Spesifikasi Drone Syma X5UW - FPV Ready

Syma bisa dibilang sudah sangat dikenal di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Produknya mulai dari drone yang ukurannya kecil, hingga besar yang bisa mengangkat Action Cam, khususnya produk Quad-Copternya, yang sekarang bisa dibilang diakui di banyak Negara atas keberadaannya. Meski begitu, syma tidak berhenti berinovasi mengeluarkan drone – drone baru yang menawarkan beberapa fitur baru, seperti drone buatan syma yang akan menjadi topik bahasan kita hari ini yang memiliki beberapa kejutan didalamnya. Lantas apa sajakah pembaruan dan kelebihan dari drone buatan syma yang satu ini? Kita akan coba bahas tentunya berdasarkan spesifikasi yang ada.


Spesifikasi Drone Syma X5UW - OmahDrones


Drone ini memiliki nama Syma X5UW. Yap, drone ini adalah versi lanjutan dari Drone Syma X5 Series. Apabila dilihat dari bentuknya saja, Syma X5UW ini memiliki body yang 100% baru dan berbeda dari versi sebelumnya. Desain badan Syma X5UW yang memberikan bentuk bulat di bagian tengah ini diharapkan menjadi daya Tarik tersendiri untuk Syma X5UW. Untuk ukuran atau dimensinya masih sama yakni berukuran sekitar 32 x 32 cm. dia juga masih menggunakan motor dan propeller yang ukurannya sama. Namun dengan badan yang lebih mengkilap dan elegan ini, Syma X5UW jadi memiliki karakter tersendiri daripada versi sebelumnya mulai dari X5c hingga x5hw. Drone yang masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter ini juga memiliki kaki yang berbeda dari versi sebelumnya, karena disini dia memiliki 4 buah kaki yang bisa menopang tubuhnya dan juga melindungi unit kamera dari lantai.



Selain itu, anda juga bisa memasang blade protector di tiap sisi lengan Drone Syma X5UW untuk melindungi bagian propeller apabila anda takut menabrak sesuatu seperti dinding atau pohon, setidaknya dengan menambahkan protector ini, ketika terjadi tabrakan, baling – baling tidak akan langsung mengenai permukaan keras, karena apabila itu terjadi bukan hanya propeller yang bisa rusak, namun juga bisa berakibat pada gearbox bahkan motor.



Beberapa fungsi pasti dari drone ini antara lain:
Cool design with a 1MP camera, this quadcopter can be taken everywhere you want. You can record photos and videos during every happy moment
With attractive height hold function, the quadcopter can hover at a fixed height. It is a great function for aerial photography
You can control the quadcopter by your phone via the customized APP
6 axis gyro fly system provides a more sensitive gyro's regulating, more stable and flexible flight
With functions of one key automatic taking off and landing, you can control your airplane to start and end a trip conveniently and safely
With attractive headless mode: the direction of the drone depends on the user rather than the drone itself
One key automatic return function makes it easier for beginners to control
2.4G frequency: the quadcopter features 2.4G technology allowing you to fly more than one sky drone at a time



Syma X5UW ini masih menggunakan baterai jenis Li-Po sebagai sumber tenaga utamanya. Dan untuk baterai bawaannya dia dibekali baterai dengan kapasitas sebesar 500 mAh. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Syma X5UW ini kira – kira selama 5 – 7 menitan. Baterainya memiliki tegangan sebesar 3.7 Volt, sehingga anda bisa melakukan recharge menggunakan USB charger atau USB port pada Komputer atau Laptop. Tapi ingat, ketika habis terbang dan baterai mau habis, jangan langsung di charge dulu, diamkan selama kira – kira 15 menit, sesudah itu barulah recharge baterai, ini bisa memperpanjang umur baterai karena perawatan baterai juga harus diperhatikan.

Spesifikasi Drone Syma X5UW - OmahDrones


Sedangkan di bagian unit pengendali atau remotenya, Syma X5UW ini memiliki fitur yang anti mainstream. Karena anda bisa mengendalikannya menggunakan 2 pilihan controller. Pilihan pertama, anda bisa mengendalikan Syma X5UW menggunakan smartphone anda melalui koneksi Wifi. Ini cocok ketika anda menerbangkan Syma X5UW didalam ruangan sehingga tidak butuh jangkauan yang jauh. Sedangkan pilihan kedua, anda bisa menggunakan remote bawaan Syma yang memiliki desain baru untuk Syma X5UW. Dengan remote bawaan ini anda juga masih bisa ber FPV menggunakan smartphone anda. dan untuk jangkauan remote Syma X5UW ini, anda bisa menerbangkan hingga dalam radius kira – kira maksimal 80 meter.

Spesifikasi Drone Syma X5UW - OmahDrones


Syma X5UW juga memiliki kamera bawaan yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen ketika terbang diudara. Syma X5UW dibekali dengan kamera yang memiliki resolusi 1MP. Resolusi yang sudah lebih baik daripada kebanyakan drone jenis yang hanya memiliki kamera 0.3MP. anda bisa mengabadikan momen baik dalam bentuk foto ataupun video. Dan anda pun bisa ber FPV menggunakan smartphone anda sebagai monitor, sehingga anda bisa melihat apa yang ditangkap oleh kamera drone secara langsung realtime. Untuk jarak FPV nya sekitar 30 – 40 meter, jadi jangan melebihi batas itu kalau tidak mau mengalami lost camera view ketika FPV.



Untuk spesifikasi detailnya, anda bisa membaca dibawah ini:
Brand: Syma
Type: Racing Quadcopter
Model: X5UW
Features: Barometer Set Height,WiFi FPV
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 3D rollover,Automatic Return,Camera,Emergency Landing,Forward/backward,FPV,Headless Mode,One Key Automatic Return,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Night Flight: Yes
Material: Electronic Components,Plastic
Camera Pixels: 1MP
Battery: 3.7V 500mAh
Flying Time: 7mins
Charging Time (h): 60mins
Remote Control: WiFi Remote Control
Channel: 4-Channels
Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Detailed Control Distance: 80
FPV Distance: 30 - 40m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: Built-in rechargeable battery


Spesifikasi Drone Syma X5UW - OmahDrones


Lalu untuk setiap pembelian dari Drone Syma X5UW ini, anda umumnya akan mendapatkan:
1 x Quadcopter
1 x USB Cable
2 x CW Propeller
2 x CCW Propeller
1 x Phone Holder
1 x Screwdriver
1 x Transmitter
1 x Card Reader
1 x Camera ( with 4G TF Card )
1 x ( English + Chinese ) User Manual



Baik dikendalikan melalui smartphone atau melalui remote bawaan. Keduanya memang sesuai selera anda. bahkan dengan desain remote yang baru, dan terlihat sangat simpel anda jadi lebih mudah untuk memahami tombol – tombol yang ada. Sehingga mungkin anda yang masih pemula pun bisa belajar menggunakan drone Syma X5UW ini. Terlebih ketika didalam ruangan anda bisa menerbangkannya langsung menggunakan Wifi di smartphone anda.

Spesifikasi Drone Syma X5UW - OmahDrones



Drone Syma X5UW adalah bukti bahwa syma masih konsisten mengembangkan drone ala mereka sendiri. Dengan mengubah bentuk dasar dan menambah fiturnya, maka jadilah satu drone baru yang mungkin bisa menarik perhatian banyak orang. Dan apabila anda memang berminat untuk membeli drone ini, harga pasarannya berada dalam kisaran $ . atau apabila dikonversi ke rupiah akan setara dengan Rp. ,- harga ini masih kisaran saja, harga di toko – toko tentu bisa diatas atau malah dibawah harga tersebut.