Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS

 Drone yang sudah memiliki GPS memiliki kelebihan dalam urusan navigasi, dimana kebanyakan drone masih buta dalam navigasi sehingga si pilot harus berperan penuh dalam menerbangkan drone, selain orientasi dan juga orientasi ada juga pengenalan medan terbang yang harus dikuasai oleh pilot. Untuk pilot yang sudah berpengalaman, mungkin tidak terlalu menjadi masalah, tapi beda cerita kalau yang mengendalikan merupakan pemula yang jam terbangnya belum terlalu lama. Beberapa user juga tidak mau hanya terbang di dalam ruangan menggunakan drone – drone kelas mainan yang belum memiliki GPS. Maka dari itu, beberapa produsen memberikan solusi untuk anda yang sebenarnya masih pemula tapi ingin terbang outdoor tanpa khawatir drone yang mudah terpengaruh oleh hembusan angin.


Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones


Adalah LYZRC L700. Drone ini memiliki desain foldable sehingga mudah untuk dibawa ketika anda traveling. Drone ini juga memiliki bobot yang ringan untuk sebuah drone Brushless GPS. Yap, drone ini juga sudah menggunakan motor brushless sehingga anda tidak perlu takut akan overheat pada motor, kalau anda punya banyak baterai cadangan, anda bisa langsung ganti dan terbang lagi, tentunya dengan beberapa persiapan preflight seperti biasanya. Tak cuma di modul GPS nya saja, LYZRC L700 juga dilengkapi dengan optical flow sensor dimana harusnya dia juga bisa terbang stabil didalam ruangan, atau ketika anda tidak mengandalkan sinyal GPS, dengan metode penguncian citra dari kamera optical flow yang berada dibawah drone ini.



Drone LYZRC L700 ini juga memiliki banyak fiur, terlebih fitur disisi softwarenya dimana dia bisa melakukan banyak fitur melalui aplikasi FPV nya, kalau di sisi fitur teknis, LYZRC L700 masih cenderung drone Brushless GPS yang masih Basic. Artinya tidak ada yang ditonjolkan dari drone ini kalau dari sisi teknisnya, mungkin cuma bobot yang ringan itu tadi, karena di beberapa negara, ada aturan untuk mendaftarkan drone dengan bobot tertentu, dan juga ada aturan untuk mendaftarkan drone dengan kamera, kalau tidak, tentunya akan ada sangsi tegas dari pemerintah di negara tersebut. Kalau di indonesia, hingga admin menulis artikel ini, belum ada aturan untuk mendaftarkan drone dengan bobot tertentu dan berkamera,

Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones


nah untuk fitur yang ditawarkan oleh LYZRC L700, bisa anda lihat dibawah ini:

- GPS/GLONASS double mode

- 4K HD adjuistable ESC camera

- 120° wide angle view

- Self-stabilizing electronic anti-shake Lens

- GPS positioning

- Optical flow positioning

- Altitude hold

- Headless mode

- Fixed-point flight

- Surround flight

- Tap flight

- 5G image transmission

- Intelligent follow me 

- 28mins long flight time

- Gesture shooting

- 50X Zoom

- Real-time transmission

- Brushless motor

- One key return

- One key take-off/landing

- Over distanve return

- Low-power return

- Lost and return

- Speed switch

- Gesture shooting

- Photo/video share

- MV functions: filters, video effects, add background music, picture / video sharing

- Aircraft retrieval function: Click the GPS signal icon 3 times to open the map interface, the map displays the last distance, latitude and longitude of the aircraft


Sedangkan untuk tabel spesifikasinya bisa anda simak dibawah ini:

Description:

Item Specification
L700 PRO RC Quadcopter Brand Name LYZRC
Item No. L700 PRO
Color Black/Grey/Orange(Option)
Pressure sensor Height setting
Brushless Motor  1503
Motor power 25W
Electric power adjustment 10A
Battery 7.4V 3000mAh
Flight Time About 25mins
Charging time About 2 hours
USB Charging 5V>
Image Transmission Distance 300-600m
GPS Follow Distance Follow forever
Max Flying Altitude 120m
Gesture Shooting Distance 1-3m
Product Size 32*32*5.5cm(Unfold)
14*16*5.5cm(Fold)
Package Size 23*11*31cm(Backpack)
24*19.5*9cmcm(Storage Bag)
Product Weight 183.8g
Battery Weight 55.4g
Package Weight 637.8(Backpack)
556.6g(Storage Bag)
Camera Camera 4K Ultra-clear ESC Dual Camera
pixels 40 Million
Lens Angle 120°Wide-angle(Adjustable camera by transmitter, 90°)
Focal length 50X Zoom
Video Resolution 1920*1080
1280*720(Bottom camera)
Photo Resolution 4096*2160
1280*720(Bottom camera)
Frame rate 25 fps
Remote Control Frequency 2.4GHz
Remote Control Distance About 1200m
Battery 3.7V 180mAh Lipo Battery(included)
Battery Life 3h
Charging Time About 1h
Phone Holder Size Max 5.5 Inc.



LYZRC L700 memiliki baterai bawaan yang lumayan untuk sebuah drone brushless GPS, dia dibekali baterai 7.4Volt dengan kapasitas sebesar 3000mAh. Dengan baterai ini, kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa terbang selama 25menit, namun pada praktiknya, dengan baterai ini rata – rata anda hanya bisa terbang selama 15menit per baterai. Walau tentu saja lama terbang akan dipengaruhi oleh cara terbang anda, dan juga kondisi dimana anda terbang, kalau drone terbang dalam kondisi agak berangin, maka otomatis drone akan membutuhkan power lebih agar tetap bisa terbang normal. Enaknya, disini anda tidak akan repot dalam proses recharging, karena di tiap baterai sudah ada port microUSB untuk recharge. Anda hanya perlu menggunakan charger USB dengan arus minimal 2 Ampere untuk bisa mengisi baterai ini dengan waktu yang tidak terlalu lama. Anda bisa menggunakan Wall Charger dengan interface USB seperti untuk melakukan recharge gadget universal.


Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones


Untuk remotenya, LYZRC L700 memiliki remote yang bisa dibilang keren, meski kedua antenanya hanya hiasan semata, tetapi di bagian tengah remote ini terdapat LCD yang akan menampilkan status drone secara realtime. Display nya pun seperti LCD yang ada di drone professional. Peletakan tombolnya juga terlihat rapih. Di tiap tombolnya juga terdapat icon label sehingga anda bisa lebih mudah dalam mengingat fungsi dari tombol – tombol tersebut. Remote ini juga sudah menggunakan baterai internal rechargeable, sehingga ketika baterai sudah habis, anda tinggal recharge saja melalui port microSD yang ada pada remote ini. Untuk jangkauan terbangnya, dalam tabel spesifikasi tertulis anda bisa terbang dalam radius 1.2Km, namun mengingat remote ini tidak memiliki antenna external asli, tentu jarak terbangnya tidak sampai 1KM, apalagi di tempat anda terbang terdapat banyak interferensi sinyal yang sama – sama 2.4GHz.


Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones


Kamera pada LYZRC L700 pun juga bisa dibilang basic, dengan kamera yang terkesan seadanya untuk membuat drone ini makin ramah di kantong. Kamera yang disertakan pada drone ini paling bagus digunakan untuk rekam video di resolusi 720p, meski dalam iklannya dapat mengambil gambar hingga 4K itu hanya gimmick semata. Selain itu modul kamera pada LYZRC L700 juga tidak ada DVR atau modul untuk merekam video ke MicroSD, sehingga semua foto dan video akan langsung tersimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi 5G atau Wifi 802.11ac, kalau smartphone anda tidak support wifi 5G tersebut, maka anda tidak bisa melakukan Wifi-FPV dengan drone ini. Nah untuk gambar 4K tadi, sebenarnya hanya gimmick dimana kamera akan mengambil “screenshot” dari live view, lalu gambar dibentangkan ke ukuran 4K. Hasilnya, ukuran gambar pixelnya memang jadi 4K dan ukuran dalam memory juga besar. Tapi kualitas gambarnya tidak berbeda dengan screenshot asli.



Jarak jangkauan Wifi FPV nya pun juga dipengaruhi oleh Wifi smartphone anda. Semakin bagus dan kuat kemampuan modul Wifi smartphone anda, akan berpengaruh dengan seberapa jauh anda bisa Wifi-FPV dengan LYZRC L700. Karena kalau sudah lost signal di FPV, anda harus return to home drone, dan melakukan pairing ulang alias konek ulang dengan Wifi lalu restrat aplikasi FPV nya.



Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones


Dalam pembelian LYZRC L700, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

1 x L700 PRO RC Quadcopter

1 x Remote Control

1 x 7.4V 3000mAh Battery

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

8 x Spare Propeller 

4 x Screws (pieces)

1 x User Manual

1 x Storage Bag/Backpack(Option)




kesimpulan admin untuk LYZRC L700, mungkin sobat omahdrones bisa memilih drone ini sebagai refrensi, namun kalau mencari drone brushless GPS yang kameranya agak bagusan, mimin omahdrones belum merekomendasikan drone ini, karena setau mimin, banyak yang beli drone karena nyari yang kameranya bagus.

Spesifikasi Drone LYZRC L700 Pro Brushless GPS - OmahDrones



Untuk harganya, terakhir admin cek di online marketplace global yang melayani pembelian dari indonesia, drone ini hanya dibandrol 1.5 jutaan saja, namun setelah cek di marketplace online lokal, ada yang menjual drone ini dengan harga 3jutaan. Cukup jauh selisih harganya, yang kalau ambil murahnya sih, lebih baik langsung beli di online marketplace global.