Tips Membawa Drone menggunakan Pesawat Terbang

Ketika kita akan pergi dengan menggunakan pesawat terbang, dan tujuan kita memang untuk melakukan pengambilan gambar, atau keperluan lainnya yang mengharuskan kita membawa drone, nanti apabila kita belum tahu betul bahaya membawa terutama baterai drone apabila anda bawa ke dalam pesawat terbang dengan cara biasa. Nanti anda pasti akan berhadapan dengan pihak bandara sebelum anda bisa terbang, karena permasalahan anda membawa drone beserta baterainya tersebut. Selain pada dasarnya sudah ada regulasi dari pemerintah tentang drone, namun untuk membawa drone dalam pesawat terbang pada kenyataannya itu tetap masih samar, ada yang paham kalau baterai drone aman di bawa menggunakan pesawat asal memenuhi beberapa kriteria, namun ada juga yang bersikeras tidak memperbolehkan membawa baterai drone dalam pesawat bagaimanapun alasannya.


Tips Membawa Drone menggunakan Pesawat Terbang - OmahDrones

Memang yang menjadi masalah utamanya adalah baterai drone, karena ketika dibawa ke dalam pesawat dan menerima tekanan tinggi dari atmosfer ketika terbang, baterai bisa saja meledak karena terhimpit tekanan yang cukup tinggi serta keadaan baterai yang jadi tidak stabil akibat penerbangan tersebut. Intinya bahaya. Ya kita tau sendiri dalam pesawat komersial bukan hanya kita saja penumpangnya, maka dari itu ada pihak bandara dan masakapai yang bersikeras tidak mau membawa drone ketika terbang. Namun sebenarnya ada cara aman untuk anda tetap bisa membawa drone menggunakan pesawat terbang. Tips ini sebetulnya sudah cukup membuat anda terbang dengan aman walau membawa drone beserta baterai – baterainya.



Caranya adalah


1. Pastikan Kapasitas Baterai Kurang Dari 30%
Tips Membawa Drone menggunakan Pesawat Terbang - OmahDrones

Untuk menjaga keamanan baterai selama penerbangan di pesawat, memang baterai harus berada dibawah 30% dari kapasitasnya. Masih ingat kan pada postingan merawat baterai Li-Po dari Omahdrones dulu? Kalau mau menyimpan baterai dalam waktu yang lama, pastikan kapasitasnya dibawah 30%. Nah, hal ini sama apabila anda hendak membawa baterai drone dan drone nya dalam satu penerbangan sekaligus. Kalau tidak, mungkin anda harus mengirim baterai secara terpisah menggunakan kapal atau ekspedisi lainnya yang tentunya waktunya lebih lama sampainya. Maka dari itu, cukup pastikan baterai drone anda kapasitasnya dibawah 30%, maka secara teori anda sudah bisa membawa baterai dengan aman sampai tujuan.



2. Lepaskan Baterai Dari Drone (Pisahkan keduanya)
Sedih, ketika baterai dipisahkan dari drone, padahal mereka jodoh. Tapi demi keamanan, anda harus melepas baterai dari drone, dan memisahkan antara keduanya. Selain demi keamanan untuk mencegah hal yang tidak di inginkan seperti korsletting atau lainnya, langkah ini juga untuk berjaga – jaga apabila pihak maskapai akan melakukan perlakuan khusus terhadap baterai drone anda, sehingga nantinya anda tidak perlu repot – repot mengambil baterai yang mungkin jumlahnya lebih dari dua, ke pihak bandara untuk diperlakukan khusus supaya aman sampai tujuan. Untuk menambah keamanan anda harus baca langkah nomer 3.



3. Gunakan Li-Po Safe Bag
Tips Membawa Drone menggunakan Pesawat Terbang - OmahDrones

Li-Po Safe Bag adalah sebuah tas yang khusus dibuat untuk baterai Li-Po. Dengan Tas ini, baik disisi baterai atau disisi pengguna semuanya aman. Karena didalam tas, baterai akan terjaga baik dari segi kelembaban, tekanan, dan juga suhu nya. Bahkan banyak pilot yang mewajibkan untuk menggunakan Li-Po Safe Bag ini ketika traveling, walaupun tidak menggunakan pesawat terbang sekalipun. Ketika sudah memisahakan baterai dalam Li-Po Safe Bag, ketika pihak bandara berkenan untuk memperlakukan khusus baterai anda, anda bisa memberikan satu bag ke pihak bandara, atau kalau tidak, anda bisa mencoba menjelaskan apabila sudah memakai Li-Po Safe Bag, maka baterai sudah aman dalam penerbangan, sehingga anda tidak perlu memberikan Li-Po Safe Bag beserta baterainya ke pihak bandara.



4. Gunakan Tas Khusus untuk Drone mu
Tips Membawa Drone menggunakan Pesawat Terbang - OmahDrones

Tak bisa dipungkiri, walaupun tas atau case untuk drone sudah sangat Wajib digunakan ketika bepergian jauh. Namun tetap ada juga yang masih membawa drone hanya dimasukkan ke dalam koper besar atau tas ransel besar. Sebenarnya itu sangat Rawan. Akan lebih – lebih aman apabila anda menggunakan case khusus untuk drone anda ketika bepergian jauh. Kabar baiknya, sekarang baik drone kelas toys hingga kelas professional sudah tersedia case khususnya dan dijual secara internasional. Bisa anda cek di ebay misalnya. Anda bisa memilih tas yang paling cocok untuk drone anda dan pilih harga yang paling cocok untuk anda. Produk lokal? Tentu ada, seiriing banyak drone beterbangan, produsen tas lokal pun juga ada yang menawarkan tas custom untuk drone anda.



5. Simpan Li-Po Safe Bag dan Drone mu ke Dalam Kabin Pesawat
Mengapa harus di kabin? Sebisa mungkin letakkan atau simpan Li-Po Safe Bag dan Drone di kabin pesawat, tujuannya adalah apabila terjadi sesuatu, maka anda bisa dengan mudah langsung mengambil tindakan, karena yang mengerti barang bawaan anda hanya anda sendiri. Jadi selain bisa selalu mengawasi barang bawaan anda, anda bisa langsung sigap terhadap segala yang mungkin terjadi. Jadi, usahakan dapatkan izin untuk bisa membawa drone beserta Li-Po Safe Bag mu ke dalam kabin, untuk itu, pilih lah tas yang paling compact dengan ukuran yang relative kecil untuk drone mu supaya tidak kebesaran apabila masuk kabin.




Nah, kurang lebih seperti itu tips untuk anda supaya bisa membawa drone anda kedalam pesawat terbag ketika anda hendak melakukan perjalanan yang jauh, namun tetap bisa membawa semua bagian drone dengan aman tanpa harus memulangkan baterai dan mengirim ulang melalui ekspedisi yang membutuhkan waktu lebih lama. Ketika anda sampai di tujuan dengan semua bagian drone yang lengkap, bukankah anda bisa jadi lebih cepat terbang dan mekalukan pekerjaan anda?