Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance

 Beberapa drone yang direkomendasikan untuk pemula, idealnya memiliki fitur basik dan mudah dalam hal Failsafe. Sehingga ketika mengalami crash, kita bisa langsung menekan fungsi untuk menghentikan putaran motor agar tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Karena motor inilah bagian yang paling vital dari semua drone kelas mainan, yang fungsinya untuk hiburan atau juga untuk latihan terbang. Meski makin kesini banyak drone kelas mainan sudah dibekali dengan kamera, yang seringkali di lebih – lebih kan untuk menarik minat konsumen, tapi sebenarnya bagian yang harus dijaga adalah bagian motornya karena biasanya masih menggunakan motor brushed yang pasti musuh utamanya adalah overheat.

Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones



Kali ini OmahDrones mau memberikan ulasan mengenai sebuah drone basic, toy class dari KFRC atau KFPLAN. Dengan nama pasar KFPLAN KF616, drone ini memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan drone mainan. Bukan kamera yang di iklannya bisa mengambil gambar 6K. Karena jangan berharap anda akan mendapatkan gambar yang bagus dari drone kelas mainan. Tapi yang membuat menarik disini adalah drone ini dilengkapi dengan sensor obstacle avoidance. Dengan metode pantulan dari IR Emiter yang modulnya terletak di bagian atas body drone.



Jadi mekanismenya adalah ketika sensor seperti ”Photo Diode” mendapatkan pantulan dari Infrared maka drone akan melakukan manuver terbang berlawanan arah. Jadi misal sensor depan terkena pantulan infrared, maka drone akan mundur ke belakang, kalau sensor kiri terkena pantulan infrared dari dinding atau halangan lain, maka drone akan terbang ke arah kanan. Kurang lebih seperti itu mekanisme atau cara kerja dari sensor “anti tabrak” pada KFPLAN KF616.



Untuk fitur yang ditawarkan, kalau merujuk pada iklan dari KFRC nya sih terkesan menggiurkan, tapi ingat, ini hanyalah drone mainan, jadi jangan berharap lebih. Untuk fitur lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:

- Folding arm, small size, easy to carry.

- Built-in 6K HD dual wide angle camera give wide range high denfinition pictures and video.

- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.

- 360° automatic detaction of surrounding infrared obstacle avoidance, worry-free flight.

- With 2000mAh large capacity battery, the flying time up to 10mins.

- Draw a flight path on the screen, the drone will fly autonomously along the specified path.

- Way-point Flight: Plan your flying route by drawing the dots on the built-in map on the App, recording beautiful scenery along the route. Besides, the GPS mode will give you the exact positioning details of the drone.

- Point of Interest: Select a building or location and click it on the map of App. The drone could continue to fly clockwise around this specific building or location, presenting a comprehensive image.

- Return to Home: It will always returns automatically whenever Battery is low, Signal is lost or You press one key return.

- 2.4GHz anti-interference technology.

- 4 channels for ascent, descent, forward, backward, left flight, right flight and 360°roll.

- Six-axis gyroscope, smoother flight and more convenient control.


Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones


Sedangkan untuk Spesifikasi dari KFPLAN KF616 dapat anda simak dibawah ini:


Specification:

Brand Name: KF

Item NO: KF616

Color: Orange, Black Grey (Optional)

Gyro: 6-axis

Frequency: 2.4G

Channel: 4CH

Motor: 716 Brushed Coreless

Quadcopter Battery: 3.7V 2000mAH LiPo Battery (Included)

Transmitter Battery: 3 x AA Battery (NOT Included)

Flying Time: About 10 minutes

Charging Time: About 60 minutes

Remote Control Distance: About 100m (no interference)

FPV: 2.4G WiFi

Image Transmission Distance: About 50m (no interference)

Camera Resolution: 6K Dual Camera (Adjustable Angle 90°)

Video Resolution: 2048*1080

Photo Resolution: 4096*2160

Frame Rate: 20fps

Obstacle Avoidance System: Infrared Obstacle Avoidanc

Mobile Device System Version: IOS 9.0 and above, android5.0 and above

Quadcopter Size: 128 x 55 x 87mm (Foldable)

                 250 x 56 x 213mm (Unfoldable)

Quadcopter Weight: About 100g

Storage Bag Size: 220 x 160 x 65mm




baterai yang digunakan oleh KFPLAN KF616 ini masih 1S, atau 1 Cell saja, tipe Li-Po 3.7Volt. Uniknya di tabel spesifikasi tertulis baterai ini memiliki kapasitas 2000mAh. Padahal di kenyataannya, baterai yang anda dapatkan hanya berkapasitas kurang lebih 600mAh kalau dilihat pada ukuran cell nya. Baterai ini juga dibuat paten. Artinya anda tidak bisa menggunakan sembarang baterai 1S untuk drone ini. Sebagai alternatif, anda bisa membeli drone ini dengan ekstra baterai. Sebenarnya anda bisa juga mengganti cell baterainya dengan cell baterai lain, jadi masih menggunakan casing baterainya, namun perlu keahlian khusus untuk memodifikasinya. Nah, dengan satu baterai bawaan ini anda rata – rata bisa terbang hingga 7 menit. Waktu yang terbilang cukup untuk menerbangkan drone bermotor brushed. Karena sesudah itu pasti motornya sudah panas, sehingga baiknya di diamkan dulu supaya motornya dingin.


Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones


Remote control yang dimiliki oleh KFPLAN KF616 ini memiliki bentuk yang lumayan besar untuk drone kelas mainan. Remote ini masih menggunakan baterai ukuran AA jadi ada baiknya anda menggunakan baterai AA yang recharge sehingga ketika baterai remote sudah habis, anda hanya perlu recharge saja. Untuk peletakan tombolnya, di remote ini tergolong cukup banyak jadi perlu waktu untuk bisa menghafal tiap fungsi tombolnya. Dengan remote ini, dalam tabel spesifikasi tertulis anda bisa menerbangkan drone ini dalam radius 100 meter. Namun lagi, karena ini drone mainan, dianjurkan untuk tidak terbang terlalu jauh dan tinggi, karena drone ini sangat mudah terbawa angin karena tidak memiliki navigasi GPS. Di bagian depan dari remote ini juga bisa dipasang phone holder yang nantinya bisa anda gunakan untuk meletakan smartphone anda.


Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones


Untuk kameranya, memang KFPLAN KF616 ini memiliki dua buah kamera. Yakni kamera utama dan kamera bawah. Kamera utama ini terletak di bagian depan drone seperti drone kamera pada umumnya. Tilt angle nya juga bisa anda sesuaikan secara manual. Jadi tidak bisa dari remote. Maksud 6K pada iklan KFPLAN KF616 adalah ketika mengambil foto atau gambar, gambar tersebut akan di bentangkan ke ukuran 6K. Padahal sensor kamera pada drone ini masih tidak seberapa, mungkin masih 1.3 atau 2 MP saja. Sedangkan untuk FPV nya, KFPLAN KF616 masih menggunakan Wifi-FPV dengan frekuensi yang sama dengan remote nya yakni 2.4GHz, itu artinya ketika terbang sambil Wifi-FPV an, akan terjadi interferensi sinyal yang biasanya mengakibatkan jarak jangkauan terbangnya menjadi lebih pendek.


Selain itu, metode penyimpanan media gambar dan video ketika terbang juga akan disimpan ke smartphone anda melalui koneksi Wifi-FPV. Artinya anda ber resiko mendapatkan video yang tidak halus atau tidak asli, karena gangguan dari koneksi Wifi-FPV yang kadang terjadi lag yang disebabkan oleh frame dropping atau malah freezing.


Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones


Umumnya, ketika pembelian KFPLAN KF616 anda akan mendapatkan item berupa:

1 x KF616 RC Quadcopter

1 x Remote Controller

1 x 3.7V Battery

1 x USB Charging Cable

4 x Spare Blade

1 x Screwdriver

4 x Props Guard

1 x User Manual

1 x Storage Bag



sebagai drone kelas mainan, yang cocok untuk entertainment, atau belajar terbang, harusnya KFPLAN KF616 bisa menjadi salah satu pilihan, karena dia memiliki sensor anti tabrak, atau obstacle avoidance. Meski masih menggunakan sensor infrared yang mudah sekali juga mendapatkan gangguan. Setidaknya di drone ini anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih daripada drone kelas mainan yang lain.

Spesifikasi Drone KFPLAN KF616 Obstacle Avoidance - OmahDrones



Untuk rentang harga dari KFPLAN KF616, di online marketplace global, rata – rata KFPLAN KF616 dibandrol sebesar 36USD, atau kalau dirupiahkan pada saat artikel ini ditulis itu setara dengan 500ribuan. Dengan begitu, KFPLAN KF616 juga masih termasuk ke dalam kategori drone dibawah satu juta.