Spesifikasi Drone JXD 515W

Bagi anak – anak, sebuah mainan yang bisa terbang dan dikendalikan adalah sebuah mainan yang sangat keren. Ditambah dengan teknologi sekarang yang sudah membuat RC QuadCopter bukan menjadi barang yang langka lagi. Bagi beberapa orang tua yang tau teknologi, juga ada yang memilih drone untuk hadiah ke anaknya. Tentu drone yang diberikan adalah drone yang ukurannya kecil, dan masih termasuk dalam kelas toys. Mengapa tiba – tiba kita membicarakan hubungan antara drone dan anak – anak? Karena kali ini kita akan membahas satu drone buatan JXD yang memiliki bentuk sangat menarik untuk anak – anak. Walau pada dasarnya drone ini tidak hanya ditujukan untuk anak – anak saja, karena drone ini sudah memiliki beberapa fitur tambahan yang akan kita bahas kali ini juga tentunya.



Spesifikasi Drone JXD 515W - OmahDrones

Dengan nama pasar JXD 515W hadir dengan body yang sangat menarik khususnya dimata anak – anak karena JXD 515W memiliki bentuk layaknya pesawat luar angkasa yang ada di film – film. Namun disisi kelebihan desain ini walaupun ia tidak dilengkapi dengan kaki eksternal, karena secara ukuran kakinya sudah menyatu sekaligus sebagai tempat motor yang dilengkapi dengan bantalan karet juga. Tapi yang membuatnya tambah keren adalah pada bagian propeller tiap sisinya sudah tercover oleh blade protector yang melindungi dari tiap sisi sehingga sangat aman apabila digunakan untuk pemula dan terbang indoor sekalipun. JXD 515W pun sudah menggunakan propeller 3 blade, sehingga daya angkatnya juga lebih kuat, ya kalau secara keseluruhan dia juga mirip dengan TinyWhoop namun lebih besar.



Sedangkan untuk fitur bawaannya, JXD 515W sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, seperti headless mode, dan juga flip. Selain itu untuk melakukan take-off dan landing juga lebih mudah, karena JXD 515W sudah dilengkapi dengan fitur Auto Take-off dan landing. Tak Cuma itu, JXD 515W juga sudah memiliki kemampuan Altitude Hold, yakni kemampuan dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang. Walau masih belum menggunakan barometer, sehingga altitude holdnya hanya mempertahankan putaran motor agar tetap sama sehingga drone bisa seolah mempertahankan ketinggiannya. Lalu untuk mode terbangnya ada 3, untuk pemula bisa memakai mode beginner, yang sudah lancar bisa pakai intermediate, dan yang expert bisa pakai mode expert tentu saja.



Untuk spesifikasi ringkasnya, anda bisa simak berikut ini
Item name: JXD 515W Mini Quadcopter
Color: Black green,Black blue
Quadcopter Size: 13.8*13.8*5 CM
Box Size: 33*19.5*8.5 CM
Gyro: 6-axis
Frequency: 2.4G
Channel:4CH
Battery:7.4V 350mAh(included)
Camera Pixels :0.3 MP
Flight time: 6 minutes
Charging time: 90 minutes
Flying distance: 50 meters above



JXD 515W memiliki baterai yang bisa dibilang diatas rata – rata, dalam urusan tegangannya. Pasalnya umumnya mini drone menggunakan baterai bertegangan 3.7 Volt, namun JXD 515W justru dibekali dengan baterai bertegangan 7.4 Volt dan berkapasitas 350mAh. dengan baterai ini lama terbangnya juga tidak berbeda dengan kebanyakan mini drone, yakni sekitar 5 menit saja. Dan karena dia memiliki tegangan diatas 3.7 volt itu berarti anda tidak bisa melakukan charging melalui USB Port pada PC atau laptop, kalaupun menggunakan kabel USB, anda lebih baik menggunakan USB Charger dengan arus lebih dari 500mAh atau menggunakan charger khusus baterai li-po yang memiliki fitur smart charge walau buat apa harus beli Li-Po Charger yang mahal hanya untuk baterai berkapasitas 350mAh, wkwk. Untuk lama pengisian ulangnya biasanya sekitar 60 – 90 menit.


Spesifikasi Drone JXD 515W - OmahDrones

Di bagian transmitter unit, JXD 515W memiliki transmitter yang bentuknya menyerupai controller untuk PlayStation. Sehingga mungkin kenyamanannya bisa seperti ketika kita menggunakan controller PlayStation ketika menerbangkan JXD 515W. dengan transmitter ini, anda bisa mengendalikan drone hingga jarak sekitar 50 meter. Dalam transmitter yang bisa dibilang cukup simple ini, juga tidak terlalu banyak tombol di panel interface, sehingga untuk pemula pun tidak akan kebingungan, karena hanya ada sedikit tombol dan mudah dihafal fungsinya pula. Ditambah di atas remote bisa anda tambah smartphone holder bawaan dari JXD untuk meletakkan smartphone anda nantinya untuk menjadi monitor FPV.


Spesifikasi Drone JXD 515W - OmahDrones

Nah di bagian kamera, seperti yang sudah admin singgung barusan, JXD 515W sudah memiliki kamera yang memiliki Wifi, sehingga anda bisa menghubungkannya ke smartphone anda tentu melalui koneksi Wifi, sehingga anda bisa menikmati fitur Wifi FPV. Kamera ini memiliki sensor 0.3MP walau hanya sebesar itu, gambar yang dihasilkan terbilang cukup bagus untuk ukurannya. Anda bisa langsung melihat apa yang dilihat drone melalui aplikasi bernama UFO yang merupakan aplikasi dari JXD untuk JXD 515W. selain itu anda juga bisa menerbangkan JXD 515W langsung menggunakan smartphone anda melalui aplikasi ini, sehingga ketika pergi membawa JXD 515W namun lupa bawa remote, anda bisa tetap terbang menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV sekaligus transmitter.

Yang menjadi nilai plus lagi adalah Wifi FPV dari kamera bawaan JXD 515W terbilang cukup lancar dan tidak putus – putus walau sudah terbang di lapangan dengan jarak sekitar 20 meter. Tentu beda lokasi dan kondisi beda juga hasilnya.


Spesifikasi Drone JXD 515W - OmahDrones

Nah, umumnya ketika pembelian anda akan mendapatkan:
1x Quadcopter
1x Transmitters
1x USB charging cable
1x manual
4x propeller
4x Protective ring



Mungkin anda bertanya mengapa dalam pembelian disertakan USB Charging Cable, padahal admin tadi berkata bahwa drone ini memiliki baterai yang tidak bisa di charge menggunakan USB Port. Mungkin memang secara teknis listrik tidak masuk apabila menggunakan USB Port pada komputer atau laptop, namun ada kemungkinan bisa masuk apabila anda charge menggunakan USB Charger dengan arus lebih dari 500mAh.


Spesifikasi Drone JXD 515W - OmahDrones


Lalu untuk harganya, JXD 515W ini dijual dengan harga pasaran sebesar 42 USD, itu setara dengan kira – kira Rp 560.000 ,- ,. Itu harga internasional dengan pembelian online. Harga tentu bisa berubah ketika anda beli di seller Indonesia. harganya memang masih termasuk drone dibawah satu juta, lantas Apakah anda tertarik untuk memiliki drone yang sudah bisa melakukan FPV dan malah sekilas jadi mirip kakaknya TinyWhoop ini?