Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard

DJI Phantom 3 Standard adalah salah satu drone buatan DJI keluarga dari Phantom di generasi ke 3. DJI Phantom 3 Standard adalah varian yang paling rendah dari generasi phantom ke 3, namun bukan berarti dia tidak laris dipasaran. Pada masanya produk DJI Phantom 3 Standard menjadi best seller dan sudah dijual tersebar di seluruh dunia, hingga generasi – generasi berikutnya dirilis dan juga sama booming dan larisnya sehingga produksi DJI Phantom 3 Standard diputuskan untuk berhenti. Ketika pilot baru menggunakan DJI Phantom 3 Standard saja dan terbang walau jarak maksimalnya hanya 100 meter alias tidak optimal, pada kala itu masih banyak pilot yang tidak complain karena tidak adanya produk yang menandingi DJI Phantom 3 Standard.



Namun beda halnya ketika artikel ini ditulis misalnya , DJI sudah memiliki drone terbaru yakni DJI Spark, sehingga di keluarga phantom sudah bisa dibilang generasi lampau. Namun nyatanya masih banyak pilot yang menggunakan DJI Phantom khususnya di Indonesia. Dan ketika mereka baru membeli DJI Phantom 3 Standard admin sering menjumpai pertanyaan seputar jarak jangkauan drone terbang kok tidak maksimal, padahal dalam spesifikasi katanya DJI Phantom 3 Standard bisa hingga 1KM? ya memang benar bisa hingga 1KM bahkan bisa lebih kalau di mod Magic, tapi syaratnya harus minim bahkan tidak ada intervensi sinyal sehingga sinyal transmisi dari transmitter bisa terkirim secara optimal sehingga dalam jarak 1KM pun drone masih terkoneksi dengan remote.


Bisa dibuktikan, ketika anda terbang di savana, pegunungan atau pantai dan laut, pasti jangkauan drone bisa sangat jauh. Berbeda ketika di perkotaan, kalau intervensi sinyalnya besar, baru 150 meter saja sudah RTH. Maka dari itu tidak heran banyak pengguna DJI Phantom 3 Standard yang bertanya, apa bisa sinyalnya dikuatkan sehingga bisa terbang lebih jauh lagi. Jawabannya bisa, karena remote DJI Phantom 3 Standard juga bisa dipasang antenna booster yang bisa memperbesar kekuatan transmissi, namun harga yang mahal dan belum lagi harus nambah baterai itu yang kadang membuat pilot jadi lebih ribet. Lalu apa cara lainnya? Kalau admin ya menjawab mending optimalkan saja transmisinya.



Lalu bagaimana cara membuatnya? Bukankah dijudul katanya membuat penguat sinyal?



Memang di judul admin tulis penguat sinyal, karena disini admin mau kasih tau cara membuat Range Extender berupa pengoptimal sinyal yang bisa membuat transmisi lebih mengarah ke sudut yang lebih sempit sesuai tipe antenna pada remote drone DJI Phantom 3 Standard, sehingga otomatis sinyal yang terpancar ke drone akan lebih kuat lagi. Jadi sama saja penguat sinyal kan. Dan di kesempatan kali ini admin akan kasih tutorial, jadi bisa anda praktikkan sendiri karena caranya juga mudah.



Untuk gambar jadinya pasti sudah anda lihat diatas tadi kan, nah sekarang kita langsung saja ke bahan – bahan dan cara membuatnya.
Bahan yang diperlukan antaralain:
  • Kertas kalender yang tipis tapi kuat dan keras, atau bisa juga menggunakan kardus bekas sereal
  • Alumunium foil
  • Lem
  • Template yang harus di prin, anda bisa minta ke admin via menu contact


Alat yang digunakan
  • Printer
  • Cutter
  • Gunting


Apabila semua alat dan bahan sudah tersedia, kita langsung buat saja. Oh iya, tutorial ini admin dapatkan dari salah satu video di youtube, admin disini akan menjelaskan dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami.


Pertama ambil dulu kertas yang akan kita gunakan sebagai alas dan bidang utama untuk projek ini, lalu beri lem dan lapisi dengan alumunium foil, untuk ukurannya admin sarankan untuk dilapisi seluruh permukaan kertas yang anda gunakan.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Lalu prin dulu template yang sudah didapatkan, bisa dari admin, bisa juga download dari video di youtube yang berjudul “DIY DJI Phantom 3 Standard Range Extender”



Setelah di prin, gunting bagian yang harus di potong, untuk bagian yang memiliki 6 kaki, guntinglah kakinya dengan ukuran yang lebih panjang supaya ketika kaki tersebut dipasang nantinya bisa terkunci dengan baik.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Setelah semua bagian sudah terpotong, lalu tempelkan bagian yang kotak ke kertas yang sudah di lapisi alumunium foil, namun di sebaliknya, jadi tempelkan di balik alumunium foil. Sedangkan bagian yang satu lagi, yang memiliki 6 kaki bisa anda tempel ke kertas yang tidak dilapisi alumunium foil, karena nanti fungsinya hanya untuk penyangga atau penahan.



Ketika sudah tertempel semua, lalu potong lagi menggunakan gunting, sehingga sekarang anda punya 2 buah bagian yang kuat dan sudah terlapisi alumunium foil pada bagian yang kotak.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Sekarang ambil bagian yang kotak, diasana ada 6 garis yang harus di sobek menggunakan cutter, sobek sesuai panjang garis saja.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Lalu ambil kedua bagian tersebut, dan masukkan tiap kaki pada bagian yang berkaki ke lubang kaki yang dimiliki bagian yang kotak. Ketika sudah jadi seperti gambar dibawah, perkuat kakinya supaya tidak lepas dengan menggunakan lem atau selotip.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Lubangi juga bagian yang nantinya digunakan untuk memasukkan antenna, lubangi menggunakan gunting dengan hati – hati usahakan lubangnya pas dan tidak terlalu besar supaya pas.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Nah, anda sudah berhasil membuat penguat sinyal anda sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan dan juga dengan harga yang murah. Meski sekarang beli yang sudah jadi harganya juga tidak terlalu mahal.

Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Drone DJI Phantom 3 Standard - OmahDrones


Bagaimana? Semoga artikel tutorial cara membuat penguat sinyal untuk drone DJI Phantom 3 Standard ini bisa menjawab rasa penasaran anda untuk membuat range extender sendiri. Nah admin rasa juga cara ini bisa digunakan untuk drone kelas toys yang antenanya sudah di upgrade ke antenna 5dbi, mungkin nanti ditambah range extender ini jadi juga bisa lebih jauh lagi jaraknya. Tapi hati – hati, kelas toys non GPS kalau terlalu jauh dan tiba – tiba terputus dari remote bisa fly away lalu entah kemana.