Spesifikasi GoPro Karma Drone

Melihat popularitas drone saat ini, memang membuat banyak produsen terkenal juga berusaha “memanfaatkan” keadaan. Seperti pada beberapa waktu lalu Xiaomi yang di Indonesia terkenal dengan produk smartphonennya ternyata juga dengan bangga mengeluarkan produk Drone yang memiliki kemampuan fantastis. Dan ternyata tak Cuma Xiaomi saja, GoPro sebagai satu brand yang terkenal akan Action cam nya selama ini, akhirnya juga ikut meramaikan dengan mengeluarkan sebuah drone yang memiliki banyak fitur canggih didalamnya. Sebenarnya rumor mengenai GoPro akan mengeluarkan unit baru berupa drone juga sudah menyebar di seluruh dunia, namun sejak tanggal 23 oktober 2016, GoPro secara resmi melrilis sekaligus menjual drone buatan mereka yang merupakan drone pertama buatan GoPro asli, dan dikesempatan kali ini kita akan coba ulas bagaimana kemampuan drone buatan GoPro dari spesifikasi yang berhasil kami dapatkan dari situs resminya.

Review GoPro Karma Drone


GoPro sendiri menamai drone pertama mereka ini dengan nama GoPro Karma. Drone ini memiliki bentuk yang sebenarnya cukup simpel. Dia memiliki kaki yang unuk dan empat buah lengan yang juga membuatnya termasuk kedalam jenis Quad-Copter. Lengan – lengan pada GoPro Karma juga bisa di ubah sesuai kebutuhan, walau hanya memiliki satu sendi yang bisa membuat lengannya di gerakkan maju dan mundur namun sendi pada tiap lengan GoPro Karma ini terbukti membuat GoPro Karma jadi memiliki sifat yang portable atau mudah dibawa. Bila dilihat pada gambar, terlihat juga bahwa GoPro Karma juga memiliki desain yang mewah walau simpel, hal itu juga patut dijadikan salah satu aspek kelebihan yang membuat suatu cirikhas di GoPro Karma yang tidak dimiliki oleh drone lainnya.


Folded GoPro Karma


Untuk fiturnya, dari situs resminya GoPro Karma tercatat memiliki beberapa fitur yang sangat menggiurkan seperti

-          Ultra Compact
Disini maksudnya adalah GoPro Karma ini memiliki ukuran yang pas, tak Cuma unit drone nya saja, karena tiap pembelian anda akan mendapatkan tas dimana semua equipment bisa ditaruh semua dalam tas. Belum lagi GoPro Karma ini kabarnya memiliki bobot yang ringan sehingga dibawa kemanapun tetap mudah saja.

-          Easy to Fly
GoPro Karma juga dikatakan mudah untuk diterbangkan bahkan untuk anda yang sama sekali belum pernah menerbangkan drone. Karena GoPro Karma juga memiliki peforma yang bagus, sehingga pilot pemula pun bisa percaya diri ketika menerbangkan GoPro Karma.

-          Take your friends for a ride
Fitur ini yang mungkin jadi cirikhas dari GoPro Karma juga. Fitur ini memungkinkan orang lain juga mendapatkan tampilan FPV dari GoPro Karma drone. Dan teman yang sedang menyaksikan FPV ini juga bisa sekaligus mengendalikan unit kamera di GoPro Karma, untuk bisa memakai fitur ini, teman anda harus memiliki aplikasi The GoPro Passenger™ terlebih dahulu.



Sebagai sumber tenaga untuk unit drone. GoPro Karma memiliki baterai yang kapasitasnya sebesar 5100 mAh dengan tegangan sebesar 14.8 Volt. Baterai ini sanggup membuat GoPro Karma terbang hingga selama 20 menit. Dengan baterai jenis Li-Po ini, tentu dalam waktu selama itu anda sudah bisa mengabadikan momen sekaligus merekamnya baik untuk keperluan pekerjaan, keperluan dokumentasi atau yang lainnya. Daya terbang GoPro Karma juga sudah bagus, bukan karena desainnya yang ramping saja namun juga berkat motor yang digunakan oleh GoPro Karma sudah merupakan brushless motor yang memiliki efisiensi lebih tinggi daripada motor jenis brushed. Ketika baterai mulai habis, sebisa mungkin jangan langsung charge baterai ketika baru mendarat. Tunggu sekitar 15 menit agar baterai jadi normal dulu, baru di charge menggunakan charger bawaan GoPro selama kira – kira 1 jam.


GoPro Karma Transmitter


Lanjut ke bagian transmitter atau controller. GoPro Karma ini memiliki remote yang cukup simpel, mengapa? Dari desainnya saja sudah sangat antimainstream. Bentuknya layaknya anda akan membuka kotak makan namun yang muncul adalah controller lengkap dari GoPro Karma. Controller ini memang sangat simpel, namun juga complex. Dalam remote ini hanya ada beberapa tombol penting saja, sehingga factor easy to fly tadi bisa diterapkan. Dan di remote ini pula juga sudah tersedia layar untuk menampilkan FPV dari GoPro Karma. Dengan adanya layar ini tentu anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone anda untuk menjadi monitor utama GoPro Karma. Malah sekarang dengan adanya fitur ketiga tadi, smartphone anda bisa anda jadikan monitor untuk GoPro Passenger APP.

GoPro Karma Gimbal + GoPro Camera


Apa artinya GoPro Karma drone tanpa kamera? Yap. Sudah harus ada kamera di GoPro Karma. Karena tujuan GoPro membuat drone juga untuk mengambil kamera dari angle yang tidak bisa diambil dengan tangan biasa. Tapi, ketika anda membeli sebuah GoPro Karma, sayangnya anda tidak akan mendapat kamera bawaan dari GoPro. Itu berarti anda harus membeli kamera GoPro secara terpisah. Dan apabila anda memang ingin membeli kameranya, GoPro Camera yang support untuk GoPro Karma adalah GoPro Hero 4 (Black, Silver) ,. GoPro Hero 5 (Black, Session) ,.  Jadi pastikan jangan salah beli kamera GoPro untuk bisa dipasang dan support untuk GoPro Karma.



Dan di GoPro Karma ini, anda bisa memasang kamera dan hukumnya wajib menggunakan gimbal dari GoPro. Dan kali ini santai saja, karena tiap pembelian anda sudah mendapatkan unit gimbalnya. Gimbal dari GoPro ini bukan hanya bisa dipasang di GoPro Karma drone saja, namun juga bisa anda pasang di Karma Grip, sehingga anda bisa menggunakan GoPro seperti DJI Osmo.



Untuk spesifikasi lebih mendetail, sayangnya GoPro hanya memberikan informasi spesifikasi seperti yang bisa anda lihat dibawah ini:




Karma Drone
Maximum Speed 35 mph (15 m/s)
Maximum Distance Up to 9,840ft (3,000m)
Maximum Flight Altitude 14,500ft (4,500m)
Maximum Wind Resistance 22mph (10m/s)
Operating Frequency 2.4GHz
Dimensions (Opened/No Propellers) Length: 12in (303mm)
Width: 16.2in (411mm)
Height: 4.6in (117mm)
Dimensions (Folded/Transport) Length: 14.4in (365.2mm)
Width: 8.8in (224.3mm)
Height: 3.5in (89.9mm)
Propeller Length 10in (25.4cm)
Weight 35.5oz (1006g)



Karma Controller
Screen Size 5in (12.7cm)
Screen Resolution 720p
Screen Brightness 900 nits
Battery Life 4 hours
Operating Frequency 2.4GHz
Weight 22oz (625g)




Karma Battery
Dimensions Length: 8in (201.3mm)
Width: 3.6in (91.62mm)
Height: 1.75in (42.7mm)
Weight 19.3oz (545g)
Flight Time Up to 20 minutes
Rating 14.8V 5100mAH (75.4Wh)
Battery Type Li-Po



Karma Stabilizer
Range of motion -90° to 0° (down/up)
Camera Compatibility HERO5 Black, HERO5 Session, HERO4 Black/Silver
Weight 8oz (230g)
Number of Axes 3



Karma Grip Handle
Dimensions Length: 8in (205mm)
Width: 1.7in (43mm)
Height: 1.7in (43mm)
Battery Life 1.75 hours
Weight 8.62oz (244.6g)



GoPro Karma Kit


Penasaran anda akan mendapatkan apa saja ketika membeli GoPro Karma? Berikut adalah item yang akan anda dapatkan bila membeli GoPro Karma official.

- Karma Drone
- Karma Controller
- Karma Stabilizer (Gimbal)
- Karma Grip
- Karma Harness
- Karma Battery for drone
- Karma Charger
- Karma Propeller (6x)
- Karma Mounting Ring
- Karma Case



Karena tiap pembelian sudah mendapatkan banyak item bahkan termasuk Tas atau Case yang sudah bisa digunakan untuk menyimpan semua equipment GoPro Karma. Maka anda tidak perlu cari – cari tas lagi yang cocok digunakan untuk menyimpan dan aman digunakan untuk membawa GoPro Karma kemanapun anda pergi. Dan mungkin kesimpulan untuk GoPro Karma ini bisa menjadi drone pertama bagi para pecinta GoPro Action cam yang belum memiliki unit drone. Karena bisa dilihat, ketika sudah membeli GoPro Karma saja anda sudah mendapatkan segalanya kecuali unit GoPro Camera yang cocok untuk GoPro Karma nya.

Spesifikasi GoPro Karma Drone - OmahDrones
GoPro Karma + Remote

Dengan semua kelengkapan, beserta fitur yang ditawarkan selalu ada harga dibalik itu semua pastinya. Dan apabila anda tertarik untuk memiliki drone GoPro Karma ini, harga yang tercantum di situs reminya apabila dikonversikan kedalam rupiah maka harga GoPro Karma drone ini sekitar 10 – 11 juta rupiah. Tentu harga itu bisa berubah sewaktu – waktu terlebih bila kurs dolar berubah lagi. Nah, kira – kira seperti itulah ulasan kita hari ini mengenai kemampuan dan fitur GoPro Karma drone berdasarkan spesifikasinya.