Spesifikasi Drone JJRC H31 - si Waterproof Drone

Dulu JJRC pernah seperti mau membocorkan akan membuat drone yang dinilai bisa waterproof. Meski kabar tersebut tidak jelas kelanjutannya, tapi setelah JJRC mengeluarkan satu buah drone baru, itu membuat para pilot menjadi tertarik perhatiannya oleh satu produk buatan JJRC kali ini. Bagaimana tidak? JJRC mengumumkan sekaligus mengemukakan bahwa drone mereka ini Waterproof alias tahan air. Dampaknya adalah para distributor juga memakai embel – embel “Waterproof” di dalam judul penulisan iklan mereka. Dan itu terbukti membuat banyak pilot jadi tertarik untuk membeli drone ini, karena disisi harga drone waterproof ini juga tidak mahal. Lalu bagaimanakah kemampuan sebenarnya dari drone ini apabila dilihat dari spesifikasinya? Mari kita ulas bersama pada kesempatan kali ini.


Spesifikasi Drone JJRC H31 - OmahDrones


Untuk itu perkenalkan drone baru buatan JJRC, yang memiliki nama JJRC H31. Drone ini apabila dilihat dari bentuk fisinya juga masih tergolong drone yang standar di kelas toys. Dia memiliki frame membentuk H dan masih termasuk ke dalam jenis Quad-Copter. Untuk aksesori bawaannya dia memiliki kaki yang bisa menopang tubuhnya serta pelindung propeller atau biasa disebut protector yang juga bisa di lepas pasang. Untuk bisa terbang, dia menggunakan motor brushed yang memang sudah umum digunakan untuk drone kelas toys. Meski begitu untuk, cara terbang Drone JJRC H31 ini bisa dibilang gesit untuk kelasnya. Bodynya juga tidak serta merta membentuk huruf H sehingga memiliki kesan yang keren untuk bagian body, karena tentu body adalah hal paling utama yang dilirik pertama kali oleh setiap orang.



Dia memiliki banyak fitur juga walau kebanyakan distributor tidak menyertakan unit kamera ketika pembeliannya, beberapa fitur secara ringkas seperti :
·         Waterproof: Enjoy the fun near a pool, lake, river, even drop into the water. Quadcopter's circuit board supports waterproof function, although quadcopter is submerged in the water, it can work well after picking it up from water
·         2.4GHz control system: Ensures the stronger anti-interference performance and powerful signal
·         Headless intelligent orientation control: This feature means that the direction of the drone depends on the user rather than the drone itself
·         6 axis gyro: Providing the awesome stability during indoor and outdoor flight
·         LCD display: It shows more details for your convenience to control this quadcopter
·         360 degrees rotation: Professional cool and excellent flight action



Langsung kita bahas di fitur utamanya dulu yang menjadi ujung tombak bagi Drone JJRC H31 ini adalah fitur Waterproofnya. Mengapa dia bisa waterproof? Jawabannya adalah karena di bagian PCB drone ini sudah di laminasi dengan plastic yang melindungi rapat PCB sehingga tidak akan bisa terjadi korsletting karena ada jalur PCB atau komponen yang kena air. Karena semua komponen ada dalam satu sirkuit, maka JJRC bisa mudah melindunginya dengan satu kali lapisan tersebut. Sehingga hasilnya ketika anda masukkan ke dalam air hingga 50cm pun dia masih bisa beroperasi. Namun bukan itu intinya, ini dimaksudkan untuk anda supaya bisa tetap bermain drone ketika cuaca hujan sekalipun, asal jangan ketika hujan badai.

Spesifikasi Drone JJRC H31 - OmahDrones


Gambar diatas adalah gambar PCB Drone JJRC H31, seperti di gambar, terlihat seluruh permukaan bolak balik dari PCB nya sudah terisolasi dengan plastik yang sekilas sebenarnya sama seperti Lem tembak yang diratakan. Lalu bagaimana dengan baterainya? Nah, untuk baterainya juga sudah disediakan tempat tersendiri yang aman di bagian bawah drone sehingga tidak mudah terkena air. Oleh karena itu, ketika pembelian kebanyakan distributor tidak menyertakan unit kamera, walau begitu anda juga bisa menambahkan kamera JJRC yang cocok, karena Drone JJRC H31 juga memiliki dudukan plus colokan untuk kamera, bahkan di remote juga sudah ada tombol untuk kamera.



Drone JJRC H31 memiliki baterai bawaan yang memiliki kapasitas sebesar 400mAh saja, namun apabila anda menambahkan unit kamera, mungkin anda bisa menggantinya dengan baterai sejenis yang memiliki kapasitas 500mAh supaya bisa mengambil gambar dan terbang dalam waktu yang sama. Baterainya memiliki tegangan sebesar 3.7 Volt sehingga anda bisa melakukan recharge baterai menggunakan USB charger, atau bisa menggunakan Port USB pada laptop atau computer. Sedikit info, apabila anda ingin menggunakan baterai berkapasitas lebih besar, lebih baik urungkan niat anda, karena nanti apabila terlalu lama terbang, motor brushed akan terlalu panas, dan akhirnya malah anda tidak bisa terbang karena masalah pada motor, jadi kalau mau upgrade baterai, mungkin maksimal 550mAh atau 600mAh. Kalau aman sih ya baterai bawaan sesuai spesifikasi saja.

Spesifikasi Drone JJRC H31 - OmahDrones


Di bagian remote, Drone JJRC H31 sudah menggunakan remote besar, sehingga anda yang masih pemula pun akan lebih percaya diri ketika membawa remote seperti ini.  Dengan remote ini anda bisa mengendalikan Drone JJRC H31 hingga radius sejauh 80meter, tentu jarak terbang juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi, seperti banyaknya interfensi sinyal, obstacle dan lain – lain. Dengan satu remote ini anda sudah bisa mengendalikan drone sepenuhnya, mulai dari akrobatik, mengambil gambar, trimming, headless dan bahkan juga bisa mengganti speed mulai dari level beginner, normal, hingga expert. Di remote ini pun juga sudah dilengkapi dengan mini LCD yang akan menampilkan status drone seperti trim, sinyal, dan baterai.

Spesifikasi Drone JJRC H31 - OmahDrones


Untuk spesifikasi detailnya bisa dilihat dibawah ini:
Brand: JJRC
Type: Quadcopter
Model: H31
Features: Radio Control
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 3D rollover,Forward/backward,One Key Automatic Return,Sideward flight,Turn left/right,Up/down
Material: Electronic Components,Plastic
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Detailed Control Distance: 70~80m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: Rechargeable Battery
Battery: 3.7V 400mAh Lipo Battery
Flying Time: 8~10mins
Charging Time (h): About 60mins



Drone ini juga disebut cocok untuk pemula, mengapa? Karena drone ini selain harganya yang terjangkau, dia sudah memiliki fitur yang cukup banyak sehingga untuk para pemula yang ingin mulai belajar menerbangkan drone, dia bisa memulainya dengan belajar menerbangkan Drone JJRC H31 beserta semua fiturnya.

Spesifikasi Drone JJRC H31 - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Drone JJRC H31, anda akan mendapatkan:
1 x RC Quadcopter,
1 x Transmitter,
1 x USB Charger,
4 x Spare Blade,
1 x Screwdriver,
1 x Sunglass,
1 x English + Chinese User Manual




Uniknya lagi di Drone JJRC H31 ketika membeli anda juga akan mendapatkan sebuah kaca mata. Itu dimaksudkan untuk anda yang menerbangkan drone ketika matahari sedang terik, supaya tidak silau anda bisa menggunakan kaca mata tersebut. Atau bisa juga digunakan untuk bergaya. Nah, untuk harganya seperti yang sudah disinggung tadi, dia termasuk drone dibawah satu juta, anda bisa mendapatkannya dengan harga 400 ribuan saja. tentu harga bisa berubah sewaktu – waktu oleh seller nya.