Spesifikasi Drone Eachine E53

Eachine, salah satu manufaktur pemroduksi drone yang sudah memiliki berbagai macam jenis plus juga aksesori di bidang FPV nya yang sudah mendunia ternyata belum membuat mereka menjadi berpuas diri. Itu dibuktikan dengan masih munculnya drone keluaran baru dan produk – produk baru buatan mereka yang siap menempati pasar – pasar di seluruh dunia. Tak Cuma produk baru, Eachine pun juga memberikan upgrade pada beberapa produknya untuk memperbaiki kekurangan produk tersebut sebelumnya, sehingga tentu konsumen disini bisa mendapatkan produk yang maksimal baik disisi kualitas juga fungsionalitasnya. Bicara soal produknya, kali ini admin akan membahas salah satu produk dari Eachine yang juga mendapatkan upgrade sehingga menjadi lebih sempurna.



Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones


Produk kali ini masih berupa drone, dengan nama Eachine E53, drone ini bisa dibilang unik dan tidak seperti kebanyakan drone pada umumnya. Desainnya yang super ramping, membuatnya terlihat seperti drone yang hanya bisa terbang saja. Padahal, drone ini memiliki banyak kemampuan dan tidak hanya bisa sekedar terbang saja. Sebenarnya bentuknya yang super ramping ini menjadi salah satu kelebihannya, dengan desain yang ramping ini, Eachine E53 dirancang untuk menjadi sebuah foldable drone, dimana ketika tidak sedang diterbangkan, Eachine E53 dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih mudah untuk dibawa. Dimana kebanyakan foldable melipat lengan drone secara horizontal, Eachine E53 justru dirancang untuk dilipat secara vertical, sehingga ketika dilipat, drone ini bisa dimasukkan ke dalam tempat minum karena ukurannya yang kecil memanjang.


Dari eachine pun sudah memaparkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Eachine E53 ini seperti:
Features:
- Novel and unique appearance with foldable arms, it will give you a special look. A wonderful gift!
- Intelligent altitude hold can precisely hold the quadcopter at any height desired.
- 0.3MP camera can capture and record every beautiful and unforgettable moment.
- Wifi real-time transmission FPV system which can capture photos and record videos for your great memory.
- With wifi function can be connected APP, APK system to take pictures, video, real-time transmission through the phone camera image.
- Headless mode completely solving pilot loss-of-orientation problem.
- One Key return function makes it easily find the way home.
- Attractive 3D-flip function, brings more fun for you.
- It has 6-axis gyro which can have more stable flying and be easy to control.
- 4 Channel which can do ascend, descend, forward, backward, left sideward fly, right sideward fly.



Untuk spesifikasi ringkas dari drone Eachine E53  bisa dilihat dibawah ini:
Brand Name: Eachine
Item NO.: E53
Color: Black & White
Gyro: 6 Axis gyro
Motor: Brushed motor
Camera Pixel: 0.3MP
Real-time Transmission: Wifi
Control Distance: About 50m
Drone Battery: 3.7V 350mAh LiPo battery (Included)
Transmitter Battery: 6*AA dry battery (NOT Included)
Transmitter Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Flight Time: About 7mins
Charging Time: About 60mins
Quadcopter Size: 23 * 23 * 4cm (unfolded) 14.5 * 6.5 * 5.8cm (folded)
Quadcopter Weight: 70g (including battery)


Eachine E53 memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 350mAh dengan tegangan 3.7Volt. untuk ukuran drone yang ramping seperti ini, kapasitas sebesar itu sudah tergolong mencukupi untuk terbang dalam waktu standar. Eachine mengatakan kalau Eachine E53 bisa terbang hingga 7 menit dengan baterai ini, meski pada praktiknya juga dipengaruhi oleh beberapa factor eksternal. Dengan baterai tipe universal seperti ini, anda bisa dengan mudah mencari baterai cadangannya apabila diperlukan. Serta untuk pengisian ulangnya anda bisa menggunakan USB Charging Cable bawaan dari Eachine. Pastikan ketika pengisian ulang baterai dalam kondisi bersuhu normal, alias tidak panas, supaya umur baterai bisa lebih panjang.


Dulu, Eachine E53 keluar dalam BNF version, artinya dia tidak disertai dengan remote atau transmitter ketika pembelian, itu mengharuskan anda menggunakan smartphone anda untuk bisa menerbangkan drone ini, karena banyak feedback yang mengatakan bahwa control menggunakan smartphone terlalu sulit, maka Eachine memberikan upgrade dengan mengeluarkan Eachine E53 dalam RTF version, sekarang anda bisa membeli Eachine E53 dengan remote sehingga untuk menerbangkannya akan jauh lebih mudah daripada menggunakan smartphone langsung.

Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones


Remote ini memiliki kemampuan standar dengan transmissi frequensi 2.4GHz dan dengan tambahan tombol fungsi seperti auto take-off & landing, Headless mode dan One key return. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan drone Eachine E53 hingga dalam radius sejauh 50 meter dalam kondisi tanpa intervensi sinyal. Dan juga Eachine E53 sudah memiliki fitur Altitude Hold yakni kemampuan dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya ketika terbang, yang juga merupakan fitur dambaan banyak penggemar drone khususnya pada drone kelas toys.

Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones

Sedangkan pada bagian kamera, Eachine E53 juga sudah dibekali dengan kamera, meski masih tergolong spek standar, yakni kamera ber resolusi 0.3 MP, namun dengan kamera ini anda sudah bisa melakukan Wifi FPV. Untuk membuat smartphone anda menjadi sebuah monitor FPV anda hanya perlu mendownload aplikasinya lalu hubungkan ke drone, dan terbang. Seluruh tombol operator kamera berada di smartphone, sehingga ketika anda ingin melakukan foto dan video, anda hanya harus menekan tombol yang ada dalam aplikasi.


Sekarang ada dua versi untuk tiap pembelian dari drone Eachine E53, yang umumnya dalam tiap versi anda akan mendapatkan kelengkapan seperti detail dibawah ini:

Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones

BNF Version:
1 x Eachine E53 RC Quadcopter
1 x 3.7V 350mAh LiPo Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Pair of Spare Propeller
1 x Screwdriver
1 x Manual

Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones

RTF Version:
1 x Eachine E53 RC Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 3.7V 350mAh LiPo Battery
1 x USB Charging Cable
2 x Pair of Spare Propeller
1 x Screwdriver
1 x Manual


meski dipasaran tersedia dua versi, namun kalau saran dari admin apabila anda ingin membeli drone Eachine E53 ini, lebih baik anda membeli yang RTF version saja, disamping karena banyak pilot yang menyarankan untuk membeli RTF version, ketika anda ingin menerbangkannya dengan smartphone langsung pun juga masih bisa. Terlebih apabila anda masih pemula, maka tetap disarankan untuk membeli versi RTF.

Spesifikasi Drone Eachine E53 - OmahDrones


Sedangkan untuk masalah harga, di pasar internasional, Eachine E53 dibandrol dengan harga sebesar 31 USD, atau setara dengan Rp 400 ribuan,. Drone ini memang unik, jadi untuk bisa memiliki drone ini pun bagi beberapa orang akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, disamping bentuknya yang cukup unik dan keren, fitur yang ditawarkan juga sudah sangat sepadan dengan harganya.