Spesifikasi Drone UDI i251HW

Saking maraknya foldable drone, atau drone yang bisa di lipat untuk mempermudah dalam beberapa aspek seperti supaya lebih mudah dibawa. Ternyata dalam lingkup produsen semua pada berlomba – lomba menciptakan foldable drone seri mereka sendiri. Foldable drone umumnya memiliki ukuran yang kecil dan bisa juga di kategorikan ke pocket drone karena didesain supaya mudah dibawa walau tanpa menggunakan tas yang ribet. Bila kemarin kita sudah memiliki beberapa bahasan tentang foldable drone mulai yang paling professional yakni DJI Mavic Pro, hingga ke toy grade pun juga ada seperti Visuo X809 series yang juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Kali ini kita akan membahas satu lagi foldable drone yang ukurannya bisa dibilang cukup kecil bahkan anda bisa memasukkannya ke dalam saku.



Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones

Drone buatan UDI ini memiliki nama lengkap UDI i251HW. Drone ini seperti di awal tadi, memiliki ukuran yang kecil, biarpun kecil, dia juga sudah memiliki fitur foldable arm, yakni dimana anda bisa melipat bagian lengan drone sehingga dalam membawa dia kemana – mana akan lebih simple lagi. Drone ini seperti desain mini drone lainnya, yang sudah tidak memikirkan bagian kaki, karena drone – drone kecil seperti ini, lebih banyak yang suka “Hand Catching” ketika dia landing. Meski untuk pemula itu tidak disarankan karena takutnya nanti propeller yang masih berputar akan mengenai tangan anda yang akhirnya menimbulkan luka.



Itu karena UDI i251HW sudah altitude hold, kemampuan yang memungkinkan ia untuk bisa mengunci ketinggian ketika ia terbang diudara. Sehingga untuk menghentikan putaran motornya tidak bisa dengan hanya menurunkan throttle seperti drone non altitude hold. Maka dari itu untuk menerbangkannya lebih baik dengan cara aman saja seperti menggunakan landing pad apabila diperlukan. Untuk fitur bawaan yang bisa anda gunakan pada UDI i251HW ada beberapa, diantaranya:

Headless mode: kemampuan dimana arah depan anda selalu menjadi arah depan drone
Auto Take-Off & Landing: dengan 1 tombol anda bisa langsung take-off ataupun landing
3Speed: memiliki 3 opsi kecepatan, mulai dari beginner, intermediet, dan expert
Telemetry: meski tidak lengkap, adanya telemetri ini bisa menjadi nilai plus

Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones


Telemetri pada drone kecil ini meliputi out of range atau diluar jangkauan, serta low voltage atau baterai yang habis. Jadi ketika drone mengalami gangguan koneksi dengan remote seperti low signal misalnya, akan muncul suara beep pada remote. Apabila memang sudah tidak ada koneksi lagi, maka dalam 3 detik drone akan auto landing sendiri. Sedangkan untuk low voltage, ketika anda sudah terbang dan baterainya sudah mulai habis, maka akan muncul beep juga sehingga anda bisa langsung mendaratkan drone, kalau anda hiraukan pun ketika baterai benar – benar habis, drone akan langsung automatic landing. Jadi tidak jatuh dari atas langsung.



Spesifikasi ringkas dari drone UDI i251HW bisa anda simak dibawah:
Class: Toy Grade
Motor: Mini Brushed
Fold size: 11.8 × 7.8 × 4 cm
Expand the size: 20 × 16 × 4 cm
Remote battery: AA Size
Qadcopter body battery: 2 x 3.7V 350mAh
Charging time:  30 minutes
Flight time: 6 minutes
Camera: 0.3MP
Video res: 640x480 pixel
Photo res: 2MP
Remote signal: 2.4GHz frequency signal
Max Range: 30 meter
Navigation lights: 4 color flashing lights



UDI i251HW memiliki baterai yang sebenarnya cukup besar tegangannya, karena dia dibekali dengan 2 buah baterai 3.7volt yang kapasitasnya 350mAh. yang disusun secara seri, sehingga menghasilkan baterai 7.4Volt dengan kapasitas yang masih sama yakni 350mAh. dengan baterai ini, tercatat maksimal dia bisa terbang hingga 6 menit. Baterainya juga baterai bawaan yang sudah di desain khusus, sehingga untuk mencari baterai cadangannya memang susah, terlebih UDI tidak setenar Syma di pasaran Indonesia. Sehingga untuk mencari sparepartnya juga lebih susah. Untuk chargernya anda akan dibekali juga dengan USB Cable Charger yang bisa anda hubungkan ke kepala USB Charger seperti untuk charge smartphone. Untuk pengisian baterainya, kira – kira menghabiskan waktu 30 – 45 menit. Soket yang digunakan juga beda dengan drone lainnya, sehingga ketika charging harus hati – hati karena cari sparepartnya susah.

Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones


Untuk kontrollernya, sebenarnya anda memiliki 2 metode untuk bisa menerbangkan UDI i251HW. Yang pertama adalah dengan smartphone langsung. Anda bisa mendownload aplikasi FPV nya tentunya. Yang bisa langsung anda bind dengan drone dan anda langsung bisa terbang. Namun banyak yang tidak suka terbang langsung dengan smartphone karena kontrolnya susah dan tidak presisi. Maka dari itu, UDI juga memberikan opsi berupa controller fisik.



Controller ini memiliki bentuk yang elegan. Semua tombol fungsi juga sudah tertata rapi dan bisa dengan mudah dihafal sehingga anda tidak butuh waktu lama untuk bisa menguasai controller ini. Dengan remote ini anda juga bisa meletakkan smartphone anda dengan phone holder yang didapat ketika pembelian. Dengan ini tentu UDI i251HW juga memiliki kemampuan FPV meski masih dalam jenis Wifi FPV.

Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones


Untuk FPV an menggunakan UDI i251HW, anda akan menggunakan kamera bawaan yang memiliki sensor 0.3MP. meski masih seperti CX-10 series, namun pada drone UDI i251HW kameranya di desain lebih merunduk, sehingga apabila anda mengambil gambar dari ketinggian akan mendapatkan angle yang berbeda daripada CX-10 series, ya setidaknya anda bisa melakukan pengambilan gambar baik dalam bentuk foto ataupun video. Bukan untuk tujuan komersil memang, namun drone kelas toys seperti ini memang ditujukan untuk mainan yang keren. Terbang sambil Wifi FPV pun jadi trend bahkan pada drone kelas toys.

Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones


Ketika pembelian UDI i251HW, umumnya anda akan mendapatkan kelengkapan
1 x UDI i251HW Quadcopter
4 x Blade
1 x Charging line
1 x Screwdriver
1 x Six angle wrech
1 x Small wrench
1 x Mannual
1 x Remote control



Kesimpulan admin mengenai drone ini, UDI i251HW bisa jadi pilihan untuk anda yang cari drone mungil dan keren untuk dibawa kemana – mana bukan untuk tujuan khusus namun lebih untuk fun fly saja. Tak Cuma hanya bisa terbang, anda juga bisa mengambil foto serta video menggunakan drone yang lengannya bisa dilipat ini.

Spesifikasi Drone UDI i251HW - OmahDrones



Untuk harga, UDI i251HW dibandrol dengan harga sebesar USD, itu setara dengan kira – kira RP. ,- mungkin kalau UDI menyediakan sparepartnya dengan harga yang wajar dan untuk membelinya juga mudah, drone UDI i251HW admin rasa bisa bersaing dengan drone – drone sekelasnya.