Spesifikasi Drone WLToys Q353

WLtoys setelah beberapa lalu kita membahas drone buatan mereka yang juga dijuluku “Baby Inspire” di Indonesia atau tepatnya adalah WLtoys Q333 yang memiliki varian Q333a dan Q333b. WLtoys memang sering mengejutkan dengan kehadiran drone mereka yang tak terduga. Meski WLtoys juga memiliki drone yang memang layaknya kelas toys, tapi taukah anda kalau WLtoys juga memiliki beberapa drone yang antimainstream? Mungkin anda pernah membaca artikel disini tentang drone yang bisa berubah dari Quad-Copter menjadi Mobil RC, Seperti Syma SX dan juga ada SY 01 yang memiliki kemampuan tersebut. Tapi kali ini WLtoys menawarkan sensasi mengendalikan RC dengan cara yang berbeda, karena bisa dilihat di gambar dibawah ini, drone nya memang terlihat aneh dan antimainstream.



Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Adalah WLtoys Q535. Ya memang bisa disimpulkan bahwa drone ini sebenarnya adalah Quad-Copter, namun jangan Cuma kira dia bisa terbang diudara saja. Karena Drone yang satu ini dirancang untuk bisa melesat di daratan, di air hingga diudara. Di kedua pelampung bagian bawah drone ini, selain dapat membuat WLtoys Q535 dapat mengapung ketika di permukaan air, dan juga sekaligus terdapat roda disitu yang dapat membuat WLtoys Q535 bisa melesat ketika di daratan. Yap, semua daya dorong drone ini masih berasal dari keempat propellernya, maka dari itu meski masih menggunakan motor brushed, WLtoys Q535 diberi propeller dengan 3 blade supaya daya angkatnya bisa lebih besar. WLtoys Q535 memerlukan daya angkat yang besar karena bisa dilihat body serta pelampung yang dibawanya memang berat.



WLtoys Q535 memiliki banyak fitur juga seperti:
- Adjustable throttle / rudder rate of 40 / 60 / 80 / 100 percent
- Headless Mode allows you to pilot adeptly while ignoring its front
- One Key Return recalls the drone at any time and makes it under control
- One Key to Take off enables the quadcopter to taxi out rapidly and then take off
- Air / Land / Sea Mode - flying swiftly, running freely as well as aerobatic sailing


Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Anda bisa mengatur kecepatan drone, kalau kebanyakan hanya menyediakan 3 opsi speed, yakni beginner, normal dan expert. WLtoys Q535 menawarkan 4 opsi speed seperti yang tertera pada fitur diatas. Dengan opsi speed yang banyak, tentu anda jadi bisa menyesuaikan ingin menggunakan speed yang mana sesuai kebutuhan. Selain itu, WLtoys Q535 memiliki kelebihan pada bagian lengan belakangnya. Anda bisa mengganti posisi lengan belakang menjadi condong ke depan untuk bisa menambah forward speed dari drone WLtoys Q535 ini, sehingga ketika anda melesat di air atau di darat, anda bisa merasakan kecepatan yang maksimal dari putaran propeller drone.


Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Berikut ini adalah spesifikasi ringkas dari drone WLToys Q535
Brand Name: Wltoys
Item NO.: Q353
Material: PA, PP, POM, ABS
Frequency: 2.4GHz
Channels: 4
Flight time: 6-7Mins
Charger time: 120Mins
Control distance: 150m
Battery for Quadcopter: 7.4V 1200MAh Battery
Transmitter battery: 6 x 1.5V AA ( not included )
Product size: 36.5*36.5*12cm
Quadcopter weight: 323g



Karena WLtoys Q535 adalah drone super amphibi, drone yang bisa di segala medan termasuk air. Maka dia dituntut untuk tahan air terutama di bagian bodynya supaya air tidak bisa masuk ke dalam dan merusak PCB drone. Dan WLtoys telah terbukti dengan WLtoys Q535 yang memiliki kemampuan tersebut dan hasilnya juga memuaskan. Bahkan ketika anda bermain di air, ketika WLtoys Q535 terbalik, misal terkena ombak, atau anda sengaja melemparnya supaya bisa ditengah, anda tinggal tekan throttle maka drone akan langsung membalikkan dirinya ke posisi yang benar sehingga anda tinggal tancap gas lagi untuk menikmati sensasi mengendalikan RC Boat.


Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Karena dia memiliki beban yang cukup besar, dari body dan pelampung serta framenya, WLtoys Q535 membutuhkan banyak tenaga untuk bisa beroperasi. Maka dari itu, WLtoys Q535 memberikan baterai yang kapasitasnya mencapai 1200mAh dengan tegangan 7.4Volt. dengan baterai ini anda bisa mengoperasikan drone WLtoys Q535 selama kira – kira maksimal 7 menit. Dan untuk melakukan recharge, anda harus membuka tutup karet yang berada di bagian belakang drone. Ketika sudah selesai charging, jangan lupa tutup kembali supaya ketika berada di air, bagian konektor tidak terkena air yang nanti akibatnya juga bisa fatal apabila hal tersebut terjadi.


Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Sedangkan untuk transmitternya, WLtoys Q535 memiliki transmitter yang bisa dibilang umum di keluarga Drone WLtoys. Tiap tombol juga jelas fungsinya, sehingga anda bisa dengan mudah mengingat fungsi dari tiap tombol yang ada. Ditambah pada bagian bawah remote juga terdapat LCD Monochrome yang akan menampilkan beberapa informasi seperti status sinyal, kapasitas baterai, dan speed serta trim. Dengan transmitter ini anda bisa mengendalikan WLtoys Q535 hingga dalam radius sejauh 150 meter dengan catatan di tempat low interference.



Untuk aksesorinya, WLtoys Q535 tidak memiliki aksesori seperti kamera. Namun sebenarnya apabila anda ingin menambahkan kamera tersendiri bisa saja, asal anda bisa modifikasinya, membuat jalur untuk baterai yang tetap bisa tahan air. Atau kalau lebih mudahnya, anda tinggal pasang kamera dengan baterai independen dalam satu kotak yang tahan air, lalu anda pasang di depan drone, namun apabila anda hanya ingin bersenang – senang saja dengan WLtoys Q535, anda bisa menghiraukan bagian kamera yang tidak disertakan ini.


Spesifikasi Drone WLToys Q353 - OmahDrones

Jadi ketika anda membeli sebuah paket WLtoys Q535, umumnya anda akan mendapatkan item berupa:
1 x Q353 Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 1200mAh Battery
4 x Propeller
1 x Charger
1 x Manual



Mungkin kesimpulan untuk WLtoys Q535, drone yang satu ini cocok untuk anda yang suka dengan drone antimainstream, dan bagus pula apabila di dekat lokasi anda ada perairan yang bisa anda gunakan untuk bermain WLtoys Q535 dalam mode RC Boat, anda tidak perlu lagi beli RC boat secara terpisah karena anda akan mendapatkan 3 Model RC dalam satu produk, WLtoys Q535 jawabannya.




Untuk harganya, WLtoys Q535 dibandrol dengan harga sebesar 80USD, kalau dirupiahkan jadi sekitar 1jutaan. Dengan drone yang sudah bisa anda mainkan di darat, air dan udara, anda tidak akan bosan bermain karena hanya bisa di satu metode saja. Karena dengan WLtoys Q535 anda akan ditantang untuk mendapatkan pengalaman yang lebih lagi.