Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS

Di pertengahan tahun 2020 ini, admin banyak sekali mendapati drone keluaran baru yang menawarkan kamera 4K dan juga GPS. Mungkin karena banyaknya permintaan dan minat kepada drone berkamera 4K dan sudah ber GPS, membuat para produsen drone jadi berusaha untuk mewujudkan itu semua dengan membuat drone berkamera 4K dan sudah dilengkapi dengan GPS namun dengan harga yang bisa dibilang merakyat. Wah, kalau mendengar itu pasti langsung pada tertarik dong ya, tapi jangan begitu senang dulu, karena sebenarnya “ada harga ada rupa” masih berlaku disini. Seperti yang sudah admin tulis di beberapa artikel sebelumnya, terutama bahasan drone murah yang memiliki kamera 4K.


Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones

Di kesempatan kali ini, admin menemukan drone yang bentuknya cukup keren. Dan lagi – lagi key featurenya adalah dia sudah berkamera 4K serta sudah dilengkapi dengan GPS. Drone ini memiliki nama 4DRC F3. Admin baru dengar brand ini dan mungkin nama brand nya adalah “4DRC” itu sendiri. Bentuknya sih mirip style nya DJI Mavic Family, namun drone ini masih menggunakan motor brushed, sehingga harusnya dia tidak didesain untuk terbang terlalu lama, karena kalau diterbangkan dalam waktu yang lama sekali terbang, motor brushed itu bisa mudah overheat. Dan kalau sudah overheat, nanti bisa terjadi masalah minimal motor tidak bisa berputar secara optimal, dan paling buruk adalah motor bisa mati total.



Nah, berkat adanya GPS, anda juga bisa mendapatkan beberapa fitur lebih unggul, seperti tentu saja return to home ketika baterai mulai menipis, ketika lost signal dengan remote, atau ketika anda tekan tombol return to home. Selain itu ada juga fitur follow me dimana drone bisa mengikuti anda nantinya, atau circle me dimana drone bisa memutari anda untuk mendapatkan rekaman orbit. Untuk fitur standarnya, drone ini sudah seperti drone altitude hold pada umumnya, dan juga tentu saja anda bisa mematikan fitur GPS untuk sewaktu – waktu ketika anda ingin terbang indoor dan tidak butuh GPS, anda bisa mematikan GPS supaya bisa cepat take–off. Untuk fitur lebih singkat bisa dibaca dibawah ini:
- Foldable, easy to caryy.
- GPS Positioning, security and anti-lost.
- 4K HD Camera, dual camera, free switching.
- 300m long distance HD wifi video transmission.
- Wayponit flight, smart and easy to use.


Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones

Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS



Product Name: GPS Positioning HD Aerial Drone
Product Size: 33x33x6cm(Expanding)
               18.5x12.5x6cm(Folding)
GPS: GPS statellite anti-lost postioning
Charging Time: 1-2h
Battery Capacity: 7.4V 1800mAh
Flight Time: about 25mins
Remote Distance: about 500m
Flying Speed: about 30km/h
Camera: 4K HD(Front),1080P HD(Bottom)
Take-off Weight: 220g
Package Weight: about 850g



4DRC F3 ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya bisa dibilang standar untuk drone GPS, namun terasa lumayan besar mengingat drone ini masih menggunakan motor brushed yang harusnya enteng. Dengan tegangan 7.4V atau 2S, dan kapasitasnya sebesar 1800mAh, kalau di tabel spesifikasi tercatat lama terbangnya bisa sampai 25 menit. Kalau dilihat pada kenyataannya, mungkin anda hanya bisa mendapatkan lama terbang 15 menit untuk satu baterai, karena lama terbang juga dipengaruhi oleh bagaimana cara anda terbang juga kan. Untuk chargingnya, nanti anda akan mendapatkan Balance charger mini, dengan input dari port USB, jadi setidaknya anda bisa gunakan kepala Charger atau USB Wall Charger dengan arus minimal 1 ampere untuk bisa mengisi baterai ini secara optimal.



Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones

Di bagian remote controlnya, bentuk controllernya lumayan besar, dengan phone holder yang terlipat dibagian tengah. Serta penempatan tombolnya sebagian besar berada di atas dekat joystick, ditambah label di setiap tombol yang bisa mempermudah anda untuk mengetahui fungsi dari tombol tersebut. Ada dua buah antenna disitu namun kedua antenna tersebut hanyalah hiasan semata jadi tidak ada fungsinya, maka dari itu jarak terbang dari drone ini juga terbatas, umumnya sih hanya sekitar 100 meter saja di wilayah minim interferensi sinyal. Kalau di tabel spesifikasi tercatat 500 meter, mungkin mereka testingnya di wilayah “tanpa interferensi” seperti di gurun? Hahaha. Dengan remote ini anda sudah bisa mengendalikan drone, jadi meski tanpa Smartphone untuk layar FPV, anda masih bisa sekedar menerbangkan drone ini.


Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones


Dan untuk FPV nya, belum jelas dia menggunakan Wifi-FPV yang frekuensi 2.4GHz atau 5GHz, tapi kalau dilihat dari harganya sih, dia harusnya menggunakan Wifi-FPV 2.4GHz, jadi harusnya semua smartphone bisa menikmati Wifi-FPV menggunakan drone 4DRC F3. Selain itu, drone ini juga belum memiliki slot microSD, sehingga semua gambar dan video yang anda ambil akan langsung tersimpan di storage smartphone anda. Dan untuk gimmick 4K, itu hanyalah gimmick ketika anda mengambil foto dari drone ini. Jadi metodenya drone hanya “screenshot” gambar dari Video Feed ketika FPV, lalu akan gambar ori yang mungkin cuma 720p akan di bentangkan jadi 4K. Jadi gambarnya nggak akan tajam, mungkin ukurannya memang besar yaitu 4K, tapi kualitas gambarnya malah bisa pecah karena aslinya itu cuma 720p.


Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones

Ya, seperti tidak berguna kan? Tapi kan mereka juga tidak bohong karena yang mereka tawarkan cuma 4K. Tidak ada kata “sharp photo” atau apalah ahaha. Yah, dan ketika anda membeli drone ini, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan berupa:
1 x RC Quadcopter
1 x 7.4V 1800mAh Lipo Battery
1 x Remote Controller
4 x Propellers
1 x USB Charging Cable
1 x Screwdriver
1 x Manual




untuk kesimpulannya, mungkin tidak banyak, kalau dari admin sendiri sih tidak merekomendasikan beli drone ini, karena fitur intinya memang menarik, namun fitur penting seperti tidak ada MicroSD slot disini sangat membuat admin jadi tidak suka dengan 4DRC F3. Tapi ya terserah anda sih, karena slot microSD bagi admin adalah fitur penting bagi drone kamera. Sehingga kita bisa mendapatkan video ori tanpa lag karena koneksi antar perangkat yang sinyalnya tidak selalu kuat dan stabil.

Spesifikasi Drone 4DRC F3 GPS - OmahDrones


Untuk rentang harganya, terakhir admin lihat 4DRC F3 ini di beberapa marketplace kelas internasional, dia dibandrol sebesar USD atau kalau admin ubah ke kurs rupiah pada saat admin menulis artikel ini, itu setara dengan 1 jutaan. Harganya mahal karena kurs lagi tinggi kali ya? Hahaha. Kalau masih belum puas dengan drone ini, admin juga sudah memiliki beberapa refrensi drone GPS murah lainnya yang bisa anda temukan di omahdrones. Okay, sampai jumpa lagi.