Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - The Ufo is Real

Sudah beberapa hari kita membahas drone berkamera yang notabene cocok untuk anda yang ingin mengabadikan momen ketika terbang. Padahal sebenarnya drone tidak hanya digunakan untuk tujuan itu saja. Layaknya mainan RC lainnya, kita menerbangkan drone saja sudah senang. Terlebih nanti apabila anda menerbangkan drone yang akan kita bahas kali ini. Bagi orang awam pun apabila anda menerbangkan drone pada malam hari pasti akan dikira suatu penampakan benda asing di langit, seperti pada sekitar tahun 2009 silam ketika Quad-Copter masih barang yang sangat mahal dan susah dibuat, ada seseorang yang menerbangkannya di malam hari dan sontak membuat orang – orang disekitarnya mengira ada penampakan ufo, bahkan hingga diunggah ke youtube segala.



Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - OmahDrones

Entah itu disengaja atau tidak, namun nyatanya justru sekarang terdapat drone yang bisa anda gunakan untuk melakukan hal serupa, dan lebih lagi drone ini kecil jadi bisa dibawa kemana – mana. Cheerson, dengan salah satu dronenya yang memiliki bentuk piring terbang atau istilah kerennya UFO ini sekarang sudah dijual bebas secara internasional. Walau sebenarnya drone ini tidak untuk ditujukan untuk menjahili orang, namun anak – anak di luar negeri banyak yang sengaja membeli drone ini untuk menjahili tetangganya yang disana masih percaya akan invasi alien yang ditandai dengan mulainya ada penampakan ufo. Meskipun akhirnya banyak juga yang tau kalau itu sebuah drone, karena saat ini drone bukanlah sesuatu yang asing lagi sebenarnya.



Adalah Cheerson CX-31 yang memiliki kerangka dasar berupa Quad-Copter yang dibalut dengan casing berbentuk ufo, ditambah aksen alien yang berada di bagian atas, bertujuan untuk menarik pelanggan kalangan anak – anak yang tetap saja minimal 14 tahun. Namun kenyataannya pilot – pilot pun banyak juga yang membeli drone ini untuk dikoleksi. Bentuknya memang mirip sekali dengan UFO yang sudah sering digambarkan baik dalam cerita, atau dalam film  - film. Ditambah lagi untuk memperkuat karakternya dia memiliki LED yang bisa menyala di sekeliling bodynya. Sehingga inilah yang bisa membuat orang – orang jadi seakan – akan melihat ufo, apalagi kalau anda menerbangkannya ketika malam hari.



Langsung saja ke spesifikasinya yang bisa anda lihat dibawah ini:

Brand: Cheerson
Model: CX-31
Type: Quad-Copter
Color: White
Functions: Up/down/left/right/side flight/hover/flip / hand launch
Age: Above 14 years old
Built-in Gyro: Yes
Night Flight: Yes
Material: Metal, Electronic components
Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: 4-Channels
Control Distance: About 30m
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery(not included)
Model Power: Built-in rechargeable battery 500mAh
Charging Time: Approx. 90mins
Flying Time: 5-6 mins
Weight: 52 g
Size: 16.4 x 16.2 x 12.5 cm

Cheerson CX-31 memang tidak dilengkapi dengan kamera, dan untuk kemampuan terbangnya pun tidak sedikit pun menyentuh level acrobat. Dia memiliki cara terbang yang sangat halus, sehingga Cheerson CX-31 bisa disimpulkan memang untuk mainan yang dilihat keanggunannya. Selain itu karena dia bisa terbang secara halus maka ia juga cocok untuk pemula yang sedang belajar menerbangkan drone. Cheerson CX-31 juga sudah bisa melakukan flip, sebagai fitur pelengkap agar Cheerson CX-31 tidak hanya bisa terbang saja. Jadi anda juga bisa bermain – main dengan Cheerson CX-31 ketika terbang. Pada kakinya pun dia dilengkapi dengan bantalan karet, sehingga ketika mendarat di permukaan licin justru dia malah bisa turun dengan baik dan tidak tergelincir.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - OmahDrones

Meski tidak memiliki banyak kemampuan, namun Cheerson CX-31 dibekali dengan baterai yang cukup besar untuk ukuran mini drone. Dia dibekali baterai yang kapasitasnya sebesar 500mAh dengan tegangan 3.7Volt. dia memang harus dibekali dengan baterai yang besar, karena dia harus mengangkat body yang cukup berat untuk ukuran mini quadcopter sebenarnya. Sehingga lama terbangnya pun juga relative sama dengan drone sejenis namun tidak memakai body berbentuk ufo yakni sekitar 4 – 7 menit. Untuk lama pengisian ulangnya karena kapasitasnya lebih besar dari mini quadcopter pada umumnya, maka dia butuh waktu sekitar 90 menit untuk bisa recharge secara penuh menggunakan power yang bisa dari USB Charger, atau bisa juga memakai Port USB pada PC atau laptop.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - OmahDrones

Dan untuk transmitternya pun anda akan mendapatkan transmitter yang besar untuk ukuran mini drone. Dengan transmitter yang sebenarnya sudah bisa untuk menerbangkan drone secara lebih presisi yang aslinya cocok untuk drone acrobat, namun cheerson telah memilih controller ini untuk Cheerson CX-31. Kembali lagi, dengan controller yang seperti ini, anda juga bisa sekalian latihan untuk menggunakan transmitter model standar dengan presisi yang lebih baik. Untuk jarak jangkauannya kira – kira bisa hingga sejauh 30 meter. Dan karena bentuknya bulat, maka jangan terbang terlalu jauh apabila anda belum menguasai orientasi drone ketika terbang daripada nanti malah fly away.



Beberapa tips dan juga hal yang mungkin perlu diperhatikan untuk drone ini adalah, karena drone ini memiliki gaya terbang yang halus, dan tidak seresponsif drone acro, maka dari itu drone ini lebih cocok untuk diterbangkan didalam ruangan (indoor) sebab kalau anda terbangkan diluar ruangan, dia sangat mudah terbawa angin. Maka dari itu ketika hendak menerbangkan di luar, cek dulu apa ada angin yang mungkin bisa menerpa atau tidak. Tapi ketika malam hari, kalau cuaca mendukung, anda bisa menerbangkannya untuk menjahili orang – orang dengan seolah – olah ada penampakan ufo dari jauh. Padahal memang ukurannya juga sudah kecil.


Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - OmahDrones

Untuk tiap pembeliannya, umumnya anda akan mendapatkan:

1 x Cheerson CX-31 Rc Quadcopter
1 x Transmitter
2 x Blade
1 x USB Cable
1 x English Manual
1 x Screwdriver


Mungkin kesimpulan admin untuk drone yang satu ini, untuk anda yang mau belajar menerbangkan drone, dengan kata lain masih pemula, Cheerson CX-31 mungkin bisa anda masukkan ke dalam drone pilihan anda kedepannya, karena selain dia terbangnya halus, dia memiliki transmitter yang seperti drone standar pada umumnya dengan stick controller yang lebih presisi. Serta dengan bentuknya yang menyerupai ufo, anda bisa gunakan Cheerson CX-31 untuk berbuat jahil walau tetap saja admin tidak akan bertanggung jawab kalau anda sedang jahil.

Spesifikasi Drone Cheerson CX-31 - OmahDrones



Sebagai drone yang masih termasuk ke dalam jenis mini drone, Cheerson CX-31 memiliki harga pasaran sebesar 33 USD, apabila di rupiahkan menjadi sekitar Rp 440.000,- harganya memang termasuk mahal untuk ukuran mini drone namun mengingat dia sudah menggunakan transmitter yang besar harganya bisa dibilang wajar. Ya harga acuan ini sangat mungkin berbeda seperti yang ada di daerah anda tentunya karena harga bisa ditentukan oleh banyak factor juga.