Spesifikasi Drone MJX X708P


Mjx selaku menjadi salah satu produsen drone dengan varian drone yang sangat banyak, mereka tentu menjadi sebuah merk yang dicari oleh beberapa kalangan pecinta drone atau orang yang baru ingin masuk ke dalam dunia drone atas rekomendasi dari teman – teman pilot tentunya. Selain Syma, memang MJX menjadi brand andalan karena memiliki banyak jenis drone. Mulai dari micro drone, hingga drone semi professional, MJX sudah memilikinya. Sebagai produsen, MJX juga selalu mengeluarkan produk – produk baru yang dibuat sesuai kebutuhan para pilot, utamanya pilot drone kelas toys, yang menerbangkan drone untuk entertainment atau untuk hiburan. Dan benar saja, karena sekarang banyak orang yang mulai tertarik untuk memiliki sebuah drone, MJX berusaha membuat drone yang bisa dimainkan oleh pemula, dan tentunya dengan tambahan teknologi baru yang membuatnya lebih aman dan userfriendly.


Spesifikasi Drone MJX X708P - OmahDrones


Adalah MJX X708P. drone ini memang mirip bentuknya dengan MJX Bugs 2 series, namun MJX X708P ini memiliki perbedaan pada spesifikasinya. MJX X708P merupakan drone kelas toys yang masih menggunakan motor brushed sebagai mesin utamanya. Drone ini menggunakan desain baru MJX yang mungkin tujuannya sebagai cirikhas dari drone MJX, karena setau admin, hingga saat artikel ini ditulis, belum ada brand lain yang menggunakan bentuk body seperti ini selain MJX. Drone ini belum memiliki GPS, namun sebagai gantinya, anda akan mendapatkan sensor Optical Flow, dengan sensor ini, drone bisa tetap mempertahankan posisinya dengan melihat citra permukaan dibawah dia terbang, sehingga drone bisa mempertahankan posisinya.



Selain optical flow sensor, MJX X708P memiliki deretan fitur yang dapat melengkapi drone ini ketika anda terbangkan nanti, selengkapnya bisa dilihat dibawah ini untuk fiturnya:
  • Optical flow positioning: make the drone fly steadily and achieve a smooth control
  • 720 WiFi camera transmits videos in real-time for a FPV flight
  • Use a wide-angle lens to capture sharp and vivid images with expansive backgrounds
  • Headless Mode: no need to adjust the position of aircraft before flying
  • 3D flip for a cool flight
  • One key return for easy recall control
  • 2.4G remote control with a good anti-interference performance, controlling it without worry every there are many quadcopters
  • High / low speed to switch
  • With light for a night flight
  • APP download: QR code on the manual



Spesifikasi Drone MJX X708P - OmahDrones


Sedangkan spesifikasi lengkap dari MJX X708P, dapat anda lihat dibawah ini:
Brand: MJX
Type: Quadcopter
Features: Camera, WiFi FPV
Functions: 3D stunt,Camera,Forward/backward,FPV,Headless Mode,One Key Automatic Return,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection,With light
Size: Medium
Sensor: Optical Flow
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Detailed Control Distance: 80M
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Battery: 3.7V 550mAh LiPo
Flying Time: 6-8mins
Charging Time: about 90mins


Spesifikasi Drone MJX X708P - OmahDrones


MJX X708P memiliki baterai yang universal, sehingga untuk mencari baterai cadangan juga mudah ditemukan di marketplace online. Baterai bawaan untuk MJX X708P memiliki tegangan 3.7 Volt dengan kapasitas sebesar 550mAh. ketika baterai sudah mulai habis, jangan langsung recharge baterai, tunggu dulu hingga suhu baterainya normal, baru bisa anda recharge, supaya umur baterai tidak cepat habis. Untuk sekali charge, anda bisa terbang maksimal 8 menit, karena lama terbang tergantung dari cara terbang anda juga. dan karena MJX X708P masih menggunakan motor brushed, tiap sekali terbang drone harus istirahat dulu, mendinginkan motor, karena kalau langsung terbang lagi, maka kemungkinan besar motornya akan cepat rusak karena terlalu panas.

Spesifikasi Drone MJX X708P - OmahDrones


Di bagian transmitter, MJX X708P masih menggunakan transmitter MJX model lama. Dengan transmitter ini anda bisa menerbangkan drone MJX X708P hingga 80 meter seperti drone sekelasnya. Model remote lama, namun fungsinya juga sudah dipermudah, seperti binding hanya butuh sekali saja, sekali binding, maka untuk selanjutnya anda tidak perlu binding lagi, semakin mudah untuk pemula sekalipun. Tombol fungsinya pun diletakkan pada jangkauan tangan sehingga untuk menekan tombol fungsi tentu tidak susah, anda hanya perlu menghafal tombol ini untuk apa, maka anda bisa menggunakan fitur yang sudah ada dari pabrik seperti headless mode, atau one key return. Di bagian atas transmitter juga bisa anda pasang phone holder untuk meletakkan smartphone anda.



Yap, MJX X708P juga sudah support Wifi-FPV. Dia dilengkapi dengan kamera yang sudah sanggup mengambil video dengan resolusi 720p. video yang diambil akan langsung tersimpan dalam microSD yang sebelumnya sudah anda pasang pada slot nya. Sehingga hasil video yang anda dapatkan akan terbebas dari lag, frame dropping, atau malah freezing frame. Untuk FPV nya, MJX X708P menggunakan koneksi Wifi 2.4GHz sehingga harusnya semua smartphone ber Wifi bisa melakukan Wifi-FPV dengan MJX X708P. karena drone ini dilengkapi dengan optical flow sensor, maka MJX X708P juga bisa disebut Selfie drone. Karena dia bisa anda gunakan untuk mengambil foto atau video selfie dengan posisi drone yang terbang dan tetap pada posisinya. Tidak seperti drone lain tanpa sensor optical flow yang pasti mudah terbawa angin.

Spesifikasi Drone MJX X708P - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian MJX X708P, anda akan mendapatkan kelengkapan seperti:
1 x RC Drone ( Battery Included ),
1 x Transmitter,
4 x Propeller,
4 x Propeller Guard,
1 x USB Cable,
1 x English Manual



Nah, untuk kesimpulannya, mungkin disini drone dengan optical flow sensor bisa menjadi drone mainan “standar” di produk – produk selanjutnya, karena dengan adanya sensor itu, si pilot bisa lebih mudah mengontrol drone karena relative tidak mudah terbawa angin yang menjadi masalah drone kelas toys selama ini. apalagi kalau harga yang dibandrol untuk sebuah drone dengan sensor optical flow juga murah. Kalau untuk MJX X708P, selain sudah punya sensor optical flow, dia juga sudah memiliki kamera yang cukup bagus untuk kelasnya, dengan kamera yang resolusinya mungkin 2MP, anda sudah bisa mendapatkan  video ber resolusi 720p alias HD. Kualitas yang sudah cukup bagus untuk sebuah drone mainan.



Sedangkan untuk harga MJX X708P, di beberapa onlineshop dan marketplace online, terakhir admin cek MJX X708P ini dibandrol sebesar 100USD, atau setara dengan kira – kira 1.4 jutaan. Dengan drone diatas 1 juta namun belum memiliki GPS, sepertinya harganya terlalu mahal untuk ukurannya. Namun harga tersebut bisa relative, bisa saja besok harganya bisa jadi lebih murah kalau sudah banyak saingannya. Kalau mau nunggu yang di Indonesia, mungkin harganya bisa berbeda lagi, karena kalau sudah di Indonesia, tentu harganya terserah si seller mau menjualnya dengan harga berapa.