Spesifikasi Drone Eachine EX1 - Brushless GPS Ready

Kemarin kita sudah pernah mengulas tentang sebuah drone baru dari JJRC yang memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada drone kelas toys buatan JJRC sebelumnya, yakni JJPRO X3 Hax . drone tersebut memang menjadi drone yang sedang dicari oleh banyak orang ketika artikel tersebut dibuat, dengan motor brushless yang juga sudah dilengkapi dengan GPS, serta harga yang masih bisa masuk akal dan tidak terbilang mahal untuk drone dengan kemampuan seperti itu. Namun beberapa pilot yang sudah mencoba JJPRO X3 Hax memiliki keluhan tersendiri mengenai drone tersebut, seperti masalah utama di bagian kompas dan GPS. Kalibrasi kompas terbilang susah, dan untuk menunggu GPS terkunci juga cukup lama, setelah itu di tambah ketika terbang, GPS Trackingnya juga terbilang buruk.



Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones

Dengan brand baru yang juga mengembangkan drone dengan spesifikasi serupa, JJPRO X3 Hax nampaknya juga di kembangkan oleh Eachine, di tangan eachine dia diberi nama Eachine EX1. Kalau anda lihat bentuknya memang sama persis kan dengan JJPRO X3 Hax? Mungkin hanya beda di warna saja. Nah namun Eachine menawarkan Eachine EX1 ini dengan satu kelebihan yakni dalam iklannya Eachine EX1 dikatakan memiliki double GPS. Apa maksudnya? Apakah satu GPS untuk drone dan satu GPS untuk transmitter sehingga bisa memiliki fitur Follow Me? Atau dua GPS tersebut terpasang dalam badan Eachine EX1 supaya dia bisa mendapatkan sinyal GPS lebih baik?

Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones

Jawabannya adalah semua GPS terletak pada drone,  sehingga drone Eachine EX1 harusnya memiliki penguncian GPS lebih baik dari JJPRO X3 Hax. Untuk fitur yang ditawarkan Eachine EX1 juga tidak jauh beda dengan si JJPRO X3 Hax seperti:
  • Come with 1080P HD WIFI camera.
  • Brushless Motor strong power to the quadcopter.
  • With outdoor GPS positioning function, the GPS system allows precise positioning and automatic position hold, ensuring better stability and safer flights.
  • WIth indoor altitude hold function can set height.
  • Mobile phone WiFi control, FPV by mobile phone screen.
  • WIth GPS one key return to home function, the drone can be controlled to return to home at one key.
  • With auto low-voltage return to home function, the drone will return to the location when the battery voltage is low.
  • With auto signal loss return to home function, drone will return to the location where the transmitter is when lost connection to the transmitter.



Sedangkan untuk spesifikasi ringkas dari Eachine EX1 bisa anda simak dibawah:
Brand name:EACHINE
Item name: EX1
Frequency : 2.4G
Channel : 4CH
Gyro:6 Axis
Motor Type: 2300KV 1806 Brushless Motor
ESC: 2S 12A
Control Distance: 500m
WIFI FPV Distance: 200m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Battery: 7.4V 2000mAh Lipo battery (included)
Charging time: 60-120mins
Flying Time: 15-17mins
Camera: Yes
Video Resolution: 1080p
Color: White
Product size (L x W x H): 40 x 40 x 7.5 cm
Package size (L x W x H): 31 x 26 x 16 cm



Sebagai drone yang sudah dilengkapi GPS tentu Eachine EX1 sudah harus memiliki kemampuan Altitude hold, sedangkan di sumber tenaganya, Eachine EX1 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2000 mAh yang tegangannya 7.4 Volt. Baterai ini seperti yang bisa ditebak adalah baterai khusus untuk Eachine EX1. Untuk membeli baterai cadangannya anda memang bisa beli langsung ke Eachine, namun karena bentuk dan desain Eachine EX1 sama dengan JJPRO X3 Hax, mungkin baterainya juga sama bentuknya. Untuk pengisian ulang baterai, baterai Eachine EX1 menggunakan micro USB Port untuk charging portnya, sehingga anda bisa menggunakan charger smartphone anda langsung unduk melakukan pengisian ulang baterai Eachine EX1, sehingga semakin mudah untuk charging.


Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones

Di bagian remote controlnya Eachine EX1 juga memiliki controller yang mirip dengan JJPRO X3 Hax, bedanya pada controller Eachine EX1 sudah dilengkapi pula dengan LCD yang akan menampilkan telemetri seperti ketinggian drone, jarak, kecepatan, kapasitas bterai drone dan remote, indicator foto video serta tentunya status GPS yang terkunci. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan Eachine EX1 hingga 500 meter, namun disini juga terdapat fitur Electric Fence nya, yakni fitur dimana anda hanya diberi jangkauan 300 meter dan tinggi maksimal 100 meter ketika terbang. Fitur ini bisa anda non aktifkan juga, namun saran admin tentu lebih baik di aktifkan terus karena jarak 300 meter sudah lebih dari cukup untuk sebuah drone seukuran Eachine EX1. Lalu apa yang terjadi ketika anda terbang lebih dari 300 meter kalau fence nya on? Drone akan return to home secara otomatis.


Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones

Drone ini juga dilangkapi dengan kamera eksternal. Kamera ini memang bisa di lepas pasang. Di bagian unit kamera ini juga terdapat slot untuk MicroSD yang artinya foto dan video yang anda ambil bisa langsung tersimpan dalam MicroSD. Anda tidak akan mendapatkan video dengan LAG lagi karena video akan langsung tersimpan dalam memory tanpa perantara sinyal digital. Kamera bawaan ini sudah bisa mengambil video dengan resolusi 1080p. selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan Wifi, yang artinya anda juga bisa melakukan Wifi-FPV dengan Eachine EX1. Hanya saja, kamera ini menggunakan Wifi 5G untuk transmisinya, sehingga setidaknya smartphone anda sudah support Wifi 802.11ac untuk bisa melakukan Wifi-FPV.



Ada dua cara untuk mengambil video dengan Eachine EX1, yakni via controller dan juga via app. Admin sarankan apabila anda memasang MicroSD pada kamera, anda record melalui controller supaya video rekaman akan langsung tersimpan dalam memory di kamera. Namun apabila anda ingin merekam via Wifi, anda bisa gunakan tombol record pada app yang nanti videonya akan tersimpan dalam smartphone anda.



Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones

Tiap pembelian Eachine EX1, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Eachine EX1 Quadcopter With Camera
1 x Transmitter
1 x 7.4V 2000mAh Lipo Battery
8 x Propeller
1 x USB Charging Cable
1 x Phone Holder
1 x Manual



Sebagai upgrade dari JJPRO X3 Hax, meski beda brand, Eachine EX1 mungkin juga layak dicoba apabila anda menginginkannya. Drone ini apabila ternyata kemampuannya bisa seperti apa yang menjadi ekpsektasinya, bukan tidak mungkin dia bisa menyaingi Bugs 2 dari MJX yang juga sudah menggunakan brushless motor serta double GPS dan GLONASS. Namun, untuk menjadi nilai plus dari Eachine EX1 adalah electric fence nya yang sebenarnya juga sangat membantu bagi pemula ketika pertama menerbangkan drone dengan GPS.

Spesifikasi Drone Eachine EX1 - OmahDrones



Untuk harga pasaran di seluruh dunia, paling murah ia dibandrol dengan harga 170 USD,. Atau setara juga dengan 2.4 Jutaan, harga yang relatif sama dengan harga Bugs 2 di Indonesia. Kalau untuk harga internasional mungkin malah justru lebih murah Bugs 2. Apakah Eachine EX1 ini menjadi salah satu refrensi yang bagus , mengingat sekarang hampir semua produsen drone juga berlomba – lomba mengeluarkan drone serupa untuk menarik peminat lebih banyak.