Spesifikasi Drone Zerotech Dobby

                Omahdrones.com - Pernah terbayang memiliki drone yang ukurannya kecil, simple, portable dan foldable, namun memiliki spesifikasi yang bisa dibilang setara dengan drone professional yang ukurannya besar terutama di bagian kehandalan ketika terbang sekaligus kualitas gambar yang dihasilkan? Beberapa waktu dulu mungkin memang belum ada drone dengan kemampuan seperti itu, namun sekarang drone yang super keren dan super canggih ini benar – benar ada, dan kabar baiknya lagi bisa juga langsung dibeli. Perusahaan Zerotech, yang mungkin disini belum cukup terkenal ketika postingan ini dibuat, cukup bisa menggebrak pasar drone dengan produk baru mereka yang membuat banyak orang di dunia terkejut dan ingin sesegera mungkin memiliki drone buatan mereka yang satu ini.


Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones


Sebenarnya Zerotech tidak hanya membuat satu drone ini saja, namun mereka juga membuat drone custom mereka sendiri yang digunakan untuk keperluan pengambilan gambar kelas expert yang setara dengan DJI M600. Namun, berkat produk barunya yang memiliki ukuran kecil, desain yang antimainstream namun elegan, dan dengan spesifikasi yang bisa dibilang setara dengan smartphone masa kini, serta berbagai fitur menarik yang ada didalamnya ini membuat Zerotech makin terkenal. Bisa dibilang si kecil cabe rawit ini adalah trobosan efektif bagi Zerotech. Drone ini diberi nama Dobby, namun di kalangan pecinta drone dia lebih akrab dipanggil dengan nama panjangnya yakni Zerotech Dobby.



Tadi sudah disinggung Zerotech Dobby memiliki spesifikasi seperti smartphone masa kini. Memang benar, karena Zerotech Dobby menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon QuadCore 2.3GHz, dan menggunakan RAM sebesar 2GB. Bukan Cuma itu, untuk GPU nya pun juga sudah menggunakan Adreno330. Di dalam badan Zerotech Dobby ini pun juga sudah memiliki internal memory sebesar 16GB untuk menyimpan file asli dari perekaman video atau pengambilan gambar dari drone. Nah, barusan itu hanyalah sebagai rangkaian CPU nya saja, selain itu, Zerotech Dobby juga dilengkapi dengan berbagai device yang membuat dia menjadi beda dari yang lain, yaitu seperti sudah memiliki Dual positioning system, satu system GPS/GLONASS Dual Band lalu ditambah dengan optical Flow + Ultrasonic sensor yang berada di bagian bawah drone untuk terbang indoor.

Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones


Zerotech Dobby juga memiliki banyak fitur yang bisa anda gunakan ketika terbang, seperti:
-          Orbit: drone mengelilingi objek
-          Auto Pull Away: merekam obyek secara terbang mundur, bisa di setting 10/30/60detik
-          Target tracking: nama populernya adalah follow me function, dimana Zerotech Dobby bisa mendeteksi objek, dan mengikutinya.
-          Facial recognition: seperti face tracking, namun lebih kompleks karena bisa mengenali wajah siapa yang berada di depan dobby.
-          Voice command: dobby juga bisa dikenalikan dengan suara, namun paling enak voice command hanya dilakukan ketika take off saja.


Selain itu masih banyak fitur – fitur pengambilan gambar seperti pengaturan iso, shutter speed, timer, burst, dan lain – lain. Sehingga anda juga bisa berkreasi menggunakan Zerotech Dobby ini layaknya menggunakan drone professional.



Zerotech Dobby memiliki baterai bawaan yang berkapasitas 970mAh. Memang sedikit tanggung, kenapa tidak sekalian 1000 mAh, tapi lupakan, karena ini sudah ketentuan Zerotech pastinya. Baterai ini memiliki tegangan sebesar 7.6Volt. memang tegangannya besar karena Zerotech Dobby ini menggunakan banyak peripheral, seperti unit CPU nya, belum hardware sensor dan GPS serta motornya yang sudah brushless. Ketika pembelian juga tentu anda akan mendapat chargernya bahkan anda juga mendapatkan dudukan baterainya juga. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Zerotech Dobby yang saat ini tercatat maksimal bisa sampai 9 – 10 menit, bahkan ada yang pernah test dan hasilnya lebih dari 10 menit terbangnya. Ketika baterai mulai habis, anda juga akan mendapatkan notifikasi langsung di layar smartphone anda, sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan drone karena baterai habis, walau tetap saja, sebelum baterai mulai menipis segeralah dekatkan drone ke anda untuk berjaga – jaga.


Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones


Karena cukup terlihat portable dan foldable, Zerotech Dobby ini tidak memiliki controller bawaan. Untuk mengendalikan drone ini beserta seluruh fiturnya, anda hanya perlu menggunakan smartphone anda dengan melalui aplikasi bernama Do.Fun yang merupakan aplikasi resmi dari Zerotech untuk Dobby drone. Dengan aplikasi ini anda juga bisa langsung menerima live view dari dobby dengan resolusi mulai dari 240p hingga 720p. dengan tempat dan kondisi yang bagus, anda bisa menerbangkan dobby hingga dalam radius 100 meter. Jangan khawatir akan lost connection karena dengan GPS system, dobby akan kembali ke home position layaknya drone GPS pada umumnya.



Untuk motornya, seperti yang sudah anda lihat pada gambar, Zerotech Dobby menggunakan mini brushless motor dan seperti sudah costom dari Zerotech, dalam satu motor, terdapat dua buah titik baut untuk memasang tiap bilah propeller, dengan propeller dinamis seperti ini, sebenarnya sama saja, ketika anda terbangkan propeller akan bekerja seperti biasa karena rotasi motor, jadi jangan anggap propeller yang terkesan “seperti mau lepas” ini seperti yang anda bayangkan, karena kinerjanya juga sama saja, hanya modelnya yang berbeda.

Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones


Nah lanjut ke unit kamera, walau kamera Zerotech Dobby ini ukurannya Cuma kecil sekilas, tapi jangan salah, Zerotech Dobby bisa menangkap gambar ber resolusi 4208 × 3120 pixels. Bahkan untuk merekam video dia juga bisa mendapatkan video berresolusi 4K 25FPS. Itu berkat lensa berresolusi 13MP dengan sensor Sony. Ditambah apabila anda mengaktifkan fitur image stabilizationnya bisa membuat hasil gambar dari kamera akan terlihat sangat halus, layaknya anda menggunakan gimbal di kameranya. Dengan adanya image stabilization di dobby ini, anda tidak perlu gimbal lagi namun image stabilization hanya bisa berfungsi hingga resolusi 1080p saja. Lagipula kameranya juga sudah built in, namun anda bisa mengubah angle kameranya jadi melihat 180 derajat kedepan atau merunduk kebawah.



Untuk spesifikasi lengkapnya anda bisa simak dibawah ini:

UAV
Weight (Including Battery) 199g
Length (Not Including Propellers) Extended:135mm×145mm×36.8mm
Folded Up:135mm×67mm×36.8mm
Maximum Usage Height (Meters Above Sea Level) 3000m
Flight Duration 9min(At 0m Above Sea Level)
Operating Temperature 0 ~ 40°C
Positioning System Outdoors:GPS/GLONASS Dual Band
Optical Flow + Ultrasonic Wave(Illuminance>15 Lux)
Maximum Height Using GPS According To Your Country’s Regulations
Controlling Distance 100m (In Open Area With No Obstructions)
Maximum Height Using Optic Flow 3m
Hovering Accuracy Vertical:+/-0.1 Meters(During Normal Operation With Optical Flow Positioning);+/-0.5 Meters (Outdoors)
Horizontal:+/- 0.3 Metres(During Normal Operation With Optical Flow Positioning);+/- 1.0 Meters(Outdoors)


Wi-Fi
Dual Band Wi-Fi 2.4GHz Frequency:5GHzfrequency
Emissive Power EIRP 2.4G: 19 DBm
EIRP 5G: 25 DBm


Camera
Image Sensor 1/3.06InchCMOS;13,000,000Effective Pixels
Lens FOV75°; 28mm (35mm Format Equivalent);F/2.2;Infinity Focus
Camera’s Pitch Limit -90°~ 22.5°
Highest Photo Resolution 4208×3120
Photo Shooting Mode Single Shot
Timer
Burst Shot:2~15Photos
Filmshooting Mode 10sAuto-Track Short Video Shooting
HD Video Shooting
IOS Range 100 ~ 3200
EV Range - 12;- 8;- 4;0;4;8;12
Timed Shots 3s/5s/10s/20s
Video Resolution 4K@30fps After Image Stabilization 1080p@30fps
Storage Format JPG/MP4(MPEG-4 AVC / H.264)
Storage Capacity 16G
USB Port Type Micro-USBport


Battery
Capacity Rating 970mAh
Energy Rating 7.37Wh
Nominal Voltage 7.6V
Battery Type LiPo 2S
Operating Temperature Range (Charge) 0~45°C
Operating Temperature Range (Discharge) 0~45°C
Charge Voltage Limit 8.7V


Charging Dock
Port Type On Charging Dock Type-C
Voltage 9V
Rated Power 15W


App
App Name Do.Fun
Real Time Image Transmission 1280x720@30fps;640x480@30fps;320×240@30fps
Delay 160ms(Depends On The Environment And Mobile Device Used)
Required Mobile Systems Android 4.3 And Above
IOS 8.0 And Above




Untuk drone yang sesimpel dan sekecil ini, anda sebenarnya tidak memerlukan banyak peralatan pendukung ataupun aksesori. 
Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones

Dari Zerotech, apabila anda membeli satu unit Zerotech Dobby umumnya anda akan mendapatkan :
1 x Dobby drone
1 x Charger + Dock
4 x Blade
1 x manual




Biarpun sudah memiliki spesifikasi yang super fantastis, Zerotech Dobby ternyata lebih suka dimasukkan kedalam kategori portable drone dan juga selfie drone. Mungkin dobby suka merendah, dibalik wujudnya yang kecil, dia memiliki kemampuan yang luar biasa, jadi apabila di kategorikan sebagai drone selfie saja sepertinya terlalu kecil cakupannya. Namun yang jelas, apabila anda suka drone yang simple, foldable, dan memilik kemampuan yang hebat, anda bisa membeli Zerotech Dobby ini.

Spesifikasi Drone Zerotech Dobby - OmahDrones



Apabila anda memang mau membeli drone ini, harga yang ditawarkan oleh Zerotech maupun di beberapa olshop drone harganya kisaran $339 USD atau apabila dikonversi ke rupiah dia memiliki harga berkisar 4.5 juta. Nah, mungkin bagi anda yang belum bisa membeli DJI Mavic tapi ingin cepet – cepet pengen merasakan foldable drone yang bisa merekam video 4K serta memiliki spesifikasi yang hebat bisa memasukkan Zerotech Dobby sebagai list rekomendasi drone anda.