Spesifikasi Drone E68

 

Sekarang dengan uang dibawah 500ribuan saja sudah bisa mendapatkan drone dengan bentuk yang seakan professional, serta sudah bisa Wifi-FPV juga. Begitu banyak pilihan untuk kita sebagai calon pembeli drone, atau bahkan pilot drone yang sudah terbiasa menerbangkan drone professional. Apalagi untuk drone kelas mainan. Ada begitu banyak pilihan baik dari satu brand atau beberapa brand. Bahkan produk tanpa brand pun juga banyak dibeli karena kadang harganya itu menggiurkan. Ada banyak drone sebenarnya yang dijual tanpa brand yang jelas. Ya di omahdrones juga beberapa kali membahas drone tanpa brand tersebut seperti kali ini. Admin pertama kali melihatnya di salah satu marketplace lokal dan admin lihat yang beli lmayan banyak juga. Jadi mungkin bisa menjadi refrensi yang bagus apabila admin menulis artikel tentang drone ini.


Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Nah drone ini di tiap iklannya hanya tertulis “Drone E68”. Kalau dilihat dari namanya huruf E sering dikaitkan dengan seri drone dari Eachine. Seperti Eachine E58, Eachine E010 dan lain – lain. Tapi yang satu ini benar – benar bukan dari Eachine. Drone ini lagi – lagi kalau kita perhatikan dari bentuknya meniru style dari DJI Mavic sebagai pelopor yang membuat banyak produsen drone mainan menirukan desain tersebut. Bedanya dengan Mavic tentu banyak, mulai dari Drone E68 ini masih menggunakan motor brushed. Lalu drone ini juga belum memiliki navigasi GPS atau optical Flow. Jadi sangat rawan kalau diterbangkan di cuaca yang berangin.


Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Seperti drone mainan pada umumnya, badannya tergolong ringan karena komponennya cukup standar. Bahkan gimmick kamera 4K yang ada di iklan sudah jelas tidak benar. Untuk fiturnya, tentu juga seperti drone basic altitude hold pada umumnya. Selain desain yang dapat dilipat atau “foldable” pada bagian tiap lengannya, Anda akan mendapatkan fitur bawaan seperti one key take-off dan landing, 3D roll, headless mode dan one key return hingga speed switcher. Untuk fitur lebih lengkap, anda bisa menyimaknya pada daftar fitur dibawah ini:

- With a folding arm, it is small and easy to carry.

- Has a high hold mode function to ensure stable flight.

- With wifi function, you can connect to APP, APK system to view photos, video, and transfer images in real time via cell phone camera.

- With track flight mode. You can see the route.

- With gestures to take photos. Mv music editing functions.

- There are 3 cameras to choose from. Equipped with a 720P / 1080P / 4K wide-angle camera for a wide range of high-definition photos and videos.

- No main mode, no need to position the aircraft before flight.

- With a button return function, you can easily make your way home.

- Anti interference uses 2.4 GHz technology.

- 4 channels that can be raised, lowered, forwarded, withdrawn, left-handed, right-handed 360 ° rolled.

- Six-axis gyroscope for more stable flight and easy operation.

- The four-rotor body is made of high-strength and engineering-resistant plastic, lightweight and durable.



Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Spesifikasi Drone E68



Series: E68

Frequency: 2.4G

Channel: 4ch

Gyro: 6 ONE XIS

Quadcopter battery: 3.7V 800 mAh lithium battery (included)

Transmitter battery: 3 x 1.5 AA battery (not included)

Charging time: 60-70mins

Flight time: 10-15 minutes

Drone weight: 94.8g (with battery)

Remote control distance: 80-100 m

Colour: black silver

Camera: 720 P / 1080 P / 4 K

Quadrilateral size: 24 * 20 * 5 cm (arm is not folded)

12 * 7 * 5 cm (folded with arms)

Packing: 22 * 17 * 6 cm

Package weight: 379g




Drone ini masih menggunakan baterai 1S saja, dengan tegangan 3.7Volt, dan kapasitasnya sebesar 800mAh. Baterai standar untuk drone basik, dan kapastias baterainya sebenarnya sudah lumayan besar. Dengan baterai ini, kalau menurut tabel spesifikasi diatas anda bisa menerbangkan Drone E68 hingga 15menit. Namun yang benar saja, lama terbang itu selain dipengaruhi oleh bagaimana cara terbang anda, juga dipengarui oleh kondisi tempat dimana anda terbang, ya rata – rata mungkin hanya bisa sekitar 5-7 menitan untuk sekali terbang. Baterai ini juga baterai universal dengan jack putih untuk baterai 1S berkabel. Itu artinya, anda bisa menemukan baterai cadangan dengan mudah. Yang penting tegangannya 3.7 Volt dan anda juga bisa beli yang kapasitasnya 1000mAh. Tapi ingat, karena drone ini masih menggunakan motor brushed, jangan diterbangkan terlalu lama dalam satu waktu supaya motornya tidak overheat.


Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Remote yang dimiliki oleh Drone E68 ini juga meniru style dari remote Mavic Series. Ya meski bentuknya sebenarnya sangat umum untuk drone mainan saat ini karena banyak sekali yang memakai desain seperti ini. Untuk phone holdernya ada holder yang harus ditarik ke bawah sehingga anda bisa menaruh smartphone anda disitu untuk Wifi-FPV. Penempatan tombol fungsi di remote ini juga sebenarnya tertata rapi. Dan disitu terdapat label di setiap tombolnya sehingga anda bisa lebih mudah mengetahui untuk apa tombol tersebut. Antenna yang ada di remote ini hanyalah hiasan semata jadi ini antenna palsu. Sehingga jarak terbang dari drone ini sebenarnya tidak terlalu jauh, kalau di tempat minim interferensi sinyal, mungkin anda bisa mendapatkan jarak terbang sekitar 70 – 100 meter, namun kalau anda terbang di tempat yang banyak sinyal terutama frekuensinya 2.4GHz, jarak terbang anda akan mengecil karena ada interferensi sinyal dari remote ke drone.



Lanjut ke unit kameranya. Pasti sebagian dari calon pembeli akan terpikat dengan iming – iming kamera 4K dari drone ini. Sudah deh, realistis saja. Harga sensor kamera 4K aja lebih dari 1jutaan. Apalagi dalam bentuk kamera, apalagi ditambah drone. Ya, 4K disini hanyalah gimmick semata. Bukannya bohong sih, jadi kamera Drone E68 ini mungkin hanya memiliki sensor 2MP saja yang aslinya bagus untuk resolusi maksimal 720p. Ketika anda mengambil foto, foto yang diambil hanyalah “screenshot” dari siaran kamera, lalu akan diperbesar hingga ukurannya jadi 4K. Hasilnya memang 4K ukurannya, tapi kualitasnya ya sama aja dengan ukuran 720p. Sama – sama masih seadanya. Admin akan kasih tau contohnya di postingan tersendiri. Sayangnya di kamera ini sudah cuma gimmick, tidak ada slot untuk microSD juga, sehingga foto dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan ke dalam storage smartphone anda. Ya, anda terkena resiko pada video yang anda ambil akan terdapat lag putus – putus kalau sinyal FPV nya tidak bagus.



Drone ini juga sudah support Wifi-FPV. Frekuensi Wifi yang digunakan masih Wifi 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menggunakan aplikasi FPV Drone E68. Tapi inget soal interferensi sinyal? Frekuensi remote dan Wifi-FPV sama, yaitu 2.4GHz, jadi kalau anda terbang sambil Wifi-FPV itu dijamin jarak jangkauan terbangnya bakal mengecil. Jadi jangan terbang jauh – jauh atau nanti drone bisa fly away.


Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Dalam pembelian Drone E68, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:

1 x E68 RC quadcopter

1 x channel

1 x 3.7 V 800 mAh lithium battery

1 x USB charging cable

4 x protective covers

4 x spare blades

1 x screwdriver

1 x manual




Admin rasa sih drone ini cocok aja kalau digunakan untuk coba – coba. Selain harganya yang ekonomis, dalam pembeliannya juga termasuk lengkap, ada pilihan menggunakan carrying case juga, jadi nanti untuk menyimpan drone ini bisa lebih mudah dan rapih.


Untuk mendapatkan Drone E68 ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone E68

Link mati? bisa Lapor Disini


Spesifikasi Drone E68 - OmahDrones


Untuk harga kisarannya, seperti yang admin katakan di awal tadi, drone ini super murah. Admin cek di beberapa online marketplace lokal aja harganya mayoritas sekitar 400ribu saja. Dengan uang sebesar itu anda sudah bisa mendapatkan drone Wifi-FPV basik yang sebenarnya lebih dari cukup untuk sekedar coba – coba mainan terbang.