Spesifikasi Drone MJX X401H

Beberapa drone memiliki versi upgrade yang menawarkan pembaruan entah dari spesifikasinya atau hanya di bagian fiturnya saja. Seperti contoh mudahnya saja kalau dari Syma ada Syma X5C, lalu terdapat upgrade nya menjadi Syma X5SW hingga Syma X5HW. Kalau dari MJX bisa di ambil contoh dari X seriesnya yang X101 menjadi X102. Nah, taukah anda MJX kembali menghadirkan sebuah drone yang merupakan upgrade dari MJX X400 . bisa dilihat gambarnya dibawah ini kalau sekilas memang dia terlihat seperti MJX X400. Namun gambar dibawah ini adalah drone MJX X401H. benar sekali, sebagai drone penerus X400, MJX X401H memiliki banyak perbedaan baik dari spesifikasi maupun dari fitur yang ditawarkannya.



Spesifikasi Drone MJX X401H - OmahDrones


Dari ukurannya juga MJX X401H sedikit lebih besar dari MJX X400. Memang kalau dari luarnya tidak ada yang Nampak berbeda, namun apabila dilihat dari spesifikasi dan fiturnya nanti anda bisa menemukan berbagai perbedaannya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas tentang MJX X401H bagaimana kemampuannya apabila dilihat dari spesifikasinya serta bagaimanakah fitur bawaannya? Maka dari itu mari kita kupas satu drone ini bersama.
Fitur yang sudah ada di MJX X400 seperti kemampuan kameranya yang sudah bisa anda gunakan untuk FPV masih disertakan pula di MJX X401H, selain itu untuk bentuk dronenya tidak ada perbedaan secara signifikan. Bedanya mungkin hanya di bagian kakinya yang sekarang terlihat lebih ramping. Dan karena dia juga ganti nama menjadi MJX X401H, itu berarti dia sudah memiliki kemampuan altitude hold, kemampuan dimana drone bisa mempertahankan ketinggiannya ketika anda terbangkan.



Untuk tabel spesifikasinya anda bisa menyimaknya dibawah ini:
Brand: MJX
Type: Quadcopter
Features: WiFi FPV
Motor Type: Brushed Motor
Functions: 3D rollover,Air Press Altitude Hold,Camera,Forward/backward,FPV,Headless Mode,Hover,One Key Automatic Return,One Key Landing,One Key Taking Off,Sideward flight,Slow down,Speed up,Turn left/right,Up/down,With light
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Night Flight: Yes
Material: Electronic Components, Plastic
Kit Types: RTF
Level: Beginner Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Control Distance: 100m
Detailed Control Distance: 100m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: 1 x Lithium battery(included)
Battery: 7.4V 350mAh
Flying Time: 7~8mins
Charging Time (h): About 70mins
Battery Size: About 4.5 x 2.5 x 1cm
Battery Weight: About 37g
Camera Pixels: 0.3 MP
Package weight: 0.875 kg
Product size (L x W x H): 31.50 x 31.50 x 7.00 cm / 12.4 x 12.4 x 2.76 inches



MJX X401H memiliki baterai bawaan yang ukurannya lebih besar dari segi tegangannya. Karena MJX X401H memiliki baterai dengan tegangan sebesar 7.4Volt, dan memiliki kapasitas hanya 350mAh saja. Namun, tenang saja, untuk lama terbangnya MJX X401H juga masih sama seperti versi dahulunya yakni bisa sampai 8 menitan. Namun walau baterainya memiliki tegangan yang lebih besar dari USB (5 Volt), MJX menyertakan USB Cable untuk charging baterainya, meski tetap bisa masuk listriknya anda butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa charging baterainya yakni sekitar 70 menitan. Dan saran dari admin, untuk chargingnya lebih baik menggunakan USB Charger seperti untuk charge smartphone untuk mendapatkan tegangan dan arus yang konstan.


Spesifikasi Drone MJX X401H - OmahDrones

Di bagian transmitternya, MJX X401H juga mendapatkan transmitter yang modelnya berbeda dengan MJX X400, di transmitter ini pada dasarnya fungsi tombol yang ada sama seperti model remote sebelumnya, hanya bentukn dan wadahnya saja yang beda. Dan juga disini perbedaannya anda akan mendapatkan fungsi baru menggunakan remote seperti one key motor start dan one key landing.  Selain itu tentu ada tombol untuk headless mode, dan one key return dan juga tombol untuk fungsi lainnya dalam satu remote ini. Untuk jarak jangkauan remotenya masih sama, sekitar 100 meteran. Dan diatas remote ini bisa anda beri smartphone holder untuk meletakkan smartphone anda nanti sebagai monitor FPV. Ditambah, pada bagian bawah transmitter juga terdapat LCD Monochrome yang akan menampilkan informasi seperti trim satatus, kapasitas baterai, dan mode yang sedang digunakan.



Sementara untuk App nya, anda bisa mendownload di playstore dan appstore, disini dengan MJX X401H anda bisa mendapatkan beberapa metode untuk bisa menerbangkan drone tanpa menggunakan unit transmitter juga. Seperti menggunakan G-Sensor pada smartphone anda untuk menentukan arah terbang drone, lalu bisa juga menggunakan fitur Flight Plan, dimana anda bisa menggambar arah terbang drone, dan drone akan terbang sesuai track yang sudah anda gambar pada layar smartphone anda. Sedangkan tentu anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk FPV. Untuk jaraknya, karena MJX X401H masih menggunakan Wifi FPV maka jarak jangkauan FPV nya juga dipengaruhi oleh kemampuan Wifi Smartphone anda nantinya, meskipun antenna wifi bawaan dari kamera MJX X401H sudah terbilang panjang.


Spesifikasi Drone MJX X401H - OmahDrones

Untuk kamera bawaannya sendiri, MJX X401H memiliki kamera bawaan yang resolusinya masih 0.3MP . sehingga gambar yang mampu ditangkap dan di simpan masih seadanya. Namun untuk tampilannya ketika FPV sudah terbilang cukup untuk layar smartphone. Dengan kamera ini pula, anda sudah bisa mengambil gambar baik dalam bentuk foto ataupun video dan akan langsung tersimpan di memori smartphone anda, sehingga anda bisa juga langsung share ke manapun anda mau.


Spesifikasi Drone MJX X401H - OmahDrones

Umumnya apabila anda membeli drone ini, anda akan mendapatkan:
1 x Quadcopter,
1x Camera,
1 x Transmitter,
1 x Phone Holder,
1 x Battery,
1 x English Manual,
1 x USB Cable,
4 x Propeller,
4 x Propeller Protector,
2 x Landing Gear



Dengan tambahan kemampuan dan juga fitur, MJX X401H mungkin bisa cocok untuk anda yang tadinya ingin membeli MJX X400 namun ingin kemampuan yang lebih. Anda bisa membeli MJX X401H untuk mendapatkan sensasi terbang yang berbeda juga karena dia bisa anda kendalikan menggunakan G-Sensor smartphone, dan juga dengan metode Flight Plan yang masih jarang ada yang menggunakan terutama di drone kelas toys seperti MJX X401H ini.


Spesifikasi Drone MJX X401H - OmahDrones



Dan untuk bisa membeli drone MJX X401H, anda harus membeli dengan harga 66 USD. Ya kalau di rupiahkan sertara dengan Rp. 880ribu . itu untuk harga internasional dimana anda bisa membeli langsung juga melalui olshop luar negeri seperti banggood atau gearbest. Kalau sudah di seller Indonesia, harganya tentu bisa beda lagi. Drone ini ternyata juga masih termasuk ke dalam drone dibawah satu juta. Jadi bagaimana? Apakah anda jadi tertarik untuk membeli MJX X401H yang memiliki banyak kemampuan ini? Anda juga tidak akan rugi apabila membeli drone ini, karena harga dan kemampuannya sebanding. Mungkin sparepart yang perlu anda beli adalah baterainya, untuk bisa terbang lebih lama lagi, asal tetap jaga suhu motornya aja supaya tidak kepanasan dan rusak.