Spesifikasi Drone XK X300-W

Beberapa drone kelas toys sebenarnya tidak ditargetkan untuk keperluan yang serius. Drone kelas toys umumnya ditujukan untuk orang yang sekedar ingin menerbangkan drone untuk kebutuhan bersenang – senang saja. Namun karena melihat pasar drone yang makin hari makin naik, seperti ketika artikel ini dibuat, dimana peminat drone sekarang sudah naik dengan pesat. Membuat para produsen drone mulai membuat drone dengan spesialisasi masing – masing. Dan seperti XK kali ini yang sedang bangga memperkenalkan drone barunya yang dilengkapi dengan teknologi baru pula sehingga diharapkan bisa menjadi fitur terbaru dan pertama yang dimiliki oleh drone sehingga ketika iklan pun bisa merasa bangga dengan produknya yang satu ini.



Spesifikasi Drone XK X300 - OmahDrones

XK Kali ini mengeluarkan produk yang diberi nama XK X300 dikenal juga dengan XK X300-W karena dia sudah support Wifi connection untuk kameranya. Secara garis besar, drone ini memiliki beberapa perbedaan dengan drone lainnya baik di segi bentuk desain dan juga teknologi terapan yang ditambahkan pada drone ini. XK X300 masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter, hanya saja bentuknya tidak kasar berbentuk X pada framenya. Bila dilihat secara kasar lebih mirip frame untuk drone racing walau sebenarnya dia bukan tipe racing. Dia pun tidak dilengkapi dengan kaki, karena secara desain, XK X300 dibuat untuk menjadi FPV Drone, walau masih belum standar racing. Baling – balingnya pun juga berbeda, dimana biasanya drone kelas toys menggunakan baling – baling bawaan 2 blade, namun XK X300 diberi baling – baling bawaan 3 blade, ditambah motor yang cukup kuat, sehingga bisa memutar baling – baling 3 blade dengan ringan.



Sebelum ke fitur yang di unggulkan oleh XK untuk drone XK X300 ini, berikut adalah semua fitur yang ada di drone XK X300 :
* The 720P HD camera has the 90-degree FOV lens, which offers you the brilliant panorama. You can enjoy the fascinating FPV even at about 50-100m away from the UAV.
* Mobile phone APP control (Wifi), image real-time transmission, self-timer mode conversion.
* With optical flow positioning and air press altitude hold mode, the quadcopter can maintain at the desired height even flying at less than 8m above the ground outdoors.
* The 050 iron-core Brushed motor generates tremendous thrust.
* With efficient three-blade propellers,high-efficiency power combination, it can fly swiftly.
* 2.4GHz remote control technology, with gravity sensing remote control function.
* 6-Axis gyro quad-rotorcraft flight, strong stability,can easily implement various flight movements, stronger wind resistance, easier to control.
* With LED light Suitable for flying in the dark at night.


Baiklah, langsung ke fitur unggulan dari drone XK X300 ini. Dia memilik fitur unggulan yakni fitur position hold. Ini adalah teknologi baru dari XK yang diperkenalkan melalui drone XK X300, apabila fungsi position hold ini berfungsi baik dan banyak pilot yang memberikan feedback positif bisa saja drone buatan WLToys akan menggunakan teknologi untuk drone – drone buatan mereka kelak, sekedar info saja XK itu anak perusahaannya WLToys. Nah, fungsi positon hold ini cara kerjanya adalah dengan melihat citra yang ditangkap oleh satu sensor yang berada dibagian bawah drone XK X300. Drone akan diam di posisinya dengan menandai objek statis dibagian bawah ketika dia sedang terbang. Terdengar cukup keren, karena ini bisa menjadi teknologi alternative daripada menggunakan teknologi sonar atau sejenisnya yang harganya mahal, apabila teknologi ini bekerja sesuai dengan yang di harapkan, tentu teknologi ini bisa menjadi solusi untuk drone kelas toys biasa yang sering diterpa angin lalu hilang.



Meski begitu, secara teknis fungsi ini belum berfungsi seperti yang diharapkan oleh para pilot. Mungkin anda juga akan langsung memiliki pandangan bahwa drone akan langsung hold di posisinya ketika anda melepaskan direction stick. Namun tidak seperti itu pada realitanya, karena kalau anda langsung melepaskan direction stick, drone akan terus berjalan beberapa detik, barulah dia akan melakukan lock position. Jadi untuk mengendalikannya mungkin beda dengan drone kelas toys lainnya. Jadi untuk bisa lock position sesuai dengan keinginan anda, anda harus menurunkan kecepatan secara perlahan hingga drone tidak bergerak dan mengunci posisi dimana dia terbang saat itu.

Spesifikasi Drone XK X300 - OmahDrones


Untuk spesifikasi detailnya bisa dilihat dibawah:
Brand Name: XK
Item NO.: X300-W
Item Name: XK X300-W RC quadcopter
Frequency: 2.4G
Channel: 8CH
Gyro:6 axis
FOV:90 degree
Motor: 050 core
Quadcopter Size:26.5 x 34 x 15cm
Flight Weight:About 370g
Flight time: About 17minutes
Charging time: About 150 minutes
Control distance: about 200m
FPV Distance: About 250m
Battery for quadcopter: 2S 7.4V 2000mAh
Adapter: 10V 800mAh
Battery for transmitter: 6 X 1.5V AA battery (not included)
Camera: 720P 90°Wide Angle HD Camera


Nah, untuk sumber tenaganya, XK X300 dibekali dengan baterai yang sudah memiliki desain sendiri khusus untuk XK X300. Sehingga apabila anda mau beli baterai cadangan anda tidak bisa memakai baterai biasa tanpa casing. Baterainya juga memiliki kapasitas yang tergolong besar, yakni sebesar 2000 mAh. dengan baterai sebesar itu, maksimal anda bisa terbang selama 17 menit, dengan rata – rata lama terbang selama 13 menit. Di bagian body drone XK X300 pun juga terdapat indicator baterai, sehingga ketika hendak terbang anda bisa melihat kapasitas baterainya saat itu. Karena baterai ini memiliki tegangan sebesar 7.4 Volt, maka anda harus menggunakan charger khusus Li-Po atau menggunakan charger bawaan dari XK untuk melakukan pengisian ulang baterai. Jangan lupa diamkan dulu baterai selama kira – kira 15 menit sebelum melakukan recharge, supaya baterainya dingin dan normal.

Spesifikasi Drone XK X300 - OmahDrones


Di bagian remote, anda akan mendapatkan remote kelas professional dengan desain yang menakjubkan. Dengan remote ini anda tidak hanya bisa menerbangkan drone saja, namun juga bisa mengontrol semua fitur yang ada pada drone. Dibagian bawah remote juga terdapat LCD monochrome yang akan menampilkan status seperti sinyal, trimming, kapasitas baterai remote, dan lain – lain sehingga anda bisa melihat status secara realtime. Bahkan dibagian atas nanti anda juga bisa pasang layar FPV untuk bisa melihat apa yang dilihat drone secara langsung. Untuk jangkauan terbangnya, XK mengatakan bahwa XK X300 bisa anda terbangkan hingga radius 200 meter, namun tetap saja jarak terbang maksimal di suatu daerah itu dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya adalah intervensi sinyal.

Spesifikasi Drone XK X300 - OmahDrones


XK X300 juga memiliki kamera FPV yang bisa di lepas pasang. Untuk memasukkan MicroSD anda harus melepasnya dulu dari drone, cara melepasnya juga cukup mudah, tidak perlu khawatir akan putusnya kabel, Karena kameranya sudah ada dalam satu kit paten. Kamera ini sanggup mengambil gambar dengan cukup baik dan jelas, bahkan untuk merekam video anda akan mendapatkan resolusi 720p dengan lensa wide angle nya. Dengan kamera ini pula anda bisa melakukan FPV karena kameranya bisa langsung anda hubungkan ke monitor bawaan melalui koneksi wifi. Anda tidak perlu lagi menggunakan smartphone anda sebagai monitor FPV untuk drone XK X300.

Spesifikasi Drone XK X300 - OmahDrones


Ketika anda membeli XK X300, anda akan mendapatkan kelengkapan superlengkap yang terdiri dari:
1 X XK X300 RC Quacopter(With 720P Camera)
1 X 2S 7.4V 2000mAh 20C Li-po Battery
1 X Transmitter
1 X FPV Monitor
1 X Charger
4 X Propeller
4 X Protective cover
1 X screwdriver
1 X Card reader
1 X 4GB TF Card
1 X English Manual



Sebagai pecinta drone, mungkin anda harus mencoba drone XK X300, karena dia menawarkan satu teknologi baru yang memungkinkan dia untuk bisa tetap pada posisinya, sehingga ketika diterpa angin, dia bisa tetap mempertahankan posisinya dengan teknologi baru yang dibawanya.




Sedangkan untuk harganya, secara internasional, drone XK X300 ini dijual dengan harga $105 - 146 USD, sekitar 1.4 - 1.9 juta apabila diubah ke kurs rupiah. Dengan membawa teknologi baru, mungkin XK X300 bisa menjadi yang pertama dalam pengembangan teknologi position hold untuk drone kelas toys.