Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80

Kai Deng memang tak begitu menonjoil pada perkembangan drone terutama sejak pertehngahan tahun 2016. Tapi siapa sangka tak lama kemudian Kai Deng langsung meluncurkan Drone yang bisa dibilang penerus dari Kai Deng K70 yang sempat jadi favorit beberapa pilot pada waktu itu. Dengan menawarkan berbagai kelebihan yang dengan bangga Kai Deng persembahkan, diharapkan drone penerus K70 ini bisa menarik perhatian seluruh pilot di dunia untuk memiliki drone Kai Deng yang satu ini. Untuk gambar promosinya saja sudah menggiurkan nampaknya seperti yang bisa anda lihat dibawah ini. Yap, sesuai tulisan tertera juga, drone Kai Deng kali ini diberi nama Kai Deng Pantonma K80.


Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones

Dari tampilan Splash imagenya saja sudah membuat penasaran, disitu terlihat kalau Kai Deng Pantonma K80 memiliki bentuk yang cenderung berbeda dari kebanyakan drone lainnya. Tentu kali ini kita akan membahas Kai Deng Pantonma K80 bagaimana fitur dan kemampuannya apabila dilihat dari spesifikasi yang ada. Kalau dilihat dari desain dronenya, Kai Deng Pantonma K80 memang beda, terutama di bagian kaki – kakinya, Kai Deng Pantonma K80 memiliki kaki yang menyatu dengan tiap lengan dengan cara menyelimutinya dari atas hingga bagian bawah gearbox. Berbeda dengan drone sejenis yang kebanyakan memiliki kaki yang letaknya dibagian tengah drone, desain kaki ini bukan tanpa alasan, sebab ada satu fitur menarik yang dimiliki oleh Kai Deng Pantonma K80, untuk fitur selengkapnya anda bisa simak berikut ini



Main Features:
- Convenient plug-in modular design
                Komponen dibentuk jadi modul sehingga akan memudahkan anda ketika pemasangan atau melepaskan komponen.
- Various customization choices
Ada banyak aksesori opsional seperti The obstacle avoidance module, WiFi camera module, ordinary camera module, 5.8G FPV camera module, and FPV monitor are readily available for you to arm your copter. You are also allowed to put on VR glasses to get immersed in the world of virtual reality.
- Super easy control
Anda bisa menerbangkan drone dengan lebih mudah karena drone ini sudah memiliki banyak fungsi seperti:
* headless mode
* one key return
* altitude hold
* obstacle avoidance
* automatic landing
- Adjustable speed
                Dengan kebebasan untuk memilih mode,  dari beginner, medium hingga expert, anda bisa menyesuaikan tingkah respon dari drone sesuai dengan level anda.



Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones

Yap, mungkin anda tertarik lagi karena anda baru saja membaca ada kemampuan obstacle avoidance pada Kai Deng Pantonma K80. Yap, ini adalah salah satu fitur tambahan yang ditawarkan oleh Kai Deng, drone ini memiliki modul tersebut yang bisa anda lepas pasang juga sehingga drone bisa mengetahui bahwa ada halangan di depan, belakang kiri atau kanannya sehingga dalam jarak 1 meter dia akan langsung terbang berlawanan arah dari halangan tersebut. Terdengar cukup keren untuk drone kelas toys, namun dalam praktiknya, kemampuan ini hanya bisa berfungsi di tempat yang tepat, yakni di dalam ruangan, dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Mengapa? Sebab sensor anti halangan ini masih menggunakan infrared sehingga masih banyak sekali hal yang bisa merusak transmisi sensor dari metode ini.
Untuk bisa mengaktifkan sensor anti halang pun anda harus dalam mode beginner saja. Sehingga ketika di mode normal atau expert, sensor anti halang akan otomatis mati.



Berikut ini adalah spesifikasi detail dari Kai Deng Pantonma K80
Brand: KAIDENG
Type: Quadcopter
Model: PANTONMA K80
Features: Radio Control
Motor Type: Brushed Motor
Functions: Air Press Altitude Hold,Forward/backward,Headless Mode,One Key Automatic Return,One Key Landing,One Key Taking Off,Roll,Speed up,Turn left/right,Up/down
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Material: Plastic
Kit Types: RTF
Level: Intermediate Level
Age: Above 14 years old
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Radio Mode: Mode 2 (Left-hand Throttle)
Detailed Control Distance: 100m
Transmitter Power: Built-in rechargeable battery
Model Power: 1 x Lithium battery(included)
Battery: 3.7V 650 mAh
Flying Time: 6~7mins
Charging Time.: about 90 minutes
Dimension and Weight
Product weight: 0.111 kg
Package weight: 0.887 kg
Product size (L x W x H): 33.00 x 33.00 x 7.00 cm / 12.99 x 12.99 x 2.76 inches



Kai Deng Pantonma K80 sebenarnya sudah memiliki kapasitas baterai yang mumpuni untuk memberi tenaga ke drone, kamera serta modul anti tabraknya. Dari pabrik, dia dibekali dengan baterai berkapasitas 650mAh dengan tegangan 3.7Volt. baterainya sudah berbentuk modul yang cara pemasangannya tinggal di plug in saja. Dengan begini anda bisa lebih mudah memasang baterai serta melepasnya, namun di sisi lain, anda akan sedikit kesulitan apabila mencari baterai cadangan, karena anda harus pesan dari Kai Deng langsung untuk order baterainya, atau anda harus cari orang yang sudah stok baterainya. Namun apabila anda suka modifikasi, sebenarnya anda bisa aja bongkar lalu buat modul baterainya jadi memakai soket seperti drone sejenis pada umumnya, sehingga anda bisa lebih mudah cari baterai cadangannya. Dengan baterai bawaannya ini, dia bisa terbang kira – kira selama maksimal 7 menit.


Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones

Untuk transmitternya, Kai Deng Pantonma K80 memiliki transmitter yang lebih modern, walau Kai Deng Pantonma K80 versi standar tidak menggunakan kamera Wifi. Transmitter yang sudah di desain mampu untuk menjepit dari smartphone hingga tablet untuk bisa menikmati Wifi FPV. Kabarnya akan ada versi baru lagi dengan kamera bawaan yang sudah wifi. Namun untuk spesifikasinya sama saja, sehingga kita tidak usah membahasnya lagi nanti. Dan di transmitter ini sudah memiliki baterai didalamnya, sehingga anda tidak perlu menyiapkan baterai habis pakai buang lagi untuk transmitter. Tentu ini bisa membantu dalam pengurangan limbah baterai di bumi ini. Dengan transmitter yang semua fungsi drone sudah dalam genggaman anda ini, anda bisa menerbangkan Kai Deng Pantonma K80 hingga dalam radius 100 meter dalam keadaan tanpa intervensi sinyal apapun.


Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones

Untuk unit kameranya, umumnya kamera bawaan dari Kai Deng Pantonma K80 standard memiliki resolusi sebesar 480p, namun sebenarnya anda bisa memilih modul kamera yang lain yang memiliki resolusi lebih bagus juga ada, namun nanti harganya tentu akan tambah mahal, kamera ini bisa anda atur viewnya secara vertical jadi mau merunduk atau mendongak bisa anda atur. Bahkan Kai Deng Pantonma K80 juga bisa menggunakan modul kamera FPV 5.8GHz sehingga anda bisa FPV an langsung mengguanak FPV Goggles yang juga sudah disediakan oleh Kai Deng apabila anda menginginkannya. Tentu dengan kamera tersebut anda sudah bisa mengambil gambar baik dalam bentuk foto ataupun video. Di versi terbarunya, Kai Deng Pantonma K80 keluar dengan brand baru yakni jadi TDR Phoenix, yang tiap pembeliannya sudah mendapatkan kamera Wifi sehingga anda bisa melakukan Wifi FPV langsung memakai smartphone anda.


Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones


Tiap pembelian dari Kai Deng Pantonma K80, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x Quadcopter,
1 x Transmitter,
4 x Spare Propeller,
4 x Propeller Guard,
1 x Screwdriver,
1 x Battery Module,
1 x USB Cable,
1 x English Manual



Nah, kesimpulan dari drone ini, pertama, drone ini lebih disarankan untuk para pemula yang sedang belajar menerbangkan drone, jadi anda bisa gunakan mode beginner dan dibantu dengan sensor anti tabraknya itu. Selain Cocok untuk pemula, Kai Deng Pantonma K80 juga cocok untuk anda yang tidak suka ribet, dengan komponen yang dijadikan modul memang diharapkan user jadi lebih praktis dalam praktiknya, walau sebenarnya ada yang tidak suka juga dengan drone model seperti ini dimana komponennya malah dijadikan satu modul plug and play.

Spesifikasi Drone Kai Deng Pantonma K80 - OmahDrones



Dan yang terakhir mungkin anda yang sedang mencari info tentang drone TDR Phoenix, kok malah masuknya di pembahasan Kai Deng Pantonma K80? Tidak usah bingung, kedua drone tersebut sama, TDR Phoenix adalah brand baru dari Kai Deng Pantonma K80, namun bukan berarti Kai Deng sudah tidak ada ya, masih ada kok, Cuma jadi beda yang handle, seperti itu kira – kira. Jadi baik fitur dan spesifikasinya sama aja yang beda Cuma kamera standar bawaannya. Untuk harganya K80, mereka dibandrol rata – rata sebesar 80USD, sedangkan untuk TDR dibandrol rata – rata 90USD. Ya kira – kira mereka masih termasuk ke dalam drone Satu Jutaan, namun jangan kaget kalau harga di Indonesia jadi lebih mahal, karena harga itu yang menentukan udah seller lokal kalau yang itu.