Spesifikasi Drone 4DRC F10 - GPS Basic 5G FPV

 

Bagi para pemula, sebenarnya drone yang masih benar benar manual lebih disarankan untuk belajar terbang, namun ketika hati ini ingin yang lebih wah, dan kantung uang memiliki isi yang lumayan tebal, maka drone basic yang sudah ada GPS nya bisa menjadi solusi. Sehingga kita bisa mendapatkan fitur keamanan lebih seperti tentunya Return to home yang biasanya bisa dipicu secara manual menggunakan tombol fungsi, atau secara otomatis ketika drone kehilangan koneksi dengan remote atau ketika baterai mulai menipis. Kalau ditanya ada berapa varian drone basic yang sudah ber GPS, jawabannya banyak sekali, mulai dari mini drone ber GPS pun ada. Namun yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini bisa dibilang drone basic tapi tidak mini.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Adalah 4DRC F10 juga memiliki nama pasar 4DRC F10 Vicky. Drone ini memiliki desain foldable yang dasarnya mirip dengan drone foldable pada umumnya. Semi copy paste dari DJI Mavic tentunya. Kalau di gambar – gambar iklan terlihat drone ini seperti menggunakan motor brushless, namun pada kenyataannya drone ini masih menggunakan motor brushed. Sehingga ketika dipakai, tentu musuh utamanya selain angin, adalah overheat pada bagian motor ini. 4DRC F10 menggunakan motor brushed ukuran 0823. tentunya juga menggunakan gearbox, sehingga ketika motor drone ini minta diganti, harusnya anda bisa menemukan spare motornya, paling mudah ya lewat marketplace online. Dan pastikan untuk menyerahkan ke tangan ahli.



Untuk fitur yang ditawarkan sih seakan meyakinkan, namanya juga marketing yah, bisa dilihat dibawah ini untuk fitur yang ditawarkan menurut 4DRC nya:

Features:

-With foldable arms, it is compact and easy to carry.

-GPS positioning mode can provide more accurate flight.

-With 5G / 2.4G wifi function, can be connected to APP, APK system to take pictures / videos, transfer images in real time through mobile phone camera

-5G wifi fpv distance can reach 300m.

2.4G WIFI 1080P / 2.4G WiFi 4K HD / 5G WiFi 1080P/5G WiFi 4K HD camera can provide a variety of high-definition images and videos.

-With altitude hold mode function, it can provide stable flight.

-The orbital motion will make the plane fly in circles, providing a cooler shooting angle.

-Waypoint flight mode, just draw a route on the screen and use the helicopter as a given path.

-flight time is up to 25 minutes.

-Headless mode, no need to adjust aircraft position before flight.

-One-click back function, you can easily find your way home.

-One-click takeoff / landing. One-button take-off or landing automatically, the drone will take off or return to the take-off position.

-With low power protection overcurrent protection.

-Anti-interference uses 2.4GHz technology.

-4 channels, you can fly up, down, forward, backward, left, right.

-Six-axis gyroscope for more stable flight and easier control.

-It has 3 flight speed switch levels to make flying more fun.

-The quadrotor fuselage is made of high-strength, high-strength engineering plastics, which is light and durable.



Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Sedangkan untuk spesifikasi lebih lengkapnya bisa anda simak dibawah ini:

Description:

Item NO.: F10

Frequency: 2.4G/5GOptional

Channel: 4CH

gyro: 6 axis

Motor: 8*23mm Brushed Coreless

Quadcopter Battery: 7.4V 1600mAh Lipo (Included)

Transmitter Battery: 3 x 1.5 AAA Battery (NOT Included)

Flying Time: 23-25 minutes

Charging Time: 120-150mins

Remote control distance: 300-500m

Color: AS Shown

Camera optional: 2.4G WIFI 1080P / 2.4G WiFi 4K HD / 5G WiFi 4K HD/5G WIFI 1080P

FOV: 120° Wide Angle

1080P pixels:

Picture: 1920 * 1080 (save on mobile phone)

Video: 1920 * 1080 (save on phone)

4K pixels:

Picture: 3840 * 2160

Video: 3840 * 1080

APK: (Supports IOS 6 or higher and Android 4.4 or high-end systems)

Quadrilateral size:

Product folding size (CM): 15 * 10 * 8 cm

Product development size (CM): 34 * 34 * 8 cm




meski drone ini terlihat besar, namun sebenarnya dia cukup ringan, mengingat dia masih drone kelas mainan dan menggunakan motor brushed yang kemampuannya tidak sebagus motor brushless. Drone ini pun masih menggunakan baterai 1S 3.7V dengan kapasitas 1600mAh yang juga tercetak di badan baterai paten ini. Dengan baterai ini, rata – rata anda bisa menerbangkan 4DRC F10 hingga 10 menit. Baterai ini juga sudah memiliki charger controller sehingga untuk melakukan recharge, anda bisa menggunakan kepala charger dengan arus 2ampere sesuai rekomendasi yang tertera di badan baterai ini. Ketika pembelian, biasanya anda bisa memilih paket dengan 1, 2 atau 3 baterai sekaligus karena biasanya lebih murah kalau dibanding membeli baterai cadangan secara terpisah.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Untuk unit remote controlnya, 4DRC F10 memiliki desain remote control yang mirip joystick gaming. Dengan beberapa tombol fungsi terletak di bagian atas, dan juga ada lampu indikator untuk fungsi tertentu yang bisa memudahkan kita untuk mengetahui kondisi drone secara realtime. Remote ini juga masih kualitas basic, dalam tabel spesifikasi tertulis jarak jangkauan remote ini pun maksimalnya hanya radius 500 meter. Namun untuk kelas mainan, sebenarnya jarak yang jauh bukan poin penting mengingat harga yang dibandrol harus cukup murah sehingga mudah dijangkau baik untuk pemula yang ingin coba – coba juga.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Di bagian kamera, mungkin ada yang menarik perhatian yakni 4K video bla bla bla. Untuk drone kelas mainan seperti ini jangan harap untuk bisa mendapatkan hasil gambar yang jernih di ukuran 4K. Terlebih untuk drone 4DRC F10 ini yang aslinya dia hanya memiliki sensor gambar yang optimalnya mengambil gambar di resolusi 720p dengan kualitas gambar yang pas pas an. Kamera ini pun masih manual tilt angle nya jadi tidak bisa di naik turunkan dengan remote. Selain itu, tidak ada DVR nya juga, sehingga hasil gambar dan video yang anda ambil akan langsung di kirim melalui koneksi Wifi-FPV. Dan yang lebih parah lagi, kalau anda mau mengambil gambar 4K, smartphone anda harus masuk spesifikasi yang tinggi. Padahal ngga penting juga, toh gambar hasilnya juga masih burik. Selain itu karena disimpan langsung menggunakan koneksi wifi, anda juga akan terancam mendapatkan video yang tidak lancar karena adanya frame dropping atau bahkan freezing ketika koneksi FPV tidak stabil.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Drone ini juga punya 2 versi, versi GPS dan Optical Flow. Untuk seri GPS, Wifi FPV nya menggunakan koneksi Wifi 5G atau 802.11ac, jadi sebelum beli yang versi GPS, pastikan smartphone anda support Wifi 5G karena kalau belum support Wifi 5G percuma, karena anda tidak bisa menikmati Wifi-FPV nya, solusinya ya beli yang versi optical flow saja harganya juga malah lebih murah daripada yang versi GPS.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Untuk tiap pembeliannya, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:

Package Included:

1 x F10 Quadcopter

1 x Remote control

1 x 3.7V 1600mAh lithium battery (you can choose the number of batteries when ordering)

1 x USB charging cable

1 x Screwdriver

1 x User manual

2 x Spare blades




Untuk sebuah drone mainan yang diberi GPS. Kalau dari segi harga bisa bersaing, 4DRC F10 bisa menjadi salah satu wishlist untuk hadiah, atau diri sendiri juga. Namun yang jelas, jangan berharap mendapatkan fitur yang benar - benar memukau karena drone ini sekali lagi masih kelas mainan. Kameranya pun kalau admin bilang ya mengecewakan.


Spesifikasi Drone 4DRC F10 - OmahDrones


Untuk harganya sih, paling mahal admin lihat ada yang menjualnya di rentang harga 96USD atau setara dengan 1.4 jutaan kalau menurut kurs pada saat artikel ini admin buat. Jadi apakah masih mau mempertimbangkan untuk membawa pulang 4DRC F10 Vicky ini?