Spesifikasi DJI Goggles - FPV with DJI

Dji baru – baru ini memberikan satu solusi untuk para pilot yang ingin merasakan FPV menggunakan Kacamata FPV. Yap. DJI ternyata tanpa di sangka langsung merilis produk baru yang di beri nama DJI Goggles. Kacamata ini tentu fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan kamera drone ke Goggles, sehingga anda bisa menikmati FPV yakni First Person View dimana anda bisa melihat apa yang di lihat oleh kamera drone secara realtime tanpa harus melihat di layar smartphone. Tapi apa hanya itu saja fungsinya? Tentu tidak. DJI tentu tidak akan merilis produk yang hanya memiliki sebuah fungsi standar saja. Terlebih ini ditargetkan untuk menjadi aksesori rekomendasi untuk drone – drone baru yang baik yang sudah di rilis akhir – akhir ini ataupun besok.


Spesifikasi DJI Goggles - OmahDrones

DJI Mengemukakan bahwa DJI Goggles akan menjadi kacamata FPV yang nyaman dan memang di desain untuk produk DJI khususnya Drone tentu saja. DJI Goggles juga menggunakan layar berkualitas tinggi, serta kemampuan yang bisa diandalkan dalam urusan jarak jangkauan, dan juga low lag wireless connectivity. Bahkan dengan DJI Goggles anda bisa melakukan ambil gambar atau video secara langsung. Selain itu, ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh DJI Goggles seperti ActiveTrack, Terrain Follow, Cinematic mode, dan juga tripod mode.



Desainnya sangat professional. DJI Goggles bisa dipastikan nyaman digunakan dan pasti pas untuk tiap ukuran kepala, karena anda bisa mengatur ukuran bando nya menggunakan roda ukuran dibagian belakang DJI Goggles. Anda bisa dengan mudah membuka dan menutup DJI Goggles tanpa harus mencopot bandonya, karena DJI Goggles didesain dengan engsel pada bagian atas, sehingga anda jadi mudah untuk bisa melihat ke Goggles, atau ke dunia nyata. Tinggal buka saja DJI Goggles ke arah atas, seperti membuka jendela dengan engsel yang letaknya di atas.


Spesifikasi DJI Goggles - OmahDrones

Ketika digunakan, kemampuan Low Lag Transmission nya bisa membuat anda FPV dengan letansi yang seminimal mungkin. Rata – rata letansi atau delay FPV nya 110ms, sangat - sangat kecil mengingat banyak FPV system yang masih memiliki letansi diatas 1 detik. Dengan DJI Goggles anda bisa langsung mendapatkan display ber resolusi tinggi, mulai dari 720p dengan framerate 60fps, atau bahkan bisa langsung FPV 1080p dengan framerate 30fps. Sehingga anda bisa mendapatkan visual yang maksimal menggunakan DJI Goggles.



Salah satu kemampuan DJI Goggles adalah Head Tracking, dimana kepala anda seolah menyatu dengan kamera, sehingga ketika anda tengok ke kanan maka kamera juga akan menengok ke kanan, begitu pula apabila menengok ke kiri. Tak Cuma ke kiri kanan, namun juga ke arah atas dan bawah. Sehingga ini sangat bisa digunakan untuk dua orang pilot, dimana seorang pilot mengendalikan drone, dan pilot satunya menggerakan gimbal menggunakan Head Tracking tentu saja.



Di bagian kanan DJI Goggles, terdapat touchpad, dengan touchpad ini, anda bisa memilih menu dan melakukan beberapa setting dengan mudah. Dan di bagian bawah touchpadnya, terdapat tombol power serta indicator baterai. Tak Cuma itu, di bagian bawah sebelah kanan ini juga terdapat function button, serta potentio untuk mengatur focus kamera.

Spesifikasi DJI Goggles - OmahDrones


DJI Goggles juga dilengkapi dengan beberapa interface pendukung seperti:
-          Micro USB Input
Untuk menghubungkan drone yang support dengan DJI Goggles melalui port USB untuk mendapatkan akses tracking serta Head Tracking. Selain itu dengan port ini juga untuk akses update firmware.
-          Micro SD Card
Dengan DJI Goggles anda juga bisa menyimpan hasil video yang telah anda rekam, sehingga bisa juga dianggap sebagai backupan lain selain hasil yang terrekam pada storage utama.
-          HDMI Input
Tentu anda juga bisa memperlihatkan apa yang anda lihat melalui DJI Goggles ke monitor eksternal dengan menggunakan port HDMI ini. Selain itu juga bisa anda gunakan untuk hal lain, seperti hubungkan saja ke perangkat video atau game console, jadi anda bisa menggunakan DJI Goggles sebagai kacamata VR.
-          Audio
Support juga untuk selain produk DJI, maka dari itu diberikan Audio jack sehingga anda bisa menghubungkannya ke perangkat audio sehingga ketika menikmati konten menggunakan port HDMI diatas anda bisa mendengar suaranya melalui headset yang dihubungkan ke DJI Goggles, atau kalau tidak pun anda sudah bisa mendengarkan suaranya melalui speaker internal DJI Goggles.



Spesifikasi DJI Goggles - OmahDrones


Sayangnya dibalik kecaggihan dan kemampuan yang dimiliki DJI Goggles, tidak semua drone DJI bisa support DJI Goggles. Berikut ini adalah drone yang support untuk DJI Goggles, berdasarkan data dari DJI ketika artikel ini dibuat:
-          Phantom 4 Series
-          Inspire Series
-          Mavic Pro



Sebenarnya, untuk anda yang menggunakan Phantom 3 Advanced masih bisa menggunakan DJI Goggles, hanya saja anda tidak akan bisa menikmati fitur – fitur terbaru seperti HeadTracking, dan untuk bisa menghubungkannya juga anda harus mengubungkan antara Transmitter Phantom 3 Adv anda dengan DJI Goggles menggunakan kabel HDMI.


Spesifikasi DJI Goggles - OmahDrones


Dan kelengkapan yang akan anda dapatkan ketika membeli DJI Goggles adalah sebagai berikut:
DJI Goggles Body ×1
Headband ×1
Micro USB Cable ×1
HDMI Cable ×1
Wire Clip ×1
Cleaning Cloth ×1
Charger ×1




DJI Goggles dibandrol dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal, yakni $519 atau dalam rupiah sekitar 6 jutaan. Tapi memang DJI Goggles tidak diproduksi terus menerus seperti produk dronenya. Sehingga mungkin atau bisa jadi DJI Goggles adalah barang limited edition. Bahkan beberapa kali admin cek di situs resmi DJI Store, DJI Goggles selalu Out of Stock alias habis terjual. Jadi bisa disimpulkan bahwa dengan harga sebesar itu, anda tidak akan rugi karena DJI Goggles memiliki kemampuan yang luar biasa, dan tentu bisa bersaing dengan fpv goggle yang lain.