Spesifikasi Drone Cheerson TINY 117

Bagi penggila FPV dan khususnya untuk melakukan FreeStyle ketika terbang, pasti langsung mengarah drone – drone acro yang memiliki spesifikasi tinggi dan harganya mahal. Sehingga bagi pemula yang ingin mencoba bermain drone acro lumayan susah. Meski ada beberapa drone yang bisa di mod acro seperti JJRC H8 misalnya, yang ukurannya kecil, bisa di flash jadi acro, tapi admin rasa tetap tidak maksimal, sebab untuk controllernya yang masih menggunakan controller bawaan jadi kurang greget ketika bermain drone acro. Namun kabar baiknya, sekarang ada banyak produsen yang mengeluarkan produk drone acro yang bisa anda kendalikan dengan transmitter favorit anda sendiri sehingga anda bisa men-setting drone tersebut sehingga menjadi seperti yang anda inginkan.



Spesifikasi Drone Cheerson TINY 117 - OmahDrones

Salah satu produsen yang menyediakan drone Acro dengan spesifikasi yang tidak terlalu pro dan dengan harga yang tidak terlalu mahal, adalah Cheerson. Dengan drone yang memiliki nama Cheerson Tiny 117 dia memang berbeda dari keluarga CX. Yang kita tau cheerson selalu memberi nama produknya dengan seri CX, namun itu hanya untuk yang RTF saja kiranya, sehingga untuk si Tiny 117 ini, otomatis dalam pembelian anda tidak akan mendapatkan unit Transmitter nantinya. Nah, makin penasaran dengan drone Acro yang ukurannya hanya 14 x 14 cm ini? Pada kesempatan ini mari kita coba ulas kemampuannya apabila dilihat dari spesifikasi dari cheerson.



Cheerson Tiny 117 juga bisa dibilang sebagai drone DIY. Mengapa? Karena ketika pembelian, anda akan mendapatkan semua bagian drone yang belum terpasang. Sehingga mungkin ketika sesudah unboxing anda akan teringat ketika anda beli mobil mini 4WD ketika masih kecil, dimana anda sudah siap untuk merakitnya supaya mobilnya bisa jalan dengan cepat. Sama seperti Cheerson Tiny 117 ini, anda akan mendapatkan berbagai part yang harus dipasang untuk menjadi sebuah mini Quad-Copter dengan kemampuan Acro yang dijanjikan akan memuaskan anda. Dan satu hal lagi, disini minimal anda harus bisa soldering, karena berbeda seperti drone DM002 yang tinggal pasang. Di Cheerson Tiny 117 anda perlu soldering untuk menghubungkan motor ke FCB drone.



Ketika sudah di rakit dan pemasangannya benar, maka dia akan menjadi sebuah mini Quad-copter yang terlihat cukup keren. Dengan kamera FPV bawaan yang terletak di bagian depan drone, serta wadah baterai tepat dibelakangnya membuat desain Cheerson Tiny 117 menjadi terlihat rapi serta elegan. Yang perlu menjadi perhatian mungkin dibagian frame secara keseluruhannya. Meski frame terbuat dari campuran Fiber yang di klaim kuat serta lebih lentur dan tak mudah patah. Bukan berarti frame ini tidak bisa patah, sebab dia hanya memiliki ketebalan beberapa mili saja. Namun walaupun frame dari cheerson ini rusak bukan berarti masalah, sebab anda bisa memakai frame lain yang cocok untuk seluruh komponennya, karena sekarang juga terbilang banyak yang sudah mulai jual sparepart seperti Fiber Frame seperti ini.


Spesifikasi detailnya bisa anda lihat dibawah ini:
Item Name:Cheerson TINY 117 Mini FPV Racing Quadcopter
Quadcopter size: 149 * 149 * 58mm
Body weight: 58.5g
Aircraft plus battery weight: 90g
Maximum takeoff weight: 100g
Flight Control Board: F3
Motor parameters: 1020
Body battery capacity: 600mah 2S 35C
Transmitter: support PPM, DSM, SBUS
Charging time: 20 minutes
Remote control flight distance: within 500 meters
Flight time: about 8 minutes
Colour: Black
Carbon fiber frame:
size: 10 * 10cm, weight: 10g, thickness: 1.5mm,
Small carbon fiber parts: thickness 1mm
Use of age: 14 years old above
Material: environmental protection ABS + carbon fiber
Flight speed: less than 60km / h
Assembly method: DIY
Video transmission range: 200 meters
LED lights: None
Remote frequency / image transmission frequency: 2.4G / 5.8G
Flight environment: indoor and outdoor
Camera: 700 TVL HD 100 pixels (weight: 5.8g)
Memory Card: None
Note:The plane needs to be assembled by yourself.



Untuk baterai bawaannya, Cheerson Tiny 117 mendapatkan baterai yang lebih besar dari kebanyakan drone seukurannya. Dia dibekali dengan baterai 2S dengan kapasitas sebesar 600mAh. ukuran baterai yang besar ini diperlukan untuk mensupplay energy ke seluruh komponen dengan maksimal. Sehingga rata – rata anda bisa menerbangkan Cheerson Tiny 117 hingga 8 menit. Untuk pengisian ulangnya, tentu cheerson sudah memberikan USB Charger bawaan ketika pembelian. Ingat, admin sarankan kalau menggunakan charger USB seperti itu, lebih baik pakai Adaptor USB seperti untuk charge smartphone saja, supaya arus pengisiannya bisa stabil daripada melalui port USB pada laptop, komputer atau lainnya.



Spesifikasi Drone Cheerson TINY 117 - OmahDrones

Dalam pembelian, anda akan mendapatkan FCB F3, yang bisa anda hubungkan dengan transmitter favorit anda dengan protocol yang support seperti DSM, PPM, atau SBUS. Dengan begitu jarak jangkauan drone bisa terbang juga bisa sangat jauh semampu transmitter anda bisa menjangkaunya, namun karena drone ini memiliki ukuran yang kecil, dan hanya memiliki Kamera FPV untuk mengetahui dimana ia sedang berada, jarak aman untuk menerbangkan drone ini hingga 200 meter saja, karena normalnya FPV yang sudah bagus bisa sampai 200meter, walau saja tetap melihat situasi dan kondisi di lapangan mengenai interference sinyalnya.


Spesifikasi Drone Cheerson TINY 117 - OmahDrones

Sedangkan pada bagian kamera FPV bawaannya, anda akan mendapatkan kamera dengan spesifikasi 700TVL yang tentu kualitasnya lebih baik dari kebanyakan kamera yang masih 600 TVL. Dan seperti yang sudah di katakana tadi, karena kita hanya dapat unit drone saja ketika pembelian, maka untuk bisa menikmati FPV, setidaknya anda sudah memiliki perangkat output FPV seperti FPV screen atau FPV Goggle misalnya, sehingga anda bisa langsung terbang sembari melihat seperti apa yang dilihat oleh drone melalui kamera FPV 5.8GHz. dan untuk bisa merekam video penerbangan anda, pastikan FPV Screen atau FPV Goggle anda memiliki unit perekam seperti DVR misalnya.


Spesifikasi Drone Cheerson TINY 117 - OmahDrones

Kelengkapan yang anda dapatkan ketika pembelian Cheerson Tiny 117 adalah:
8x Frame
1x USB charger
4x Fixed motor apron
1x Battery fixed accessories set
1x (Screw posts + Screw ) set
4x Propellers(2x blue + 2x red)
4x Motor
1x F3 Flight Control Board
1x Figure transmission camera
1x Non-slip mat
1x Body battery



Kesimpulan dari admin, tentu Cheerson Tiny 117 adalah Acro Mini Drone yang mungkin anda dambakan selama ini, karena kalau beli yang bagus kemahalan, anda bisa coba Cheerson Tiny 117 dulu, meski masih memakai motor brushed, namun kalau settingan anda mantap, anda bisa membuat drone ini menjadi seperti apa yang anda inginkan. Settingnya pakai apa? Pakai cleanflight bisa, atau pakai software favorit anda lainnya juga bisa.



Sedang untuk harganya, Cheerson Tiny 117 dibandrol dengan harga 30 USD, kalau dirupiahkan jadi sekitar Rp 400 ribuan . meski harganya terlihat mahal untuk sebuah drone dimana kita juga harus ngerakit sendiri. Namun bila melihat FCB serta kamera FPV yang didapatkan, mungkin harga sebesar itu sepadan, yang jelas Cheerson Tiny 117 masih termasih ke dalam drone dibawah satu juta. Jadi apakah anda tertarik untuk membawa pulang drone ini?