Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - GPS Brushless True 4K Video

 Semakin banyaknya brand yang menawarkan drone di marketplace mungkin membuat kita sebagai konsumen jadi harus lebih teliti dalam memilik calon – calon drone yang akan dibeli. Karena pastinya kita tidak mau kan, ketika sudah beli, dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda kita bisa mendapatkan drone yang lebih bagus, baik dalam kemampuan, spesifikasi teknis, atau fitur – fiturnya. Karena di tahun 2022 ketika artikel ini ditulis, banyak sekali drone yang menawarkan berbagai fitur, namun ketika digunakan, fitur tersebut tidak bekerja secara sempurna, atau malah tidak bisa berfungsi sama sekali. Sehingga aslinya kalau seperti ini ya konsumen yang dirugikan. Kecuali kedepannya, drone bisa diupdate firmwarenya sehingga bisa melakukan berbagai fitur yang ditawarkan.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones



Tapi untuk drone kelas mainan sampai kelas semi professional, admin rasa tidak ada yang memberikan kelebihan untuk update firmware drone. Mungkin kalau update aplikasi FPV masih bisa, namun kalau update firmware drone, masih sangat jarang ditemui, kecuali untuk drone kelas professional. Nah, kali ini, untungnya admin akan membahas drone yang bisa dibilang Optimal untuk kelasnya yang masih kelas mainan sampai semi professional. Yaitu dari Holy Stone. Brand yang satu ini memang kurang populer di indonesia. Namun siapa sangka drone yang satu ini mungkin bisa membuka jendela baru bagi anda yang ingin mendapatkan drone terbaik di rentang harga terbaik.




Drone ini memiliki nama Holy Stone HS720G, merupakan upgrade dari Holy Stone HS720E yang key featurenya berada di bagian 2 axis gimbal pada kameranya. Selain itu kamera dari drone ini juga benar – benar mengambil gambar ber resolusi 4K tanpa gimmick. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar key feature yang ditawarkan oleh Holy Stone HS720G:

An enhanced dual-anti-shake drone for adults, with two-axis gimbal and EIS(Electronic Image Stabilization), so that every photos and videos are like epic, 4K@30fps retains more details per second, which making the video super clear and smooth, you can easily get what you want from air.

2-Axis Gimbal with 4K EIS Camera: With 2-axis motorized gimbal and 4K EIS (Electric Image Stabilization) Camera, HS720G guarantees stunning and vivid footage in a bird's-eye view without missing any details. It’s your ticket to the sky.

High-tech Outdoor Performance: The powerful brushless motors and a max battery life of 26 minutes ensure HS720G stable flight and having enough time to compose the perfect pictures. The maximum distance for remote control reaches 999 meters.

User Friendly: Multiple functions such as Headless Mode, Automatic Take-off, Altitude Hold, Optical Flow Positioning are devised for the novice. Being a drone pilot has never been this easy.

Powerful GPS Module: The GPS module and Optical Flow Positioning make HS720G safer, more reliable and have extraordinary anti-interference capabilities, offering you the ability to fly farther and more stable. You can have a blast outdoors with your kids or friends without disturbance and restrictions of distance.

All-Round Functions: Follow Me, Tap Fly, and Point of Interest grant HS720G performance intelligent flights, freeing your hands up. Your perfect memories will start right when you switch on the HS720G.

Never Losing the Drone: The Emergency Stop, Smart Return to Home, GPS module and One Key Return can prevent HS720G from losing to a great extent. Don’t hesitate to take it home.

Great Travel Companion: The intuitive and advanced foldable design of HS720G and the carrying case ensure the pilot complete freedom to wherever he wants to go. Less than 380 gram, the weight of HS720G is as much as a can of coke. HS720G can definitely be the ideal travel companion.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones



Untuk spesifikasi teknisnya, bisa disimak dibawah ini:


Weight: 377 g/ 13.30 oz

Dimension: 164*90*63 mm(Folded); 305*230*63 mm(Unfolded)

Battery: 7.7V 2950mAh

Flight Time: 26 minutes / per battery

Charging Time: About 5 hours

FPV Distance: 1640 feet / 500 m

Flight Distance: 3277 feet / 999m

Camera Frequency: 5Ghz

Camera Angle: -90° to 0°

Video/photo Resolution: Max: 4K(3840×2160P)

Live View Quality: 4K@30fps

Max Expansion: 128GB TF Card (Not Included)




Holy Stone HS720G ini memiliki baterai paten yang artinya baterai khusus untuk drone ini saja dan mungkin di seri HS720 mengingat mereka masih menggunakan desain badan yang sama. Baterai ini memiliki tegangan 7.7Volt dengan kapasitas sebesar 2950mAh. Dengan baterai ini kalau menurut tabel spesifikasi, anda bisa menerbangkan Holy Stone HS720G selama 26 menit, meski tentunya lama terbang juga dipengaruhi oleh tempat dimana anda terbang, dan bagaimana kondisi cuacanya. Sedangkan untuk pengisian ulangnya, disini anda bisa melakukan recharging menggunakan kabel bawaan yakni kabel USB TypeC. Kalau dirasa kurang maksimal, anda bisa gunakan kabel TypeC anda sendiri dan gunakan kepala Charger dengan arus minimal 2 Ampere sehingga proses recgarging bisa jadi lebih cepat. Untuk mengantisipasi susahnya mendapatkan baterai cadangan, ada baiknya ketika membeli drone ini, bisa mengambil paket dengan 2 atau 3 baterai sekaligus kalau sellernya memberi opsional ketika pembelian.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones



Di bagian controller, atau remote nya dari segi desainnya sih cukup simple, memang masih mengadopsi desain dari controllernya DJI. Dengan LCD di bagian tengah yang dapat menampilkan beberapa info seputar status drone ketika terbang. Ditambah dengan beberapa tombol yang mudah dijangkau pada bagian atas. Bukan hanya itu, di bagian depan juga terdapat scrool wheel yang bisa digunakan untuk mengatur tilt angle kamera dari drone ini. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan Holy Stone HS720G dalam radius 1KM kalau menurut tabel spesifikasi. Meski tentunya jarak jangkauan juga dipengaruhi oleh kondisi dimana anda terbang serta bagaimana cara anda terbang. Dan terakhir disini sayangnya remote ini belum menggunakan baterai rechargeable, tapi tentunya anda bisa gunakan baterai AA rechargeable yang memiliki tegangan 1.5V per cell nya. Karena tidak semua baterai AA rechargeable memiliki tegangan 1.5v, jadi pastikan dulu apabila anda mau memakai baterai AA rechargeable untuk remote ini.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones



Untuk kameranya, di versi Holy Stone HS720G ini sudah memiliki 2 axis gimbal yang tentunya sangat membantu pengambilan gambar sehingga hasilnya halus. Bukan cuma itu, seperti yang sudah admin bocorkan diatas tadi, Holy Stone HS720G memiliki kamera True 4K, yang berarti gambar yang ditangkap oleh sensor kamera akan menghasilkan video 4K asli, bukan cuma 1080p atau bahkan 720p yang dibentangkan jadi 4K. Kamera ini bisa mengambil video True 4K di 3fps, atau 1080p di 60fps. Kalau menurut admin, untuk drone ini lebih bagus di 1080p 60fps nya, karena di resolusi 4K video yang dihasilkan bisa dibilang kurang tajam kalau dibandingkan dengan drone professional. Memang beda kelas sih, tapi sisi bagusnya apabila anda rekam di 1080p 60fps, anda bisa mengedit videonya terutama untuk slow motion, akan lebih halus karena di resolusi 1080p anda mendapat 60fps.


Gambar yang dihasilkan juga sudah halus jadi meski di edit slow mo, tidak akan terlihat goyang karena selain adanya 2 axis gimbal, juga ditambah EIS yang membuat video terlihat anteng. Di koneksi FPV nya, Holy Stone HS720G masih menggunakan Wifi-FPV dan frekuensi yang digunakan adalah 802.11ac alias Wifi 5G. Jadi sebelum membeli drone ini, pastikan smartphone anda memiliki wifi 5G karena kalau tidak, anda tidak akan bisa menggunakan aplikasi untuk menikmati Wifi-FPV dan juga advanced feature lainnya. Untuk metode penyimpanan medianya, disini anda bisa menggunakan microSD hingga 128GB, karena drone ini support 4K, jadi ukuran videonya tentu akan besar di penyimpanannya. Untuk record di 4K, pastikan juga anda menggunakan microSD yang bagus, dengan standarisasi A2 untu WriteSpeed yang cepat juga.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones


Umumnya ketika pembelian Holy Stone HS720G, anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:

1*Drone and Transmitter

1*Drone Battery

1*Carrying Case

4*Extra Propellers

1*USB Charging Cable

1*Instructions for Use

1*Screwdriver.



mungkin kesimpulan admin disini, berdasarkan beberapa review dari para pilot yang sudah pernah mencoba drone ini. Holy Stone HS720G sangat direkomendasikan karena meski masih kelas mainan atau mungkin bisa masuk ke kategori semi professional, karena sudah brushless GPS dan kameranya lumayan bagus. Advanced feature yang ada di drone ini juga bisa dibilang berfungsi bagus. Seperti follow me, circle me, up and away, dll dimana di drone ini, fitur – fitur tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.


Spesifikasi Drone Holy Stone HS720G - OmahDrones



Untuk info tentang harganya sih, di beberapa online marketplace global, drone Holy Stone HS720G ini dibandrol sebesar 300USD untuk paket satu baterai. Kalau dirupiahkan pada kurs saat artikel ini dibuat, itu setara dengan 4jutaan. Begitu pula di marketplace lokal, admin cek terakhir juga masih di harga 4jutaan untuk harga dengan 1 baterai. Mungkin, ini adalah salah satu drone semi professional yang bisa menjadi incaran karena fungsi – fungsinya tidak akan membuat kita kecewa.