Spesifikasi Drone S150 Brushless Obstacle Sensor

 Di awal kemunculan mainan drone, banyak sekali drone – drone yang punya spesifikasi cukup dasar tapi memiliki harga yang terbilang mahal. Namun semua itu dipatahkan karena di tahun – tahun selanjutnya, banyak sekali brand baru yang datang dengan harga lebih murah serta spesifikasi yang lebih mumpuni. Baik di sisi fitur atau komponen teknikal nya. Kalau dilihat dulu kita beli drone seharga 500 ribuan hanya mendapat sebuah quadcopter yang punya spesifikasi cukup dasar, dengan frame X dan masih menggunakan motor brushed, dan baterainya masih baterai universal. Karena masih pakai motor brushed, jadi ya tiap habis terbang sekitar 5 menit saja, motornya terasa sangat panas, karena ya memang desain motor brushed tidak untuk kerja yang istilahnya “gas pol” meski kalau di lihat pada mobil mini 4WD juga pakai motor brushed dengan kecepatan tinggi.

Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones


Nah, untuk saat ini, setidaknya ketika admin omahdrones menulis artikel ini, perkembangan drone mulai merambat naik sehingga banyak brand – brand baru bermunculan, dan drone dengan spesifikasi menggiurkan juga banyak muncul. Meskipun banyak juga drone dengan spesifikasi tidak sepadan dengan harga, atau bahkan drone dengan spesifikasi yang nanggung. Nah bicara soal spesifikasi nanggung, sebenernya kali ini admin omahdrones juga mau bahas sebuah drone yang agak nanggung sih, walau kalau dilihat dari segi harga memang lumayan sepadan. Nama drone ini dikenal dengan Drone S150. Drone ini memang tidak memiliki Brand official semisal JJRC atau Syma, jadi kalau ingin mencari drone ini bisa cari dengan keyword Drone S150 atau bisa cek dari link affiliasi yang sudah admin sediakan dibawah.


Sebelumnya mungkin anda bisa menyimak rincian spesifikasinya dibawah ini:

Proruct Name: Drone S150

Product color: black

Aircraft battery: 3.7V 2000mAh modular battery

Flight time: about 12-14 minutes

Remote control distance: about 150 meters

Flight environment: indoor / outdoor

Charging method: usb line charging

Charging time: about 60-80 minutes

Adjust the camera: manually adjust 90 degrees

Remote control frequency/number of channels: 2.4G/4 channels

Main material: plastic, metal, electronic components

Single product weight (Including battery): 155g

Packaging weight: 455g

Remote control battery parameters AA*3 battery (self-provided)

Product specifications: folded: 14*9*7.5cm/ unfolded: 28*27*7.5CM

Color box packaging: 21 * 17 * 8CM



Mengapa Drone S150 admin nilai sebagai drone agak nanggung? Itu karena dia sebenarnya adalah drone kelas mainan. Tapi memiliki motor brushless. Memang tidak ada salahnya, tapi bukan cuma disitu sih yang membuat admin menyimpulkan kalau drone ini agak nanggung. Walau mungkin di mata beberapa pilot, mungkin salah satunya adalah anda, drone ini malah menjadi drone ter worth to buy karena sudah pakai motor brushless. Untuk fitur lainnya, drone ini sudah dilengkapi juga dengan sensor optical flow, sehingga meski belum memiliki GPS, drone ini bisa mempertahankan posisi dimana ia terbang dengan syarat anda tidak terbang tidak terlalu tinggi agar gambar yang ditangkap dari kamera optical flownya masih lumayan tajam sehingga mudah diproses oleh sistemnya.


Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones


Di sisi baterai, Drone S150 sudah menggunakan baterai yang bentuknya di desain khusus untuk drone ini, jadi kalau anda ingin terbang lebih lama, anda bisa beli dengan paket bundle extra baterai, kalau sellernya memberi opsi untuk beli dengan baterai lebih dari satu. Untuk melakukan recharge baterai, anda juga sudah mendapatkan kabel MicroUSB jadi anda hanya butuh kepala charger yang memiliki arus minimal 1 ampere untuk bisa melakukan pengisian ulang secara optimal. Metode chargingnya juga sudah langsung colok ke unit baterai, metode yang sudah ada sejak kemunculan Eachine E59, jadi di baterai ini sudah ada port microUSB nya. Untuk satu baterai drone S150 rata – rata anda bisa terbang selama 10 menit.

Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones


Lanjut di bagian remote. Disini Drone S150 memiliki remote yang desainnya cukut curvy, dan dibagian tengah bisa dibuka untuk menjadi phone holder. Semua tombol juga di fokuskan berada di bagian atas sejajar dengan dua buah joystick nya dan dilengkapi juga dengan icon di tiap tombolnya, sehingga anda bisa mengetahui dan mudah menghafal fungsi tiap tombol tersebut. Dan remote ini sayangnya masih menggunakan 3 buah baterai ukuran AA. Nah untuk lebih gogreen, anda bisa menggunakan baterai AA yang bisa di isi ulang.


Jarak terbang drone ini juga tidak jauh, mengingat Drone S150 sebenarnya hanya sebuah drone mainan dalam daftar spesifikasinya juga tertulis jangkauan remote ini hanya sekitar 150 meter saja. Jadi baiknya sih drone ini dimainkan di dalam ruangan, atau tanah lapang saja, kalau untuk terbang indoor juga sudah lumayan aman karena Drone S150 sudah dilengkapi dengan sensor anti tabrak dibagian atasnya, yang bisa bekerja di depan belakang kiri dan kanan, jadi kalau sensor ini di aktifkan, anda bisa lebih aman ketika memainkannya didalam ruangan.

Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones


Sedangkan kalau di tanah lapang, mengingat drone ini belum memiliki sistem pengunci navigasi, jadi dia akan mudah sekali terbawa angin. Bagusnya anda terbang dengan ketinggian kurang lebih 2 meter supaya sensor optical flow masih bisa mengunci posisi dengan lebih baik, sehingga ketika di terpa angin, drone akan bisa dikit – dikit melawan dan mempertahankan posisi dimana dia seharusnya tetap hovering.


Kamera Drone S150 tidak ada yang bisa di banggakan sih, sekedar bisa nangkep gambar. Bahkan bisa dibilang kualitasnya satu tingkat dibawah Eachine e58, memang dari segi gambarnya bisa dibilang sama kualitasnya tapi framerate nya masih tinggian Eachine E58, jadi sayang sekali dengan adanya motor brushless kesannya malah mengorbankan kualitas kameranya.

Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones



Umumnya, ketika membeli Drone S150 anda akan mendapatkan item berupa

1x Drone

1x Remote Control

1x Battery

4x Spare Maple Leaf

1x USB cable

1x Screwdriver

1x Obstacle avoidance head

1x Instructions



Untuk mendapatkan Drone S150 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone S150

Link mati? bisa Lapor Disini

Spesifikasi Drone S150 - OmahDrones


balik lagi ini drone mainan, dengan desain foldable yang memudahkan anda ketika menyimpan dan membawanya bepergian. Dari segi harganya juga murah, dibawah satu juta bahkan dibawah 500ribuan sudah dapat drone dengan motor brushless. Setidaknya kalau anda beli drone mainan ini, anda bisa gunakan untuk latihan terbang, serta juga anda tidak perlu khawatir motor akan cepat rusak karena overheat seperti ketika anda menerbangkan drone dengan motor brushed.