbang dengan Mode GPS1, drone akan terbang secara pelan dan halus, di mode ini sangat cocok untuk latihan karena drone cenderung pasif dan lambat gerakannya. Selain itu mode ini cocok untuk pengambilan gambar.
-          GPS 2: Mode GPS 2, Drone akan terbang dengan kecepatan yang lebih cepat dari mode 1, sehingga Mode GPS 2 ini lebih cocok ketik anda melakukan FPV baik menggunakan monitor atau menggunakan JYU Goggle.
-          Manual: Mode Manual adalah tanpa GPS, sesudah kalibrasi kompas, anda tidak perlu menunggu GPS Locking dulu untuk bisa terbang, speednya juga lebih cepat dari Mode GPS 2, namun karena manual non GPS, anda tidak bisa return to home, karena GPS tidak mengunci posisi drone.


Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones


Untuk bisa terbang, JYU Hornet S tentu membutuhkan baterai, dan sebagai drone Semi Professional, JYU Hornet S sudah menggunakan Intellegent Flight Battery, battery ini memiliki tegangan sebesar 11.1 Volt untuk bisa mengoperasikan seluruh komponen drone, entah itu untuk versi FPV atau Gimbal. Dengan baterai jenis Li-Po yang total kapasitasnya sebesar 2500mAh ini, JYU Hornet S bisa terbang selama kira – kira 20 – 25 menit. Waktu terbang yang kurang lebih sama dengan kebanyakan drone professional lainnya. Ketika baterai mulai menunjukkan tinggal 30%, tetap lebih baik segera mendaratkan drone, sama seperti drone professional pada umumnya, termasuk ketika hendak recharge baterai, lebih baik baterai di diamkan dulu kira – kira 15 - 25 menit supaya kondisi baterainya menjadi normal.

Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones


Unit kendali dari drone JYU Hornet S ini juga terlihat sangat simple, di bagian depan anda akan diberikan desain remote yang sangat simple, elegan dan terlihat professional. Dengan remote ini, anda juga bisa menambahkan LCD dari JYU untuk bisa mendapatkan gambar FPV. Dengan frekuensi 2.4GHz, anda bisa mengendalikan JYU Hornet S hingga dalam radius sejauh 1 KM. Anda bisa menggunakan fitur return to home ketika menggunakan mode GPS, selain itu anda juga bisa menggunakan beberapa tombol yang tersedia untuk beberapa keperluan seperti mengganti warna LED yang menyala, mengambil gambar/video dan lainnya. Bahkan di bagian belakang remote juga ada tombol untuk memilih frekuensi untuk FPV.



Unit kameranya, versi FPV dia memiliki lensa 12MP, sedangkan untuk versi gimbal dia memiliki lensa 16MP. Ada beragam fitur tersendiri di bagian kamera, seperti berapa ukuran gambar yang bisa di dapatkan, atau berapa resolusi video yang bisa didapatkan apabila mengambil video menggunakan kamera ini. Detailnya nanti anda bisa lihat di table spesifikasi dibawah. Ini adalah salah satu keunggulan dari JYU Hornet S, yanki dalam satu drone bisa menjadi 3 bentuk berbeda. No camera, FPV Version, dan Gimbal Version, itu karena di bagian bawah JYU Hornet S sudah memiliki dudukan yang bisa digunakan untuk kamera FPV dan juga bisa dipasang gimbal untuk aerial purpose.



Dan untuk spesifikasi lebih detailnya, anda bisa melihat pada tabel dibawah ini:
Hornet S
(Battery Charger) Voltage 12.6V
Rated Power 20W
WiFi Relay Operation Frequency 2.4G
Communication Distance 1000m
EIRP FCC: 27 dBm; CE: 20 dBm
Gimbal Controllable Range +20 — -90 degrees
Angle Range 0.05
Operating Current Static state: 100mA
Input Voltage 8V
Accuracy +/- 0.05 degrees
Lens Aspheric HD Optic Glass Lens /F2.8
FOV 100°
ISO Range 50-3200
Camera Resolution 16 million pixels (4640x3480)
Video Resolution 4K@25FPS
2.7K@30FPS
1080P@60FPS
720P@120FPS
Operating Temperature -10--50℃
Picture Format JPEG
Video Format MOV/MP4
Storage TF(Micro_SD) Card 8G, 64G (MAX)
Weight 158g(included camera)
Intelligent Flight Battery Capacity 2500mAh
Voltage 11.1V
Battery Type LiPo Battery
Energy 27.75Wh
Net Weight 190g
Operating Temperature 0-40℃
Max Charging Power 50W
Battery Life 20mins
Discharging Temperature 0-40℃
Quadcopter Weight (Including Battery And Propellers) 550g
Take Off Weight 1kg
Max Ascent Speed 10m/s
Max Descent Speed 5m/s
Max Speed 120km/s
Max Altitude Above Sea Level 4km
Max Flight Time 20-25 minutes
Operating Temperature 0-40℃
GPS Mode GPS/GLONASS Dual Mode
Max Rotating Angular Velocity 180 deg
Hover Accuracy(Safety Fly Mode) 1m
Wheelbase 280mm
Diagonal Size (Including Propellers) 295mm
Propeller Type 6030
Motor Specs 2204
Live View Mobile App
EIRP 100 mW
Power Spectral Density 6.9mW/MHz
Operating Frenquency 2.4GHz ISM
Live View Quality 480P @ 25fps
Latency < 200ms
Required Operating Systems iOS 8.0 or later
Android 4.1.2 or later
Recommended Devices •iOS
•Android
Camera(Suitable for Club Camera) Sensor SONY IMX078
Lens HD optical glass aspheric lens/F2.8 /150°wide angle
ISO Range video:1600/400 Photo:400/200/100
Shutter Speed Auto
Image Max Size 12.4M(4072 × 3044)
Still Photography Modes Auto
Video Recording Modes 1920*1080P 24/25/30FPS
1280*720P 50/60FPS
640*480P 25/30FPS
Supported File Formats JPEG h.264 codec/MP4
Supported SD Card Types TF(Micro_SD): 8G - 32G
Operating Temperature 0-50℃
FPV Specs Resolution 700 TVL
Angle 120 degree
Live View Pattern Simulation Live View
Live View Frequency 5.8G
Display 4.3' LCD
FPV Glass(Opitonal) 16/9 72 Virtual Display,480*240(Resolution)


Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones


Berdasarkan laporan dari beberapa pilot yang sudah menggunakan drone ini, kebanyakan menyimpulkan bahwa JYU Hornet S adalah tipe semi professional, meski begitu JYU Hornet S sebenarnya sudah memenuhi kriteria untuk menjadi drone yang professional apabila dilihat dari spesifikasinya. Namun yang membuat kurang nyaman adalah ketika locking GPS nya yang sangat lama. Ketika itu ada seorang pilot yang akan menerbangkan JYU Hornet S, lokasi di California yang notabene disana banyak area terbuka dan sedikit interfensi, dia membutuhkan waktu lebih dari 2 menit untuk bisa benar – benar safefly. Tapi siapa tau, di edisi sekarang GPS JYU Hornet S sudah di improve sehingga jadi lebih baik?

Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones


Karena JYU memiliki 4 buah varian yang bisa anda pilih ketika membeli JYU Hornet S, maka untuk kelengkapan yang didapatkan juga berbeda, detailnya adalah seperti dibawah:

Basic Version:
1 x Hornet S GPS Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Battery

FPV Version:
1 x Hornet S GPS Quadcopter
1 x FPV 700 TVL Camera
1 x 4.3" FPV LCD Screen
1 x Transmitter
1 x Battery

Camera Gimbal Version:
1 x Hornet S GPS Quadcopter
1 x 12MP Camera
1 x Brushless Gimbal
1 x Landing Gear
1 x Transmitter
1 x Battery

Goggles Version:
1 x Hornet S GPS Quadcopter
1 x FPV 700 TVL Camera
1 x FPV Goggles
1 x Transmitter
1 x Battery



Bukan tidak mungkin sebenarnya JYU Hornet S ini bisa menjadi sangat popular, asalkan semua komponennya memiliki kualitas yang bagus, dan yang pasti adalah memuaskan para pilot yang sudah membeli drone ini. Dengan reputasi yang bagus, bisa jadi juga nanti JYU akan segera banyak beredar di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia, bersama deretan drone yang dikembangkan serta diproduksi oleh JYU.

Spesifikasi Drone JYU Hornet S - OmahDrones



Untuk sebuah drone semi professional, mungkin JYU Hornet S bisa anda bandingkan dengan Bayangtoys X16 atau AOSEnma yang juga sudah menggunakan motor Brushless serta memiliki GPS. Bila anda ingin membeli drone ini, rata – rata harga pasarannya berada di angka $210 USD atau apabila di konversi ke lokal menjadi Rp.2.8 juta  , dari segi harga, sebenarnya juga sudah wajar untuk drone dengan spesifikasi seperti yang sudah kita ulas.