Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - Mavic Pro Clone yang Sesungguhnya

Kembali lagi di postingan admin kali ini, dan admin rasa kita disini sudah tau pembahasan kita kali ini akan membahas drone apa, yap, seperti yang tertera pada judul di atas, atau mungkin anda tertarik oleh gambar yang ada dibawah ini, yap. Drone ini memang mirip sekali dengan DJI Mavic Pro, namun jangan salah sangka, karena ini adalah salah satu clone atau replica dari drone DJI Mavic Pro. Drone ini Nampak seperti DJI Mavic asli, maka dari itu orang yang baru melihat mungkin akan menyangka kalau drone ini adalah si mavic. Memang popularitas DJI Mavic membuat banyak perusahaan tidak ingin ketinggalan memanfaatkan situasi yang sedang terjadi. Seperti produsen drone kelas toys pun juga tidak ingin ketinggalan dengan membuat replikanya, seperti Visuo X809 atau Eachine E58.



Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones

Drone yang satu ini, sudah bukan kelas toys lagi. Sebab dia sudah menggunakan hardware dan komponen yang cukup meyakinkan untuk menjadikannya drone semi professional. Yap, drone ini belum admin anggap sebagai professional drone, karena ada beberapa hal yang membuatnya belum bisa admin anggap ke professional. Meski begitu, dia sudah menggunakan motor brushless dan memiliki ukuran yang bisa dibilang hampir sama sepenuhnya dengan DJI Mavic. Inilah si Obtain F803 buatan dari C-Fly yang akan kita coba ulas kemampuannya pada kesempatan kali ini, apakah kemampuannya bisa menyamai DJI Mavic yang sesungguhnya?

Untuk fitur yang ditawarkan C-Fly Obtain F803 antara lain:
GPS positioning system
3-axis brushless gimbal
Foldable and portable
With the touch of a button, it can take flight and return to home
HD camera to take 2K photo and 1080P video
2212 brushless motor with strong power
26 minutes super long flying time
500m control range and 500m image transmission
Follow me & circle me function

Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones

Seperti yang sudah tertera diatas, drone ini sudah dilengkapi juga dengan GPS. Dengan adanya GPS tentu drone ini bisa lebih aman ketika terbang di area terbuka seperti drone professional lainnya, sejauh ini memang sudah banyak drone kelas toys yang juga sudah dilengkapi dengan GPS, namun untuk yang satu ini, lebih diperkaya lagi dengan kemampuan – kemampuan lainnya sehingga dia termasuk dalam kategori drone semi professional.


Untuk spesifikasi ringkasnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
Model: OBTAIN F803
Colors: Black / White optional
Motor Type: Brushless Motor
Remote Control: 2.4G
Detailed Control Distance: About 500m
Image Transmission Distance: About 500m
Battery: 11.1V 3800mAh (3S LiPo)
Flying Time: About 26mins
Transmitter Battery: 3.7V 2200mAh rechargeable 18650
Video Resolution: 1080P
Photo Resolution: 2560 * 1440
Gimbal: 3-axis brushless
Flying weight: 810g
Product size: Unfolded: 476 * 476 * 92mm / Folded: 233 * 135 * 97mm
App Transmission Resolution: 480p @25fps
App Requirement: iOS 8.0 or above; Android 4.4 or above


Sebagai sumber tenaga utamanya, C-Fly Obtain F803 ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sebesar 3800 mAh, dengan tegangan yang cukup tinggi yakni 11.1 Volt, sudah bisa dilihat disini kalau C-Fly Obtain F803 memang di desain bukan untuk mainan semata, dibekali dengan baterai yang harus mampu memberi tenaga kepada semua komponen drone agar bisa terbang dengan optimal. Baterai ini mampu menerbangkan C-Fly Obtain F803 selama maksimal 26 menit, namun pada kenyataannya rata – rata hanya bisa terbang antara 15 – 20 menit saja, karena mengingat ini drone dengan komponen yang kompleks, anda harus mendarat sebelum baterainya benar – benar habis. Seperti biasa, ketika baterai menipis segera landingkan drone, memang dia bisa return to home sendiri apabila baterai sudah hampir habis, tapi mencegahnya melakukan fungsi itu sebenarnya lebih baik.

Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones

Lalu untuk transmitternya, disini kalau dronenya sangat mirip seperti mavic, berbeda dengan transmitternya. C-Fly Obtain F803 memiliki transmitter sendiri dengan susunan tombol yang sudah didesain oleh C-Fly. Untuk penataan tombol juga sudah sederhana, sehingga mudah dimengerti. Anda juga bisa meletakkan smartphone anda diatas remote untuk bisa mendapatkan video FPV langsung dari drone. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan C-Fly Obtain F803 hingga radius 500 meter. Transmitter ini ditenagai oleh baterai sebesar 2200mAh dan untungnya rechargeable sehingga anda tidak perlu menggunakan baterai habis buang yang menambah polusi tanah.

Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones

Untuk bagian kameranya, pasti anda sudah heran apakah dia menggunakan gimbal, atau Cuma sekedar hiasan saja. Nah, inilah yang membuat C-Fly Obtain F803 masuk ke kategori semi professional. C-Fly Obtain F803 memiliki 3 axis gimbal yang membuatnya bisa merecord video dengan halus walau ketika diatas drone tidak bisa tenang entah karena angin atau karena control anda, atau juga karena getaran yang ditimbulkan oleh motor. Dengan kamera bergimbal ini, anda bsia mendapatkan hasil video ber resolusi 1080p dan apabila anda gunakan untuk mengambil gambar anda akan mendapatkan gambar berukuran 2K. admin rasa dengan video 1080 ini sudah lebih dari cukup untuk menggunakan C-Fly Obtain F803 sebagai drone liputan, atau keperluan aerial lainnya. Untuk menyimpan gambarnya di bagian samping gimbal bisa anda masukkan Micro SD disana.

Untuk FPV, tentu bisa, namun untuk mendapatkan video FPV yang lebih jauh, prosedur menghubungkan smartphone ke drone tidak langsung di direct ke drone. Namun sambungkan wifi smartphone ke wifi transmitter. karena unit transmitter memiliki repeater sinyal wifi yang akan memperkuat koneksi FPV anda nanti ketika terbang.


Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones

Umumnya ketika pembelian anda akan mendapatkan:
Package list:
1 * Drone
1 * Transmitter
1 * Battery
1 * Charger Set
4 * Propeller
1 * USB Cable
1 * English Manual


Kesimpulan admin untuk drone C-Fly Obtain F803 ini. mungkin drone ini adalah jawaban bagi anda yang ingin membeli DJI Mavic Pro, namun anda belum memiliki dana lebih untuk membawanya pulang, anda bisa membawa pulang cloningannya ini, kalau keperluan anda sudah tercukupi oleh kemampuan kameranya yang maksimal bisa record di 1080p. terlepas dari itu, C-Fly Obtain F803 juga sudah cukup lengkap dengan semua fitur yang dimilikinya untuk anda yang ingin memiliki drone semi professional dengan bentuk yang keren (mirip mavic), mungkin C-Fly Obtain F803 adalah jawabannya.


Spesifikasi Drone C-Fly Obtain F8003 - OmahDrones


Untuk harganya, C-Fly Obtain F803 dibandrol dengan harga sebesar 500 USD. Itu setara 6 jutaan dalam rupiah, drone yang memiliki fitur sangat menggiurkan ditambah bentuknya yang mirip sekali dengan DJI Mavic memang membuat orang yang pengen mavic tapi belum sempet jadi ingin memilikinya, bahkan admin pun juga tertarik pada drone ini karena memang menarik. Jadi, masih mau nabung, atau belikan saja C-Fly Obtain F803 nih? Ya semua kembali ke keinginan kita masing – masing.