Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS


Makin kedepan, mulai bermunculan produk – produk drone baru yang semakin membuat pusing para pecinta drone  yang ingin menambah koleksi mereka. Terutama di drone kelas toys dimana fungsi utamanya untuk mendapatkan kesenangan semata dengan terbang dan mengambil sejumlah gambar dokumentasi baik dalam bentuk foto ataupun video. Makin kesini, produsen drone juga menambahkan beberapa komponen yang membuat drone ini memiliki kelebihan apabila dibandingkan dengan drone kelas toys lainnya. Seperti misalnya dengan menambahkan set FPV 5.8GHz, atau dengan memberinya GPS sehingga drone bisa mempertahankan posisinya ketika terbang, berbeda dengan drone sekelas yang tidak diberi GPS, mereka akan terbawa angin apabila ketika terbang hovering drone tersebut menerima terpaan angin. Sebenarnya juga banyak sekali drone kelas toys yang sudah dilengkapi dengan GPS, seperti misalnya Hubsan H512, lalu ada juga JJRC H32.

Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones



Dan pada kesempatan kali ini, kita juga akan membahas sebuah drone yang juga sudah dilengkapi dengan GPS System, namun dia masih termasuk dalam kelas toys. Penasaran dengan melihat gambar diatas harusnya anda sudah bisa tau ini drone apa. Yap, nama panjangnya adalah Global Drone X183. Kalau dilihat dari bentuknya, Global Drone X183 ini memang mirip sekali dengan Bayangtoys X16. Karena mungkin Global Drone X183 juga masih menggunakan cetakan body yang sama dengan bang toyib. Namun yang membuat drone ini beda dari si bang toyib adalah di bagian motornya. Global Drone X183 ini sayangnya masih menggunakan brushed motor. Ukurannya mungkin sama dengan ukuran motor yang digunakan oleh drone Syma X8C.


Itu berarti, motor yang ada pada Global Drone X183 ini perlu perhatian khusus dari anda nantinya. Seperti halnya anda merawat drone brushed lainnya yang harus diperhatikan seperti suhu motor yang dipengaruhi oleh lama terbang, lalu kondisi gear, dan beberapa factor lainnya. Namun bukan berarti kekurangan yang dimilikinya tidak menimbulkan kelebihan, justru karena dia menggunakan motor brushed, Global Drone X183 jadi memiliki harga yang lebih murah apabila dibandingkan dengan Bayangtoys X16. Fitur yang ditawarkan oleh Global Drone X183 juga banyak, seperti auto take off, auto landing, headless mode, dan yang jelas karena dia sudah memiliki GPS dia bisa altitude hold sembari tetap berada di posisi karena dia sudah mengetahui posisinya melalui GPS.

Spesifikasi Global Drone X183 bisa anda simak dibawah ini:
Material: Plastic + Metal

Optional Colors: Black, White
Pixel: 2MP
Max Image Resolution: 1920x1080
Video Resolution: 720P
Storage Format: JPG/MP4
Drone Size with Propellers: 62.5 * 62.5 * 19.5cm / 24.6 * 24.6 * 7.7inch
Drone Battery: 7.4V / 2000mAh Li-po
Controller Battery: 4 x AA Batteries (Not Included)
Charging Time: 240mins
Flying Time: 10mins
Unobstructed Controlling Range: 400m / 1312.3ft
Frequency: 2.4GHz
Weight: 1509g


Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones

GPS pada Global Drone X183 ini tidak hanya berada di unit drone, namun di unit remote juga memiliki GPS, maka dari itu dia juga dipanggil Global Drone X183 Double GPS, karena satu GPS berada di drone dan satunya di remote. Lalu apa yang anda dapatkan dari double GPS ini? ini yang akan anda dapatkan adalah Follow me mode, dimana Drone akan mengikuti anda, dengan mekanisme sebenarnya drone mengikuti pergerakan remote anda melalui data koordinat yang diambil dari GPS. Untuk spesifikasi ringkas dari drone ini bisa anda simak dibawah ini:


Baterai bawaan dari Global Drone X183 ini justru terbilang sangat standar. Dia hanya dibekali dengan baterai universal bertegangan 7.4 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 2000mAh. spesifikasi baterai yang sama digunakan oleh Syma X8C juga. dengan baterai ini kebanyakan pilot hanya dapat menerbangkan Global Drone X183 dalam waktu 5 menit saja. Namun sebagai pertimbangan panasnya motor dan konsumsi energy untuk GPS, waktu terbang 5 menit sudah ideal untuk Global Drone X183. Kalau masih kurang, mungkin anda bisa menyediakan baterai dengan spesifikasi sama, yang bisa anda beli secara mudah. Namun admin rasa, maksimal Global Drone X183 baiknya hanya diterbangkan selama 10 menit dalam satu waktu, supaya motor bisa lebih awet daripada anda gunakan nonstop hingga ganti beberapa baterai. Untuk  charging baterainya, karena dari pabrik anda akan mendapatkan USB Charger, maka gunakanlah Adaptor USB untuk dapat mengisi baterai dengan arus listrik yang lebih optimal.

Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones

Di bagian unit kendali, anda akan mendapatkan remote yang bentuknya bisa dibilang keren, hanya saja pada banyak tombol di remote ini tidak disertai dengan label yang bisa kita gunakan untuk menghafal tiap fungsi tombolnya. Maka dari itu mungkin anda akan lebih baik untuk memberinya label sendiri untuk lebih mudah menghafal tombolnya. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan Global Drone X183 hingga dalam radius sejauh 300 meter. Untuk mengetahui telemetri seperti jarak, tinggi, Status satelit GPS dan lain – lain, anda juga sudah disediakan LCD kecil di bagian bawah remote. Bukan hanya sampai disitu saja, namun di bagian atas remote juga bisa anda pasang phone holder yang justru tidak anda pasang smartphone disitu.


Itu karena di tiap pembelian Global Drone X183 anda juga mendapatkan satu monitor FPV 5.8GHz. yap benar 5.8GHz, anda sudah bisa melakukan FPV 5G dengan drone ini, jadi sudah tidak perlu smartphone anda lagi sebagai monitornya. Dan apabila anda sudah memiliki FPV Goggles, anda juga tentu bisa menggunakan Goggles favorit anda untuk melakukan FPV.

Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones

Kamera bawaan yang dimiliki oleh Global Drone X183 memiliki sensor 2MP. Dengan kamera ini anda bisa langsung FPV sembari merekam atau mengambil foto dari kamera ini yang akan disimpan langsung dalam MicroSD yang sudah anda pasang di belakang kamera. Sehingga walau ketika FPV anda menemukan lag dan loss signal, maka hasil videonya akan tetap tanpa gangguan sinyal. Kalaupun anda tidak puas dengan kamera bawaan, anda juiga bisa memasang action cam anda sendiri menggunakan mount yang bisa anda temukan di pasaran. Biar Global Drone X183 masih menggunakan brushed motor, namun dia juga sudah bisa mengangkat sebuah action cam.

Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones

Tiap pembelian Global Drone X183, umumnya anda akan mendapatkan:
 1 x Quadcopter with Battery

1 x Controller 
4 x Propellers
2 x Landing Gears
4 x Propeller Guards
1 x USB Charger 
1 x Camera
1 x Phone Holder
4 x Propeller Caps
1 x Screwdriver
1 x Bag of Screws
1 x Manual



Oke, kesimpulan admin untuk Global Drone X183 ini mungkin untuk anda yang sedang menginginkan Bayangtoys X16 atau Aosenma? Namun belum memiliki uang yang cukup, dan keburu ingin beli drone ber GPS dan punya banyak fitur mungkin Global Drone X183 memang menjadi salah satu pilihan yang wajib anda pertimbangkan. Belum lagi dia malah sudah Double GPS yang dapat melakukan fungsi Follow Me.

Spesifikasi Global Drone X183 Double GPS - OmahDrones

Katanya tadi lebih murah, lantas berapa sih harga untuk sebuah Global Drone X183. Berdasarkan di beberapa situs olshop internasional, Global Drone X183 memang hanya dibandrol sekitar 100USD saja, ya mungkin sekitar 1.3 jutaan saja anda sudah bisa membawa pulang Global Drone X183 dan langsung terbang. Namun apabila sudah di tangan seller Indonesia, harga bisa berubah drastis jadi jangan terlalu terkejut apabila ada seller Indonesia yang menjual Global Drone X183 dengan harga mahal. Global Drone X183 bisa menjadi jawaban bagi anda yang ingin FPV 5.8 GHz dan tentu saja GPS supaya drone bisa pulang sendiri.