Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW

Beberapa waktu lalu sebelum artikel ini admin tulis, admin dapat satu drone Syma X5HW yang kondisinya sangat buruk dan mengenaskan. Untungnya si penjual juga menjualnya dengan harga murah karena kondisinya yang sudah tidak bisa terbang. Admin niatnya beli untuk diambil sparepartnya, namun setelah admin cek bagian dalamnya, ternyata drone ini hanya butuh ganti motor plus gear yang kecil, serta ganti propellernya saja. Oleh karena mungkin banyak yang belum tau cara mengganti motor dari drone Syma X5HW atau drone sejenisnya, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara mengganti motornya. Admin juga akan berikan video timelapse cara menggantinya apabila di artikel masih kurang jelas.

Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW - OmahDrones

Admin ceritakan dulu kondisi yang ada di drone calon operasi ini. dari bodynya yang sudah banyak goresan, serta pelindung propeller yang juga sudah terlihat banyak terjadi crash. Akibat dari seringnya drone ini crash, kaki drone pun juga kena imbasnya, yakni patah dibagian penguncinya, tak Cuma itu saja, lampu yang seharusnya nyala merah dan hijau pun hanya menyala merah saja. Padahal di test langsung lampu hijaunya nyala, itu berarti ada yang tidak beres di mainboard. Namun ketika di cek sebelum operasi, dia masih bisa terbang walau tidak stabil karena propeller yang usang serta motor yang seret ditambah aus karena gigi gear kecil nya sudah pada ompong.


Dari situ terlihat si pemilik sebelumnya tidak bisa merawat dronenya dengan baik. Bisa dilihat dari bentuk fisik dronenya, untungnya jeroan syma juga lumayan tangguh dan tidak gampang rusak apabila digunakan secara wajar dan tidak di otak atik mainboardnya. Maka dari itu, disini admin juga menghimbau walau anda menggunakan drone kelas toys, rawatlah drone anda dengan baik, supaya bisa tetap awet dan terbangnya tetap stabil. Jangan lupa ganti motor dan gear apabila diperlukan seperti yang akan kita bahas kali ini, yang terakhir, entah anda pakai drone professional atau kelas toys, jangan terbang melebihi aturan yang berlaku, kan kami juga sudah kasih tau aturan menerbangkan drone di Indonesia yang bisa anda temukan di featured post kan?

Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW - OmahDrones

Baiklah, langsung saja ke proses operasi. Seperti biasa, pertama siapkan dulu alat dan bahan yang harus anda siapkan.
Pertama, alat yang harus anda siapkan seperti:
  • Obeng/screwdriver
  • Solder
  • Tenol



Serta bahan yang anda butuhkan:
  • Motor + Gear baru
  • Propeller baru



Sebagai catatan, pastikan motor dan gear cocok untuk Syma X5HW. Serta kalau masih ada anda bisa pakai obeng bawaan dari Syma, karena ukurannya sudah pasti cocok.


Langsung ke tahap operasi,


Pertama lepaskan propeller lama menggunakan obeng, di kasus admin, propeller sudah tidak ada tutupnya, dan bahkan bautnya pun sudah tidak ori, entah apa yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya sehingga baut propeller ori nya bisa hilang, disini admin tidak bisa pakai obeng bawaan karena longgar, sehingga admin harus pakai obeng yang pas untuk bisa mengangkat bautnya.

Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW - OmahDrones

Setelah semua propeller terlepas, angkat juga semua baut pada body drone yang berada di bagian bawah body. Disini admin juga mendapatkan baut yang tidak lengkap. Disini admin mau memberikan saran lagi, sediakan magnet yang cukup kuat, sehingga tiap anda mengangkat baut, tempelkan baut pada magnet supaya tidak hilang. Pakai magnet dari motor drone? Admin rasa magnetnya tidak cukup kuat, tapi bisa saja sebenarnya.


Setelah semua baut terlepas, buka casing drone dengan hati – hati, sesudah terbuka, panaskan solder dan siapkan motor baru. Umumnya gear yang sering ompong adalah gear kecil. Meski gear besar juga bisa ompong sewaktu – waktu. Sehingga disini siapkan motor dengan gear kecil yang sudah terpasang.

Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW - OmahDrones

Untuk teknik replacenya, admin sarankan satu per satu saja supaya lebih mudah. Pertama ambil motor dengan kabel merah biru, lalu ganti ke motor yang juga warna kabelnya merah biru, awas jangan sampai terbalik soldernya.


Lakukan hal yang sama untuk kabel hitam putih, replace satu persatu hingga anda sudah ganti semua motor. Pastikan soldernya kuat, kalau tenolnya kurang bisa ditambah secukupnya. Yang penting jangan sampai tenolnya kebanyakan karena resiko korslet jadi lebih tinggi apalagi malah kalau sampai saling bersentuhan.


Bila semua motor sudah tergantikan, masukkan semua motor pad tempatnya dan coba putar poros propeller apakah sudah lancar semua putarannya, kalau sudah lancar semua, maka anda bisa menutup kembali drone anda.

Cara Ganti Motor dan Propeller Syma X5HW - OmahDrones

Drone sudah tertutup kembali, selanjutnya apa? Dalam kasus admin, admin dapat propeller yang sudah hampir patah. Tentu hal ini membuat admin tidak mau terbang kalau pakai propeller yang kondisinya tidak normal. Maka dari itu lanjut kita ganti propellernya. Sebenarnya admin bisa saja ganti 1 propeller yang rusak tersebut, namun lebih baik ganti saja semuanya supaya new motor, new propeller, supaya power yang dihasilkan lebih maksimal tentunya. Lalu untuk pemasangan propellernya juga jangan sampai salah atau kebalik, admin sudah pernah membahasnya dulu di Cara memasang Propeller drone dengan benar.


Setelah propeller terpasang semua, langsung di testing pertama, kalau propeller muter semua, berarti sudah normal, sekarang anda bisa test di luar rumah untuk hasil yang lebih jelas lagi.
Untuk videonya bisa anda tonton dibawah ini



Nah, kurang lebih seperti itu tutorial singkat serta cerita dari admin yang admin harap bukan hanya bisa dipraktikkan dalam mengganti motor, namun juga untuk merawat drone anda sebaik – baiknya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.