Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro

Punya drone racing bisa menjadi kebanggan sendiri bagi pilot yang biasa menggunakan drone angle. Drone racing memiliki karakteristik sendiri ketika terbang, seperti yang pasti di test untuk punch throttle, menguji motor dan ESC nya apakah memiliki output yang optimal, dan beberapa keseruan lainnya. Memang untuk mengumpulkan para pecinta drone racing khususnya di indonesia hingga admin menulis artikel ini masih cukup sulit, sebenarnya dengan diadakan lomba racing drone bisa membuat banyak pilot ngumpul, saling mengenal antar komunitas dan sharing tentu saja. Sayangnya admin lihat untuk saat ini masih sedikit yang mengadakan event seperti itu, mungkin karena drone terbang sudah tidak sepenuhnya menjanjikan bagi penyelenggara, karena adanya oknum – oknum yang menerbangkan drone tanpa aturan, sehingga merugikan orang lain hingga membahayakan orang lain.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro - OmahDrones

Kita sebagai pilot harus tau aturan. Jangan asal terbang, terutama kalau main drone racing yang notabene di desain untuk bisa melesar kencang ketika diudara. Jangan pernah memainkan drone racing di tempat umum yang banyak orang awam, mereka tidak tau kalau drone yang terbang bisa saja jadi liar dan mengakibatkan sesuatu yang tidak di inginkan. Yap, intronya udahan dulu karena admin seneng banget kalau ngehimbau supaya kita bisa bermain drone terbang yang baik dan benar. Supaya image drone terbang dan pilotnya tidak menjadi buruk hanya karena ada beberapa oknum yang suka asal terbang.


Kali ini admin akan bahas drone racing buatan MJX. Dengan nama pasar MJX B8 Pro, atau MJX Bugs 8 Pro, drone ini masih satu keluarga bugs, dan yang satu ini benar – benar di desain untuk balapan. Memiliki kerangka yang dibuat tipis namun agak lebar dan memanjang, dengan motor brushless 2204 1800KV,  MJX B8 Pro ini menggunakan propeller 3 blade seperti kebanyakan drone racing dan acro pada umumnya. Drone ini bisa melesat kencang hingga 60 Km/H, dan untuk kegesitannya, tentu tergantung pada si pilot juga. ESC yang digunakan oleh MJX B8 Pro nampaknya menggunakan 4 in 1 ESC sehingga di sisi harga lebih ekonomis, namun kalau ESC ini rusak, tentu nggak ekonomis lagi kalau beli baru. Nah, untuk fitur lebih lengkapnya, sesuai info dari MJX bisa dilihat sebagai berikut:

* With 2 flight modes, switching between Angle Mode and A'cro Mode enables both beginners and skilled pilots experience the flight fun.
* With 5.8G FPV real-time HD image transmission.
* Flying at up to 60km/h , control distance up to 300-500m.
* With 2204 1800KV brushless motor strong power to the quadcopter.
* With 11.1V 1300mAH high-capacity battery give a longer flying time- maximum 12 minutes.
* 2.4GHz Technology Adopted for Anti-Interference.
* 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly and rolling 360°.
* With LED lights making the flight more spectacular especially in the dark.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro - OmahDrones


Spesifikasi Drone MJX B8 Pro



Brand Name: MJX
Item NO.: B8 Pro
Item Name: MJX B8 Pro FPV RC quadcopter
Wheelbase: 250mm
Frequency: 2.4G
Channel: 4CH
Battery: 11.1V 1300mAh 45C li-po
Camera:C5830 Camera
Motor: 2204 1800KV Brushless motor
Speed:60km/h
Flight distance: About 300 -500 meters
FPV distance: About 200 meters
FPV camera transmit: 5.8G 200mw 8CH
Flight time:10-12 minutes
Charging time: around 150 minutes
Transmitter Battery: 4*AA 1.5V(Not included)
Color: Black and red
Quadcopter's Weight: 420g
Quadcopter's size: 30x30x9cm
Product size:35.7X28X16cm
Maximun Take-off Weight:445g
Maximum Carrying Weight: 70g



MJX B8 Pro menggunakan baterai Li-Po standar, dengan tegangan 11.1Volt, dan kapasitasnya sebesar 1300mAh, dengan 1 baterai, anda bisa menerbangkan MJX B8 Pro selama kira – kira 12 menit. Baterai bawaan dari MJX terlihat seperti proprietary alias bentuk paten, tapi aslinya ini baterai universal karena untuk menghubungkan baterai ke drone masih menggunakan kabel bersoket, maka dari itu anda bisa membeli baterai cadangan dari brand lain juga, yang perlu dilakukan adalah memastikan tegangan, kapasitas, dan yang penting soketnya sama. Syukur – syukur kalau dapat baterai dengan dimensi yang sama, sehingga ketika pemasangan bisa sama persis seperti menggunakan baterai ori bawaan dari MJX. Untuk melakukan recharging, anda akan mendapatkan balance charger bawaan juga dari MJX.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro - OmahDrones


Untuk unit remote nya, MJX B8 Pro menggunakan remote yang sebenarnya juga digunakan untuk keluarga bugs lainnya. Bedanya karena MJX B8 Pro tidak menggunakan GPS. Layar yang ada di bagian bawah ditutup dan menyatu dengan casing dari remote tersebut. Untuk penempatan tombolnya juga masih sama seperti remote model ini pada drone lainnya. Dan lagi – lagi antenna yang ada di remote ini masih hanya berupa hiasan saja, meski begitu MJX mengeklaim kalau MJX B8 Pro bisa dikendalikan hingga radius 500 meter. Tentu dalam kawasan dengan minim interferensi sinyal ya. Remote ini ditenagai oleh baterai habis pakai buang, baterai ukuran AA sebanyak 4 buah. Kalau masih mau eco-friendly supaya lebih ramah lingkungan. Bisa anda modif tuh remotenya jadi pakai baterai li-ion atau li-po, asalkan tegangannya jangan melebihi 6Volt atau sama dengan 4 x baterai AA.




MJX B8 Pro juga memiliki kamera bawaan, yakni kamera seri C5830 dari MJX juga, kamera ini memiliki DVR dan Transmitter FPV. FPV yang digunakan oleh kamera ini adalah FPV analog dengan frekuensi 5.8GHz, jadi anda bisa menggunakan FPV Monitor atau Goggle anda ketika sedang menerbangkan MJX B8 Pro. Selain itu, kamera ini juga memiliki DVR, sehingga anda bisa memasang MicroSD di kamera ini, dan merekam footage ketika anda sedang menerbangkan MJX B8 Pro. Yang perlu di ketahui disini adalah, ketika anda telah selesai terbang, jangan lupa pencet lagi tombol record untuk stop record video. Karena kalau anda lupa tekan tombol record untuk stop recording, maka video yang anda ambil tidak akan tersimpan. Failsafe yang masih perlu diperbaiki untuk MJX B8 Pro.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro - OmahDrones

Ketika pembelian MJX B8 Pro umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x MJX B8 PRO Quadcopter
1 x Transmitter
1 x Battery
4 x Propeller
1 x Balance charger
1 x USB charging table
1 x Propeller fixing mount
1 x Screw
1 x uv sticker
1 x Manual



kesimpulan admin untuk MJX B8 Pro, mungkin MJX B8 Pro bisa dijadikan racing drone untuk pemula, karena meski dia memiliki mode Acro juga, tapi dia tetap memiliki mode angle yang bisa dimainkan oleh pemula. Yang terpenting, angle mode di MJX B8 Pro lebih gesit daripada angle mode di drone biasa.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 B8 Pro - OmahDrones

Untuk harga kisarannya, terakhir admin cek di situs marketplace skala internasional, MJX B8 Pro ini dibandrol sebesar 117 USD. Atau kalau diubah ke kurs 1.6 juta rupiah pada saat artikel ini ditulis, setara dengan Jutaan. Memang nampak agak mahal, tapi mengingat kita dapat drone racing yang bagus, serta kamera yang sudah ada DVR nya, harganya jadi nampak wajar dan layak.