Spesifikasi Drone MJX Bugs 8

Seiring populernya drone kelas racing, seperti yang sudah – sudah pasti banyak produsen drone yang juga mencoba membuat drone racing buatan mereka sendiri, dengan hanya beberapa waktu saja sekarang sudah bermunculan drone – drone racing yang sudah dalam satu paket RTF (Ready To Fly) meskipun spesifikasinya masih kalah jauh dengan drone yang benar – benar berkelas racing. Sehingga produsen drone yang aslinya menyediakan drone kelas toys pun menghasilkan produk drone yang admin sebut dengan drone “semi racing” karena kalau dilihat dari bentuk dan modelnya drone ini memang mirip dengan drone kelas racing, namun setelah dilihat dari spesifikasinya drone ini masih menunjukan statusnya sebagai kelas toys yang di upgrade saja.



Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Sebenarnya ada bebrapa drone semi racing seperti itu, namun kali ini admin akan membahas satu drone semi racing dari MJX. Seperti yang sudah anda ketahui mungkin, MJX juga sudah mengeluarkan drone yang sudah menggunakan motor brushless di serinya MJX Bugs 3. Nah, kali ini ada versi terbarunya dari Bugs Series yakni MJX Bugs 8. Seperti yang bisa anda lihat diatas, drone ini memiliki frame, dan gaya layaknya drone racing professional. Dilengkapi dengan head dan rear LED juga. Pasti untuk yang ingin membeli drone kelas racing juga akan mempertimbangkan drone ini juga karena untuk harganya juga jauh berbeda dengan drone racing yang sesungguhnya. Dan dikesempatan kali ini, kita akan mencoba ulas bagaimana kemampuan dan kelebihan drone ini apabila dilihat dari spesifikasinya.



MJX Bugs 8 memang memiliki desain yang keren sebagai drone racing, namun disini anda tidak bisa berharap MJX Bugs 8 bisa seperti layaknya drone kelas racing yang sesungguhnya. Meski dia juga sudah menggunakan motor brushless 1800KV. Perlu diketahui juga bahwa MJX Bugs 8 menggunakan 4in1 ESC alias tidak menggunakan ESC independen yang berjumlah 4. Sehingga disini apabila anda mengalami kerusakan pada bagian ESC, anda harus membeli 4in1 ESC yang kemungkinan besar harganya akan lebih mahal daripada anda membeli sebuah ESC independen untuk MJX Bugs 8.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Meski begitu, banyak pilot yang merasa cukup dengan kemampuan MJX Bugs 8 untuk menjadi semi racing drone, karena di mode high dia sanggup melesat cukup kencang, tentunya melebihi kecepatan drone kelas toys lainnya, secara untuk motornya saja MJX Bugs 8 sudah memakai brushless motor.



Untuk spesifikasinya bisa anda simak berikut ini:
Brand: MJX
Type: Frame Kit
Version: RTF
Motor Model: 1806
Motor Type: Brushless Motor
KV: 1800
Channel: 4-Channels
Remote Control: 2.4GHz Wireless Radio Control
Distance: 80 – 100m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA (not included)
Voltage: 7.4V
Battery (mAh): 1300mAh
Battery Coulomb: 25C
Monitor: 5.8GHz 4.3inch
Flying Time: 12mins
Charging Time (h): 3 hours
Battery Size: 8.2 x 4 x 2cm ( not including wires )


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Dia dibekali dengan baterai berkapasitas 1300mAh dengan tegangan 7.4 Volt. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan MJX Bugs 8 dengan waktu kira – kira selama 12 menit maksimal, tergantung situasi kondisi dan juga cara terbang anda. Nah, dari MJX sendiri anda juga dibekali dengan charger namun beberapa pilot justru mendapati mengapa MJX Bugs 8 dibekali dengan charger tipe USB? Padahal tegangan baterainya saja 7.4V sedangkan dari Charger USB Hanya 5V, karena di keterangan hanya mendapatkan “Charger” saja tulisannya. Bagi yang mendapatkan charger tipe USB mereka memilih menggunakan charger lain yang memang cocok untuk charge baterai dengan spesifikasi seperti yang sudah dibahas tadi. Namun banyak juga yang mendapatkan charger bawaan yang memang untuk baterai MJX Bugs 8, sehingga mereka tidak mendapatkan masalah lagi untuk urusan chargingnya.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Sebagai drone semi race, yang notabene masih memiliki basic toys class. MJX Bugs 8 masih menggunakan transmitter dengan bentuk yang sebenarnya masih sama dengan transmitter untuk MJX Bugs 3. Bedanya disini anda akan mendapatkan holder untuk menempatkan FPV monitor bawaan untuk MJX Bugs 8. Yaa dengan transmitter seperti ini, kira – kira anda bisa menerbangkan drone maksimal pada jarak 100 meter dalam kondisi tanpa intervensi apapun. Dan dengan remote ini pula selain anda mendapatkan kendali drone penuh, anda juga bisa mengaktifkan beberapa fungsi bawaan, seperti record video misalnya, atau ganti mode dari low ke high dan sebaliknya.



Untuk kamera bawaannya, anda sudah mendapatkan kamera standard FPV disini. Dengan koneksi wireless 5.8GHz untuk transmisi FPV ke monitor FP bawaan, dan tentu juga bisa menggunakan monitor FPV lainnya. Kamera pada MJX Bugs 8 bisa anda tentukan anglenya secara manual, mau tengok ke atas bisa ke bawah juga bisa. Anda juga bisa memasukkan MicroSD ke dalam unit kamera untuk bisa merekam apa yang ingin anda rekam ketika anda menerbangkan drone.



Untuk layar FPV nya, sebenarnya anda sudah mendapatkan layar FPV 5.8GHz bawaan dari MJX, sehingga anda bisa langsung terbang FPV menggunakan monitor ini. Namun sayangnya monitor bawaan MJX Bugs 8 tidak memiliki antenna eksternal seperti kebanyakan monitor FPV yang sudah ada. Sehingga jarak untuk FPV mungkin tidak bisa sampai sejauh 80meter apalagi didaerah tersebut banyak intervensi yang mengganggu sinyal. Tapi ada kelebihannya monitor FPV ini, apabila anda membeli MJX Goggles untuk MJX Bugs 8, anda bisa memasukkan monitornya langsung ke goggles, sehingga anda bisa menikmati FPV Menggunakan FPV Goggles dari MJX. Sehingga satu monitor ini bisa menjadi 2 peran, yakni on remote FPV Screen dan juga FPV Goggles mode.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Ketika pembeliannya, umumnya anda akan mendapat:
1 x Drone ( Battery Included )
1 x Transmitter
1 x Charger
4 x Spare Propeller
1 x Propeller Clamp
1 x Screwdriver
1 x English Manual


Spesifikasi Drone MJX Bugs 8 - OmahDrones

Yang terpenting apabila anda membeli drone MJX Bugs 8 adalah cek dulu chargernya mungkin, pastikan dapat charger yang memang untuk baterai 7.4V. dan mungkin kesimpulan dari admin, adalah drone ini cocok untuk anda yang ingin belajar menerbangkan drone racing. Karena belajar tidak perlu menggunakan unit yang sebenarnya, kalau anda sudah mahir menggunakan MJX Bugs 8 dengan mode high, mungkin anda baru bisa mencoba membeli drone racing class yang sesungguhnya, dan rasakan perbedaannya secara langsung.




Sebagai drone yang aslinya masih kategori toys, MJX Bugs 8 dibandrol dengan harga sebesar 96 USD, itu kalau dirupiahkan sekitar Rp. 1.28jutaan,- nah, dengan harga sebesar itu, anda sudah mendapatkan drone semi racing yang kehebatannya bisa anda gunakan untuk berlatih mengendalikan drone racing class. Karena secara keseluruhan speed yang bisa dicapai MJX Bugs 8 juga diatas rata – rata toy class. Anda sebenarnya juga tidak akan rugi apabila membeli MJX Bugs 8 karena tiap pembelian anda sudah mendapatkan paket full beserta monitor FPVnya.