Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K GPS Brushless

Untuk sobat omahdrones yang sudah mengikuti perkembangan drone sejak lama, brand MJX pastinya sudah sering didengar. Memiliki banyak sekali varian drone, mulai dari yang mini hingga semi professional, mulai yang harganya ramah di kantong hingga jutaan rupiah. Untuk urusan brand dan kualitas, bisa dibilang MJX memiliki kualitas yang bagus sehingga brand ini pun dipercaya oleh konsumennya. MJX juga mengikuti perkembangan drone, semisal waktu trend drone yang bisa mengangkat action cam, mereka punya MJX X101, ketika ada drone foldable, mereka mengeluarkan drone MJX Bugs7, dan hingga saatnya banyak drone kelas semi professional yang menawarkan kamera 4K, MJX pun juga ikut serta mengeluarkan drone yang sedang ngetrend ini.


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Namanya adalah MJX MG-1. Drone ini memiliki desain foldable yang cukup “compact” dengan desain yang tetap mirip keluarga Mavic, dengan motor brushless 1503 2900KV membuat sobat omahdrones tidak perlu khawatir akan “overheat” pada motor seperti drone kelas mainan yang masih menggunakan motor brushed. Tak cuma itu, MJX MG-1 juga dilengkapi dengan GPS/GLONASS yang akan menangani navigasi arah serta posisi. Sehingga ketika ada angin yang berhembus, dimana kalau anda menerbangkan drone tanpa GPS maka drone akan “Drifting” atau kegeser angin, kalau di MJX MG-1 ini anda tidak perlu khawatir, karena dia akan berusaha tetap mempertahankan posisi sesuai data pada GPS.


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Selain itu, ada beberapa fitur yang masih dipertahankan seperti Headless mode, dan bahkan terdapat switch khusus untuk GPS on atau off. Jadi misalkan terjadi error seperti kompas yang belum terkalibrasi secara optimal, dan mengakibatkan drone berputar seperti pusaran angin, pada waktu itu anda bisa mematikan GPS melalui switch yang ada di sebelah kanan remote. Lalu segera daratkan drone dan lakukan kalibrasi ulang pada kompas. Anehnya, kualitas modul kompas atau GPS nya yang tidak begitu bagus sehingga beberapa pilot mengalami kalibrasi kompas yang tidak “sekali jadi”, jadi harus test tiap sesudah kalibrasi, apakah drone bisa hovering stabil atau terdapat toilet bowl effect kalau kata salah satu youtuber drone.


Spesifikasi lengkap dari MJX MG-1 bisa dilihat dibawah ini:

Specification

MJX MG-1 Brand: MJX
Item Name: MG-1
Wheelbase: 265mm
Quadcopter Expand Size: 355*307*70mm
Quadcopter Folded Size: 160*86*70mm
Color: Black
Quadcopter Weight: 375g (Including Battery)
Max. Rising Speed: 3m/s
Max. Descent Speed: 2m/s
Max. Flying Speed: 40km/h
Max. Flying Time: 25mins
Max. Limit Height: 120m
Wind resistance level: <4 level
Max Flight Distance: Over 600m
Motor: 1503 2900KV Brushless Motor
Built-in Positioning Sensor: GPS/Optical Flow/Barometer
Remote Controller

Operating Frequency: 2.4G
Maximum Remote Control Distance: Above 600m
Transmitter Battery: 2*AA
Using Time: About 12h

Camera & Gimbal Item Name: 4K 5G Wifi Camera
APP: X-Drone
Effective Pixels: 4K
Maximum Transmission Frame Rate: 720P@20FPS
Image Transmission Range: 450m
Lens Angle: 120°
Local Video Frame Rate: 4Kx2160@16FPS,1920x1080@60FPS
File system: FAT32
Gimbal: 2-Axis
Pitch Adjustment Range: 0° to -70°
Roll Servo Adjustment Range: 30° to -30°
Max Photo Resolution: 3840x2160
Max Video Resolution: 3840x2160
Supported SD Cards: Micro SD Card Class 10 And Above (Not included)
Max. Expansion: 128GB
Battery Item Name: 7.7V 2950mAh Lipo Battery
Capacity: 2950mAh
Voltage: 7.7V
Battery Weight: 113g
Operating temperature: 5°C to 40°C
Charging Time:
About 4.5h (Single Battery)(5V 2A)
Input: 5V/2A


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Untuk baterainya, MJX MG-1 menggunakan baterai paten yang hanya bisa digunakan untuk drone ini saja. Baterai ini memiliki tegangan 7.7 Volt dan berkapasitas sebesar 2950mAh. Dengan baterai ini, menurut tabel spesifikasi anda bisa terbang hingga 25 menit untuk satu baterai. Namun tetap ingat, bahwa lama terbang juga dipengaruhi oleh cara terbang sobat omahdrones, serta kondisi dimana anda terbang. Kalau terbang di kondisi sedang berangin, otomatis drone akan mengeluarkan tenaga lebih untuk tetap berusaha terbang stabil dan hold position sesuai GPS. Dan untuk pengisian ulang baterai ini, di baterai ini terdapat port USB TypeC, anda juga akan mendapat kabel USB TypeC ketika pembelian, yang harus anda siapkan hanya USB Wall Charger atau kepala charger dengan arus minimal 2 Ampere untuk bisa melakukan pengisian ulang secara optimal dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Lanjut di bagian remote control, disini MJX MG-1 memiliki bentuk remote yang bisa dibilang mirip banget dengan controller nya Mavic. Terdapat LCD di bagian tengah juga sehingga anda bisa melihat telemetri semua informasi status drone secara realtime. Dengan remote ini, dalam tabel spesifikasi tertulis anda bisa menerbangkan MJX MG-1 dalam radius 600 meter, sekejab spesifikasi ini bisa dipercaya daripada drone sejenis yang mengeklaim kalau dia bisa dikendalikan hingga 2KM 3KM dan seterusnya. Lagi pula jangkauan terbang juga dipengaruhi oleh banyak dan besarnya interferensi sinyal di area anda terbang juga. Sedangkan untuk sumber tenaga dari remote ini, anda membutuhkan 2 buah baterai ukuran AA. Anda bisa menggunakan baterai rechargeable untuk gerakan go green, karena dengan baterai rechargeable anda bisa mengurangi sampah baterai sekali pakai.


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Di bagian kameranya, MJX MG-1 memiliki kamera yang sanggup mengambil gambar ukuran 4K, dalam tabel spesifikasi tertulis kalau anda memilih record video resolusi 4K maka anda akan mendapat 16fps. Namun di aplikasi FPV dari drone ini, tertulis anda bisa mendapat 30fps. Sedangkan untuk record video di resolusi 1080p, anda akan mendapatkan 60fps. Dengan kamera ini anda juga bisa mengatur beberapa parameter seperti iso, white balance, saturation, dan brightness. Untuk kualitas videonya juga tidak terlalu mengecewakan, terlebih kalau anda mengambil video di resolusi 1080p, atau sekalian di 4K 30fps lalu di downscale ke 1080p ketika editing untuk keperluan dokumentasi atau beberapa projek sejenisnya.



Dan untuk kestabilan gambarnya, tidak perlu di khawatirkan karena MJX MG-1 sudah dilengkapi dengan 2 axis gimbal stabilizer, serta juga terdapat EIS atau Electronic Image Stabilizer, sehingga hasil gambarnya halus seperti menggunakan tripod terbang. Maka dari itu untuk mode smooth dari drone ini dinamai tripod mode. Untuk penyimpanan semua foto dan video yang anda ambil, anda bisa memasukkan MicroSD pada slot yang tersedia di samping drone, dan pastikan menggunakan MicroSD class 10 yang sudah support untuk merekam video 4K, yang memiliki writespeed tinggi supaya anda bisa lancar ketika mengambil video 4K.



Sedangkan FPV yang digunakan MJX MG-1 ini masih menggunakan Wifi FPV, dan wifi yang digunakan adalah wifi 5G, atau secara teknis Wi-Fi 802.11ac, jadi sebelum membeli drone ini, pastikan dulu smartphone anda support wifi 5G, karena kalau tidak, tentu anda tidak bisa menggunakan Wifi-FPV di drone ini. Tidak hanya tidak bisa Wifi-FPV, anda juga tidak bisa menggunakan fitur – fitur yang cuma ada di dalam aplikasi FPV drone MJX MG-1.

Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones


Umumnya, tiap pembelian MJX MG-1 anda akan mendapatkan item berupa:

1 x Quadcopter(with camera)

1 x Remote Cotroller

4 x Propeller

1 x 7.7V 2950mAh Lipo Battery(the quantity can be chosen)

1 x USB Charging Cable

1 x Screwdriver

1 x Manual


Untuk mendapatkan Drone MJX MG-1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,


Cek Harga dan Beli Drone MJX MG-1


Link mati? bisa Lapor Disini



Untuk secara keseluruhan, sebenarnya MJX MG-1 ini sudah cukup bagus untuk drone semi professional, hanya saja, kalau beberapa drone sekelasnya ketika kalibrasi kompas 1 kali saja sudah bisa terbang stabil. Kalau MJX MG-1 ini masih harus di test terbang dulu, kalau masih belum stabil harus di kalibrasi kompas lagi sampai benar – benar bisa stabil. Mungkin beberapa pilot tidak keberatan, namun pasti ada juga pilot yang risih karena untuk kalibrasi kompas saja harus dilakukan beberapa kali hingga drone bisa terbang stabil.


Spesifikasi Drone MJX MG-1 4K - OmahDrones

Untuk mendapatkan Drone MJX MG-1, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,


Cek Harga dan Beli Drone MJX MG-1

Link mati? bisa Lapor Disini


Untuk harganya, terakhir admin cek di website marketplace global yang juga bisa kirim langsung ke indonesia, harga MJX MG-1 dengan 1 buah baterai dibandrol sebesar 3.5jutaan. Kalau ada seller indo yang jual, mungkin saja harga bisa beda, karena harga yang admin omahdrones cantumkan disini hanya bersumber di satu tempat saja.