Spesifikasi Drone Syma X14 - Drone untuk Pemula

Sudah lama admin tidak membahas tentang drone basic flying yang dikhususkan untuk para pemula untuk belajar terbang. Drone yang benar – benar for beginner memang sudah jarang diminati juga di Indonesia berdasarkan pantauan admin setidaknya hingga artikel ini ditulis. Mayoritas para pemula justru langsung mencari drone yang memiliki banyak fungsi sekalian, sehingga mereka beranggapan bahwa mereka jadi tidak usah upgrade drone lagi untuk kedepannya karena sudah memiliki drone yang mereka impikan setidaknya walaupun masih kelas toys. Jadi para beginner flyer, kali ini admin akan membahas drone yang memang khusus untuk kalian, bahkan bagi yang masih anak umur 12 saja sudah pantas untuk menerbangkan drone ini.




Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones

Drone ini dari Syma, seperti yang sudah kita ketahui Syma memiliki drone untuk segala umur atau grade, mulai dari yang basic hingga yang sudah memiliki banyak fitur. Kebanyakan drone yang memiliki banyak fitur akan di beri label Age 14. Namun untuk drone kali ini, dia memiliki label Age 12, itu tandanya drone ini memiliki fitur terbang yang masih basic alias dasar. Sehingga drone ini cocok untuk anda yang sedang belajar menerbangkan drone. Untuk anak – anak sebagai mainan keren juga oke, karena pada dasarnya anak umur 12 saja sudah bisa menerbangkan drone ini, bagaimana spesifikasinya mari kita coba ulas pada kesempatan kali ini.


Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones

Drone ini memiliki nama lengkap Syma X14. Drone ini memiliki desain yang juga super dasar. Dengan body dan kerangka yang dibuat seringan mungkin supaya ia bisa terbang lebih lama karena meringankan kinerja motor. Drone ini juga sudah dilengkapi dengan Propeller Protector yang sudah dipasang secara permanen. Sebenarnya anda bisa melepas propeller protector ini dengan membuka body drone Syma X14. Namun untuk keamanan ketika terbang untuk mencegah propeller kontak langsung dengan halangan seperti dinding ketika terbang. Maka propeller ini lebih baik selalu terpasang dengan benar. Karena kalau sudah menabrak sesuatu, mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kerusakan pada motor, anda harus mengganti motor dan propeller kalau propellernya juga rusak, bahkan kalau di gearboxnya juga jadi aus, anda harus ganti full propeller system mulai dari propeller, gear hingga motor.



Untuk spesifikasi ringkas dari drone Syma X14 ini bisa anda simak dibawah ini:
Brand: Syma
Type: Indoor,Outdoor,Quadcopter
Model: X14
Features: Brushed Version,No camera,Radio Control
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 3D rollover,Forward/backward,Headless Mode,Height Holding,Level Calibration,Low-voltage Protection,One Key Landing,One Key Taking Off,Over-current Protection,Sideward flight,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,With light
Size: Small
Night Flight: Yes
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Age: Above 12 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Detailed Control Distance: 40~50m
Compatible with Additional Gimbal: No
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: Built-in rechargeable battery
Battery: 3.7V 450mAh 35C lithium-ion battery
Flying Time: 7~8mins
Charging Time.: less than 130 minutes
Battery Size: 4.5 x 2.4 x 0.7cm
Battery Weight: 14g


Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones

Sebagai drone untuk beginner flyer, Syma X14 dibekali dengan baterai bawaan berkapasitas 450mAh dan tegangannya sebesar 3.7 Volt. Kalau umumnya baterai untuk drone basic dengan spesifikasi baterai seperti ini masih menggunakan colokan baterai “putih”. Untuk Syma X14 ini justru sudah menggunakan port atau colokan “Merah” seperti syma X5HW contohnya. Jadi ketika anda beli baterai dan ternyata colokannya beda, anda mungkin harus beli converter dari colokan putih ke merah supaya baterai anda bsia dipakai oleh Syma X14. Dengan baterai ini setidaknya anda bisa terbang maksimal full bisa selama 8 menit. Untuk chargingnya, anda bisa menggunakan Port USB pada komputer atau Laptop, namun akan lebih efisien apabila anda charge menggunakan Adaptor USB seperti untuk charge Smartphone dengan Arusnya maksimal 1 Ampere.


Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones

Di unit pengendali atau transmitter, Syma X14 memiliki transmitter generasi baru dari Syma, berbeda dari sebelumnya. Transmitter model ini lebih elegen di desain serta memiliki tata letak tombol yang lebih sederhana. Dalam spesifikasi Syma X14, Remote ini hanya memiliki jarak maksimal 50 meter, namun kenyataannya ada seorang pilot yang mencoba test jangkauan dari remote ini dan dia bisa mencapai jarak hingga 100 meter, namun dalam kondisi di tempat ia terbang minim intervensi sinyal. Dengan remote ini anda sudah bisa mengendalikan drone dengan seluruh fitur bawaannya.



Lalu apa saja fitur yang ditawarkan oleh drone Syma X14 ini? meski ia untuk pemula, bukan berarti ia minim fitur. Karena Syma X14 juga dibekali beberapa fitur seperti
- Altitude hold
Kemampuan altitude hold, dimana drone dapat mempertahankan ketinggiannya sewaktu terbang sudah diterapkan juga di Syma X14
- One Key Take-off/Landing
Untuk terbang dan mendarat, anda bisa langsung menggunakan 1 tombol saja. Mudah kan.
- Headless mode
Apabila bingung orientasi, maka tekan tombol headless mode, lalu arah depanmu akan selalu menjadi arah depan drone. Tapi jangan pindah posisi atau ganti hadapan kalau anda belum terbiasa.
- Flip
Syma X14 juga sudah memiliki kemampuan “jungkir balik”, jadi anda tidak sekedar terbang saja namun juga bisa atraksi kecil – kecilan dengan flipping.


Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones

Ketika membeli Syma X14, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan seperti:
1 x Quadcopter ( Battery Included ),
1 x Transmitter,
1 x USB Cable,
4 x Spare Propeller,
1 x Screwdriver,
1 x English Manual



Drone ini memang di desain untuk pemula, bisa dilihat dari struktur drone ini sendiri ditambah dengan minimal age requirementnya yang minimal umur 12 tahun. Meski begitu, kedepannya Syma X14 mungkin akan ditambah dengan kamera, sebab di bagian depan bawah body terdapat slot MicroSD yang masih menyatu dengan body, itu tandanya kedepannya mungkin Syma X14 akan ada versi Camera juga. jadi untuk para beginner flyer anda akan dimanjakan apabila fitur kamera sudah diterapkan untuk Syma X14, karena anda jadi bisa mengambil gambar juga menggunakan drone ini.

Spesifikasi Drone Syma X14 - OmahDrones



Untuk anda yang ingin membelinya, Syma X14 dalam onlineshop internasional memiliki harga termurah sebesar 40 USD. Kalau diubah ke kurs Indonesia setara dengan Rp 500 ribuan,. Memang untuk drone kelas toys dan untuk pemula dengan basic function memiliki harga dibawah satu juta, oleh karena itu, bagi anda yang mungkin ingin coba – coba masuk ke dunia drone, atau coba – coba ingin menerbangkan drone, Syma X14 mungkin menjadi salah satu drone yang cocok untuk anda coba.