Spesifikasi Drone Cheerson CX-91

Cheerson kembali lagi datang dengan membawa sebuah kejutan, bukan mini drone yang keren, bukan semi-pro drone yang open source, bukan juga drone yang bsia dilipat. Tapi kali ini Cheerson memberikan pengalaman baru dengan melangkah ke drone kelas racing, dengan ini cheerson sudah semakin lengkap memroduksi berbagai jenis drone yang tentu siap memanjakan para pilot di seluruh dunia dengan produknya ini. meskipun banyak pilot yang berkata kalau drone racing ini masih belum bisa sepenuhnya untuk diadu dengan drone kelas racing sesungguhnya, namun admin rasa ini juga masih layak untuk dipertimbangkan karena dari beberapa sumber juga mengatakan bahwa Drone racing pertama dari Cheerson ini juga bisa dibilang layak untuk dicoba.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-91 - OmahDrones

Drone racing pertama dari cheerson memiliki nama Cheerson CX-91. Drone ini juga memiliki desain yang sepenuhnya drone racing. Mulai dari frame hingga stylenya, ditambah drone ini juga di lengkapi dengan kanopi penutup yang membuatnya lebih keren. Desainnya secara keseluruhan memang keren. Dengan motor yang sudah brushless yang siap memberikan daya angkat dan dorong yang maksimal dan juga tentunya lebih awet daripada brushed. Namun di bagian frame kurang jelas cheerson menggunakan material apa, namun yang jelas frame ini bukan berbahan fiber kaena tidak terlihat serat apapun dalam framenya. Lantas bagaimanakah kemampuan dari drone ini apabila dilihat dari spesifikasinya? Mari kita cari tau bersama pada kesempatan kali ini.



Beberapa fitur yang akan anda dapatkan dari drone Cheerson CX-91 antara lain:
• Highly agile FPV racer
• Mode 2 (left hand throttle) custom transmitter
• Optional flight modes
• Tough carbon fiber structure
• Up to 300m range
• 720 x 1280 HD camera
• 5.8G 32CH video transmitter with automatic frequency search
• Full color TFT LCD monitor with built-in OSD


Sebenarnya, Cheerson CX-91 memiliki dua varian, yakni CX-91A dan CX-91B. dimana CX-91A adalah versi sebelum CX-91B. namun spesifikasi dasarnya sama, hanya saja pada Cheerson CX-91B dia mendapatkan ekstra IC yang admin juga belum tau pasti itu IC untuk ESC atau apa, pada bagian mainboard Cheerson CX-91B.


Dibawah ini adalah spesifikasi ringkas dari drone Cheerson CX-91:
CX-91 specs:
Type: RTF FPV racing drone
Frequency: 5.8G
Battery: 11.1V 1600mAh LiPoly battery (Included)
Motors: 1806 Brushless
ESC: 4 in 1 18A brushless ESC
Rotor dia: 120mm
Working temperature: -10°C to +40°C
Flying time: 10~12mins
Range: <300m
Dimensions: 240 x 250 x 80mm
Weight: 420g(w/battery)

Spesifikasi Drone Cheerson CX-91 - OmahDrones

VTX specs:
Frequency: 5.8GHz
Channels: 32 CH
Camera: 720 x 1280
Video format: NTSC


VRX specs:
Monitor screen: 4.3" color
Type: TFT LCD
Resolution: 480 x 272 pixels
Aspect ratio: 16:9
Brightness: 500 cd/m2
Input: A/V
Power consumption: 500mW
Built-in battery: 2200mAh
Working time: <2hrs
Dimensions: 123 x 80 x 15mm



Sebagai baterai bawaan, Cheerson CX-91 dibekali dengan baterai bertegangan 11.1 Volt, dan dengan kapasitas sebesar 1600mAh. dengan baterai yang tegangannya besar atau tinggi, tentu dapat membuat drone lebih kuat di sisi tenaga, sehingga output power yang dihasilkan oleh motor juga lebih optimal. Untuk chargernya anda juga sudah mendapatkan charger bawaan dari Cheerson. Dan untuk proses pengisian ulang baterai tetap harus mengikuti prosedur untuk menjaga agar baterai tidak cepat drop atau rusak. Dengan cara menunggu hingga suhu baterai normal baru anda charge. Jangan sesudah terbang langsung di charge karena pasti baterainya panas, dan itu sangat tidak dianjurkan untuk mengisi ulang baterai. Untuk lama terbangnya sendiri bisa hingga 12 menit.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-91 - OmahDrones


Lanjut ke bagian transmitter, Cheerson CX-91 memiliki transmitter yang bentuknya juga sudah Nampak professional. Dengan penempatan tombol yang juga sudah seperti transmitter professional lainnya. Kenyamanan pilot juga diperhatikan disini. Dengan transmitter ini anda bisa menerbangkan drone hingga 300 meter dengan catatan minim intervensi sinyal. Dengan remote ini anda sudah bisa melakukan berbagai manuver dan bagi yang sedang latihan racing anda bisa mengawalinya dengan drone ini. dibagian atas remote bisa anda pasang satu monitor FPV untuk bisa FPV langsung dari kamera yang terpasang di depan drone.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-91 - OmahDrones


Seperti yang sudah anda tau, drone ini sudah FPV ready, bukan hanya Wfi-FPV namun sudah menggunakan frekuensi 5.8GHz, sehingga anda bisa melakukan FPV menggunakan FPV Goggle anda sendiri, kalaupun tidak punya, anda ketika pembelian juga sudah mendapatkan satu set FPV Screen sebesar 4.3 inci, yang sudah bisa langsung anda gunakan. Kamera yang terpasang pada drone Cheerson CX-91 memiliki kemampuan untuk merekam video dalam resolusi 720p. transmitter FPV nya pun memiliki 32 Channel yang bisa anda pilih juga, sehingga ketika ada intervensi video, anda bisa mengganti channel supaya kembali lancar. Untuk recordingnya juga anda tinggal memasukkan Micro SD pada kamera di drone, sehingga hasil rekaman yang anda dapat adalah gambar langsung dari kamera, anda tidak akan mendapatkan hasil video yang banyak gangguannya seperti ketika anda merekam dari FPV Screen.



Satu lagi yang beda antara Cheerson CX-91A dan Cheerson CX-91B adalah antenna FPV pada drone, kalau Cheerson CX-91A masih mendapatkan antenna omni, Cheerson CX-91B sudah diganti dengan antenna mushroom.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-91 - OmahDrones

Ketika anda membeli drone Cheerson CX-91, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan:
1 x Cheerson CX-91 Jumper FPV Quadcopter
1 x 11.1V 1600mAh 35C 3S battery
1 x 5.8G antenna
1 x Cheerson CX-91 5.8G Transmitter
1 x 4.3 inch 5.8G 32CH Monitor w/visor
1 x Monitor holder
1 x Mushroom antenna
8 x Black propeller
1 x Balance charger
1 x Screw driver
1 x Wrench
1 x Memory card set
1 x Data transmission cable
1 x Manual



Sekarang kesimpulan admin. Admin rasa drone ini lebih cocok untuk anda yang sedang belajar menerbangkan drone kelas racing, dari segi harga dan kualitas, Cheerson CX-91 bisa dibilang cocok untuk belajar racing. Tak hanya belajar terbangnya saja, anda juga bisa langsung belajar FPV menggunakan drone ini.




Sedangkan apabila anda hendak membelinya, harga internasionalnya dia dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari 190USD hingga 300USD lebih. Atau setara juga dengan 1.4jt hingga 4.2jt tergantung pada item yang sudah ada dalam bundle. memang tergolong mahal apabila untuk kelas Toy, namun untuk kelas racing harga sebesar itu masih tergolong wajar untuk drone racing dengan spesifikasi dan kemampuan seperti Cheerson CX-91. Jadi apakah anda hendak membeli drone ini untuk latihan racing atau untuk racing langsung?