Spesifikasi Drone Eachine E10W - Micro Wifi FPV

Drone yang sudah bisa untuk FPV menggunakan Wifi memang sudah sangat banyak, tapi kebanyakan memiliki ukuran yang lumayan besar untuk bisa dibawa kemana – mana. Tiap drone memiliki karakternya sendiri – sendiri untuk menyesuaikan dengan pilot yang meminangnya. Kalau pilot menginginkan drone yang besar untuk FPV pasti dia memiliki alasannya sendiri, tak terkecuali untuk anda yang menginginkan drone yang sudah bisa FPV dan bisa dibawa kemana – mana karena ukurannya yang kecil, ataupun portable. Sebenarnya dulu omahdrones juga sudah pernah membahas drone seperti itu misalnya saja Cheerson CX-10W atau juga JJRC Elfie yang sudah bisa langsung dikendalikan dengan smartphone anda dengan koneksi wifi, lalu CX-10WD yang merupakan upgrade dari CX-10W dengan tambahan transmitter dan kotak untuk menyimpan drone.




Spesifikasi Drone Eachine E10W - OmahDrones

Tapi kali ini kita tidak akan membahas mereka lagi, karena sekarang kita akan membahas drone yang memiliki kemampuan serupa dari Eachine. Kita akan ulas hari ini mengenai drone dari Eachine ini yang sudah bisa FPV menggunakan Wifi langsung dengan smartphone anda. Nah, drone ini memiliki nama Eachine E10W drone ini sebenarnya juga memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis dengan drone Cheerson CX-10 Series. Dengan ukuran yang micro, hanya 5 x 5 cm saja, dengan blade yang memiliki panjang 3 cm. membuat Eachine E10W menjadi micro drone FPV yang mungkin akan menjadi saingan dari Cheerson CX-10WD.



Untuk spesifikasinya bisa dilihat dibawah ini:
Brand Name: Eachine
Item NO.: E10W
Frequency: 2.4G   
Channel: 4 Ch
Gyro: 6 axis
Diameter of Blade: 30mm
Quadcopter size: 50*50*22mm
Quadcopter weight: 15g
Control Distance:  About 15-30m
Flight Time: About 4mins
Charger Time:  About 60mins
Battery: 3.7V 150mAh(included)
Camera: 720 x 576 pixel
Material: ABS
Color: Blue



Eachine E10W karena memiliki rancangan body yang juga sama dengan drone Cheerson CX-10 series, maka ia juga memiliki baterai bawaan yang sama pula, baik dari segi bentuk dan juga kapasitas. Kapasitasnya sendiri sebesar 150mAh dan dengan tegangan sebesar 3.7Volt. dengan baterai yang ukurannya sebesar itu, flight timenya pun juga sama, yakni sekitar 5 menit saja. Dan saran dari kami, ketika baterainya sudah lemah dan biasanya drone sudah tidak bisa terbang tinggi. Jangan langsung di charge ya, tapi ditunggu dulu sekitar 15 menit supaya dronenya dingin dan baterainya dalam kondisi normal lagi, baru bisa anda charge kira – kira selama 1 jam. Itu karena dronenya memiliki baterai yang tidak bisa di lepas pasang, jadi sebisa mungkin rawat baterainya dengan baik, karena untuk menggantinya harus menggunakan solder juga.


Spesifikasi Drone Eachine E10W - OmahDrones

Lalu di bagian unit kendali atau transmitter. Apabila di Cheerson CX-10W hanya bisa menggunakan smartphone saja, dan untuk Cheerson CX-10WD sudah mendapatkan unit transmitter. Nah, Eachine E10W juga sudah dilengkapi dengan transmitter bawaan yang memiliki desain layaknya transmitter mini drone pada umumnya, hanya saja pada Eachine E10W memiliki tombol di bagian depan seperti tombol LR pada stick playstation, dan juga ditambah holder untuk smartphone anda nantinya sehingga anda bisa menjalankan FPV dengan aplikasi yang bisa anda download untuk smartphone anda. Nah, untuk jarak terbangnya pun juga sama seperti CX-10 Series, yakni maksimal di 30 meter saja.


Spesifikasi Drone Eachine E10W - OmahDrones

Eachine E10W memiliki kamera yang sensornya sebenarnya juga masih 0.3MP, namun dengan lensa tersebut, anda sudah bisa mendapatkan video dengan resolusi 720p, dan kamera ini juga sudah dengan Wifi Transmitter. Itu ditandai dengan adanya antenna yang keluar dari badan drone, antenna ini berfungsi untuk memperkuat sinyal sehingga sebisa mungkin dan semaksimal mungkin koneksi antara drone dengan smartphone tidak terputus untuk mendapatkan hasil Wifi FPV yang maksimal. Untuk jarak FPV nya juga tidak tentu, karena itu merujuk juga pada kemampuan Wifi pada smartphone anda.



Untuk aplikasi FPV nya, anda bisa menggunakan aplikasi yang disarankan oleh Eachine dengan cara scan QR Code pada dusbox atau manual booknya, atau bisa juga menggunakan aplikasi Wifi FPV yang paling popular di google play seperti Wifi Ufo misalnya. Karena sekarang juga banyak sekali aplikasi FPV non official di Google play yang menawarkan beberapa fitur, bisa anda coba juga untuk drone anda.


Spesifikasi Drone Eachine E10W - OmahDrones

Untuk kelengkapan di tiap pembeliannya umumnya anda akan mendapatkan:
1 x E10W RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x USB charging cable
4 x spare blades
1 x User Manual



Yaa, untuk kelengkapannya juga standar, tapi dengan ukurannya yang sama dengan drone Cheerson CX-10 Series, maka anda bisa menggunakan aksesori dari CX-10 Series untuk Eachine E10W, misalkan propeller atau protectornya, bahkan motor, baterai dan juga casingnya. Dan kesimpulan dari drone ini, mungkin drone ini lebih disarankan untuk anda yang masih pemula juga, karena Eachine E10W memilki gaya terbang yang sama pula dengan CX-10 series, walau memiliki 3 mode yaitu beginner, medium dan expert. Sehingga Eachine E10W bisa dibilang cocok untuk anda yang sedang belajar menerbangkan drone sembari menikmati fitur FPV dari smartphone anda.

Spesifikasi Drone Eachine E10W - OmahDrones



Untuk bisa mendapatkan drone ini, anda setidaknya harus membelinya dengan harga di pasaran internasional seharga 28 USD, atau apabila di rupiahkan setara dengan Rp. 373.000,- , harganya mungkin bisa berbeda pula ketika masuk pasar Indonesia. Namun tetap saja Eachine E10W masih termasuk juga kedalam kategori drone dibawah satu juta.