Spesifikasi Drone Syma X8Pro GPS Ready


Syma memang salah satu dari beberapa brand RC Drone yang paling terkenal bukan hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Produknya mulai dari drone yang ukurannya kecil atau minidrone hingga drone yang kuat mengangkat action cam pun syma punya semuanya. Mulai drone biasa hingga drone foldable arms juga ada, sehingga wajar saja kalau Syma menjadi sebuah brand yang begitu dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Dan tanpa disadari sekarang Syma yang terus berinovasi mengeluarkan produk – produk drone dengan spesifikasi yang saling melengkapi, sekarang mereka terbukti telah merambah ke drone yang lebih “canggih” daripada drone sebelum – sebelumnya. Drone apakah ini?



Spesifikasi Drone Syma X8Pro - OmahDrones

Pasti anda juga sudah kesini karena melihat judulnya kan, yap ini adalah Syma X8Pro. Syma X8Pro adalah model lanjutan dari model X8 sebelumnya yaitu Syma X8SW. drone ini memang sekilas masih terlihat sama seperti pendahulunya, namun tanpa disangka. Yang satu ini sudah mendapatkan upgrade untuk positioning systemnya. Syma X8Pro sudah memiliki GPS didalamnya, sehingga ketika mengudara, dia bisa mempertahankan posisinya karena sudah memiliki GPS. Meski sudah memiliki GPS, namun sayangnya motor bawaan untuk Syma X8Pro masih menggunakan motor brushed yang sama seperti Syma X8SW. otomatis, dari segi perawatan anda masih disibukkan untuk mengganti motor apabila dirasa sudah melemah. Anda juga harus mengerti batas waktu terbang sesuai anjuran 1 baterai 1 kali terbang. Anjuran tersebut juga dapat meminimalisir pendeknya umur baterai sekaligus motor drone.



Untuk fitur dasarnya, Syma X8Pro sudah memiliki semua fitur dasar drone kelas toys yang lengkap (menurut admin), seperti sudah memiliki kemampuan altitude hold, dimana drone sudah bisa mempertahankan ketinggiannya ketika ia terbang, ditambah untuk Syma X8Pro juga sudah di lengkapi dengan GPS, sehingga secara teknis dia juga bisa mempertahankan posisinya ketika dia sedang terbang walaupun dia di terpa angin sekalipun. Karena dia sudah dilengkapi dengan GPS juga dia memiliki kemampuan untuk Return to Home, bukan one key return lagi tapi langsung pulang di tempat pertama ia diterbangkan tadi. Tapi menurut beberapa pilot yang sudah mencoba Syma X8Pro, mereka berkata bahwa GPS pada Syma X8Pro masih belum sempurna, apakah demikian?



Pertama coba lihat dulu spesifikasi ringkas dari Syma X8Pro dibawah ini:
Brand: Syma
Type: Indoor,Outdoor,Quadcopter
Model: X8 Pro
Features: Brushed Version,Camera,Radio Control,WiFi APP Control,WiFi FPV
Motor Type: Brushed Motor
Functions: Air Press Altitude Hold,Forward/backward,Headless Mode,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Turn left/right,Up/down,WiFi Connection,With light
Size: Large
Sensor: Barometer
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle),WiFi APP
Control Distance: 100-300m
Detailed Control Distance: 200m
Compatible with Additional Gimbal: No
FPV Distance: about 30m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: Built-in rechargeable battery
Battery: 7.4V 2000mAh LiPo
Flying Time: 8~9mins
Charging Time: less than 150mins



Syma X8Pro sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama dengan Syma X8SW seperti kata admin diatas tadi, baterainya pun Syma X8Pro juga dibekali dengan baterai berkapasitas 2000mAh, dengan tegangan 7.4 Volt. Yang disayangkan karena baterai Syma X8Pro ini merupakan baterai khusus yang hanya bisa fit atau pas di Syma X8Pro atau Syma X8SW, jadi untuk memiliki baterai cadangannya, anda harus mencari lebih sulit daripada baterai universal yang banyak dijual dan mudah ditemukan. Maka dari itu beberapa sumber yang menjual drone ini menawarkan Syma X8Pro dengan paket beberapa buah baterai cadangan sekaligus, sehingga untuk anda yang takut kalau baterai anda nanti rusak, anda sudah memiliki cadangannya juga. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan Syma X8Pro hingga selama kurang lebih 10 menit. Kalaupun anda memiliki baterai cadangan, sebaiknya beri jeda terbang supaya drone bisa “istirahat” terutama supaya motornya dingin terlebih dahulu.


Spesifikasi Drone Syma X8Pro - OmahDrones

Di bagian transmitter, Syma X8Pro juga mendapatkan transmitter yang sama bentuknya dengan transmitter syma generasi 2. Dengan transmitter versi baru ini sayangnya jarak terbangnya tidak bisa lebih jauh, walaupun Syma X8Pro sudah dilengkapi dengan GPS. Dengan transmitter ini, anda bisa terbang hingga sejauh 100 meter. Namun bagi anda yang suka modif, mungkin anda bisa modif transmitter ini sehingga dapat digunakan untuk terbang lebih jauh. Semua tombol sudah tertata dalam satu interface transmitter ini, sehingga anda harusnya bisa dengan mudah menghafal fungsi tiap tombolnya. Dan untuk sebuah drone GPS, remote Syma X8Pro juga dapat anda pasang phone holder yang fungsinya tentu saja untuk meletakkan smartphone anda di atas transmitter.


Spesifikasi Drone Syma X8Pro - OmahDrones

Ya, itu artinya Syma X8Pro sudah bisa FPV. Syma X8Pro memiliki fungsi FPV atau kemampuan dimana anda bisa melihat apa yang dilihat oleh drone secara langsung melalui smartphone anda sebagai monitornya. Namun teknologi FPV apa yang dimiliki oleh Syma X8Pro? Sayangnya, Syma X8Pro masih menggunakan teknologi Wifi untuk melakukan FPV. Untuk sebuah drone GPS, masih menggunakan Wifi-FPV dan sungguh sayang sekali lagi, karena dalam aplikasi FPV syma untuk Syma X8Pro dalam layarnya dirasa kurang lengkap, karena hanya menampilkan tampilan yang basic saja. Padahal untuk drone GPS setidaknya di bagian layar bisa dicantumkan UI seperti telemetry dan map dimana posisi drone saat ini. Mungkin kedepannya Syma harus memperbarui kekurangan yang ada di Syma X8Pro.



Untuk kualitas kameranya juga masih standar. Jadi apabila anda ingin mendapatkan gambar yang lebih bagus dari kamera bawaan, lebih baik anda tidak usah main FPV lalu ganti kamera dengan actioncam anda sendiri, sehingga anda akan mendapatkan hasil gambar yang lebih baik asalkan anda menggunakan action cam yang bagus juga.


Spesifikasi Drone Syma X8Pro - OmahDrones

Umumnya, ketika anda membeli Syma X8Pro anda akan mendapatkan item seperti dibawah:
1 x Quadcopter ( Battery Included ),
1 x Transmitter,
1 x Mobile Phone Holder,
4 x Spare Propeller,
1 x Screwdriver
1 x Charger



Meski sudah mendapatkan upgrade GPS, nyatanya hingga artikel ini ditulis masih cukup banyak yang kecewa akan peformanya, seperti GPS yang kurang sip, ketika diterbangkan lalu throttle di stop, dia bukan stop malah melakukan maneuver melingkar yang sering disebut “Toilet Bowl”. Ketika tuas di gerakkan pun masih sering tidak berfungsi seakan stick pada transmitter rusak, padahal itu adalah bug dalam transmisi kendali serta system GPS pada drone. Kalaupun Syma mau memperbaiki sekian banyak bug yang masih ada di Syma X8Pro. Bukan tidak mungkin Syma X8Pro bisa menyaingi Bayangtoys X16 kalau kata admin,

Untuk mendapatkan Drone Syma X8 Pro ini, anda bisa membelinya melalui link Afiliasi Shopee dibawah ini,

Cek Harga dan Beli Drone Syma X8 Pro

Link mati? bisa Lapor Disini



Spesifikasi Drone Syma X8Pro - OmahDrones

Dan terakhir, untuk harganya sendiri, Syma X8Pro dibandrol dengan harga 128USD atau setara dengan 1.7juta. dari segi harga memang tidak jauh beda dengan Bayangtoys x16, namun kalau anda ingin mendapatkan drone GPS yang sudah menggunakan motor brushless, lebih baik anda membeli Bayangtoys X16 saja kalau saran admin, walau semua terserah anda juga.