Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - 4K FPV Ready

Yuneec mungkin terkenal dengan drone professional mereka yang khusus difokuskan untuk kebutuhan tertentu seperti untuk proses pembuatan film dan pemetaan suatu area. Seperi Yuneec Typhoon H misalnya. Ukurannya yang super besar dan sangat bertenaga memungkinkan dia memiliki kecepatan yang mumpuni bahkan untuk menyamai kecepatan kendaraan yang sedang melaju kencang. Sehingga untuk film bergenere aksi kebut – kebutan dan butuh angle kamera dari drone, Yuneec Typhoon H menjadi salah satu drone yang bisa melakukannya. Namun akhir – akhir ini, pada waktu artikel ini ditulis tentunya, muncul drone jenis baru yang sedang popular yakni selfie drone, yaitu drone yang lebih difokuskan untuk memberi media untuk trend selfie yang masih eksis supaya mendapatkan hasil gambar yang lebih keren dan antimainstream karena menggunakan drone untuk mengambil gambar.

Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones


Sempat tidak mengira, ternyata Yuneec juga tidak mau kalah dengan produsen lain untuk membuat selfie drone, namun dengan spesifikasi dan kemampuan yang sangat menakjubkan. Yuneec kini hadir dengan drone yang lebih kecil namun dengan spesifikasi yang terbilang tinggi, dia diberi nama Yuneec Breeze. Drone ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada drone professional buatan Yuneec lainnya, bentuk desain dari Yuneec Breeze juga unik, dengan empat lengan yang masing – masing membawa sebuah motor brushless kecil, membuat Yuneec Breeze bisa terbang dengan efisien di segi peforma. Bentuk badannya pun tergolong kecil, dia memiliki dimensi total 19 x 19 x 6.5 cm saja.



Untuk fiturnya, tentu Yuneec Breeze memiliki banyak fitur bawaan yang sangat canggih Seperti:

-          Breeze Cam App
Ini adalah nama aplikasi yang anda gunakan untuk bisa menerbangkan Yuneec Breeze. Dengan aplikasi ini anda bisa dengan mudah menerbangkan Yuneec Breeze serta mengedit foto dan bahkan anda juga bisa langsung share ke facebook, twitter dan social media lainnya.

-          Selfie Mode
Mudah memposisikan Yuneec Breeze ke angle selfie terbaik, sehingga anda bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal.

-          Pilot Mode
Anda juga tetap diberikan akses kendali penuh dan bebas untuk menerbangkan Yuneec Breeze.

-          Orbit Mode
Yuneec Breeze akan memutari objek yang sudah ditetapkan.

-          Journey Mode
Dengan bantuan GPS, anda bisa melihat track Yuneec Breeze terbang, dan jangan khawatir bila kehilangan sinyal, karena Yuneec Breeze akan kembali dengan sendirinya.

-          Follow Me
Seperti namanya, Yuneec Breeze juga memiliki fitur Follow me, Yuneec Breeze akan mengikuti anda dari belakang sembari mengambil gambar anda.

-          Indoor Positioning System
Dengan fitur ini, anda bisa terbang indoor dengan tenang, karena Yuneec Breeze juga bisa tracking tanpa GPS, selagi anda menerbangkannya dalam ruangan.

Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones
Seperti kebanyakan drone professional lainnya, namun untuk Yuneec Breeze ini lebih portable, dan untuk tenaganya, dia juga memiliki baterai yang pemasangannya cukup mudah, tinggal plug and lock, maka Yuneec Breeze siap untuk diajak terbang. Yuneec memberi Breeze baterai yang dalam satu pack, memiliki kapasitas total sebesar 1150mAh. Untuk tegangannya memang dirasa cukup besar untuk drone sekecil ini, yakni bertegangan 11.1 Volt. Mungkin memang ini yang terbaik untuk Yuneec Breeze mengingat drone sekecil ini juga sudah bisa melakukan berbagai macam hal, sehingga butuh tegangan yang cukup besar. Dengan baterai bawaan ini, Yuneec Breeze bisa terbang hingga selama 12 menit. Jangan khawatir, anda bisa melihat kondisi baterai drone secara realtime sehingga bisa mengambil langkah yang tepat apabila baterai mulai menipis.


Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones

Untuk bisa mengendalikan Yuneec Breeze, anda akan mendapatkan tiga metode yang berbeda, metode atau cara pertama adalah dengan smartphone atau tablet anda secara langsung. Anda hanya perlu mendownload app Breeze Cam agar bisa mengendalikan Yuneec Breeze dengan smartphone anda. Dan cara kedua adalah dengan menggunakan controller plus smartphone. Jadi anda menggunakan controller untuk mengendalikan Yuneec Breeze, dan smartphone anda menjadi layar FPV sehingga anda bisa melihat apa yang dilihat drone secara realtime. Dan metode ketiga adalah dengan menggunakan kacamata VR Yuneec. Tempatkan smartphone anda di kacamata tersebut dan anda akan mendapatkan sensasi FPV seperti menerbangkan drone racing.



Untuk jangkauannya, apabila anda menggunakan smartphone, maka anda menggunakan Wifi langsung, dan apabila anda gunakan di tempat yang sedikit intervensi sinyalnya, anda bisa menerbangkan dengan jarak hingga 50 meter, sedangkan apabila anda menggunakan controller anda tentu akan mendapatkan jangkauan yang lebih jauh lagi. Tetapi dengan waktu terbang yang tidak lama, anda tentu tidak direkomendasikan untuk terbang jauh – jauh karena kapasitas baterainya tidak terlalu besar untuk drone Yuneec Breeze ini.

Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones


Kamera Yuneec Breeze ini cukup fantastis. Dia memiliki sensor sebesar 13MP. Dengan lensa sebesar itu, anda bisa mendapatkan hasil gambar maksimal berukuran 4160 x 3120 pixel. Bukan Cuma gambar saja, resolusi video yang bisa anda dapatkan pun juga bervariasi, mulai dari HD, Full HD, hingga UHD 4K. bila dilihat pada gambar, Yuneec Breeze tidak menggunakan gimbal, tapi anda tetap bisa mendapatkan hasil video yang halus dan memuaskan karena Yuneec Breeze memiliki EIS (Electronic Image Stabilizer) sehingga goncangan yang terjadi seakan hilang karena adanya fitur ini. Namun fitur ini hanya bisa digunakan untuk perekaman 720p dan 1080p saja, itu berarti apabila anda merekam di resolusi 4K, anda akan mendapatkan video dengan guncangan yang terjadi ketika terbang. Untuk mendapatkan angle yang tepat, bahkan anda juga bisa menggerakkan kamera Yuneec Breeze juga, walau sebatas hanya dua arah yakni atas dan bawah saja, namun ini sudah lebih dari cukup mengingat kemampuan kameranya patut diacungi jempol.



Selain fitur yang sudah disampaikan diatas tadi, Yuneec Breeze juga memiliki “karakter” yang cukup cerdas. Seperti misalnya anda sedang menerbangkan Yuneec Breeze dengan smartphone, lalu tiba – tiba anda mendapatkan telefon, maka Yuneec Breeze akan hovering dan menunggu hingga anda selesai telefon. Lalu ketika baterai smartphone anda habis ketika terbang, maka Yuneec Breeze akan hovering selama satu menit, lalu karena tidak ada sinyal dari smartphone, maka Yuneec Breeze memutuskan untuk return to home, dan mendarat. Ini juga dilakukan Yuneec Breeze ketika mendapati lost signal ketika terbang.


Spesifikasi Detail dari Yuneec Breeze:

Aircraft
DIMENSIONS 196 x 196 x 65 mm
TAKE-OFF WEIGHT 385 g
BATTERY 3S 11,1 V 1150 mAh LiPo
FLIGHT TIME up to 12 minutes
MAXIMUM FLYING HEIGHT 80 m
MAXIMUM HORIZONTAL SPEED 5 m/s (limited by software)
MAXIMUM CLIMBING SPEED 1 m/s

Camera
WORKING TEMPERATURE 0°C - 40°C
SENSOR 1/3.06 CMOS
EFFECTIVE PIXELS 13 Megapixel
PHOTO RESOLUTION 4K - 4160 x 3120 pixels (13 MP)
PHOTO FORMAT JPEG
FOV 117°
SHUTTER SPEED 1/30 - 1/8000s
WHITE BALANCE auto, sunny, sunrise, sunset, cloudy, tungsten light, glowing, disabled
Controller
DIMENSION 106 x 104 x 59 mm
WEIGHT 189 g
WORKING TEMPERATURE -20 - 65°
CHARGING TIME 2 - 3 h
PLATFORMS iOS (at least 8.0) /Android (at least 4.4)
CONNECTION TYPES Bluetooth

FPV Goggles
DIMENSION 196 x 113 x 128 mm
WEIGHT 200 g
MATERIAL PC + ABS
MOBILE SUPPORT 4,7" - 6"
FOV 110°
PUPIL DISTANCE ADJUSTMENT Yes

Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones

Untuk kelengkapan apabila anda membeli satu unit Yuneec Breeze, umumnya anda akan mendapatkan:
-          Yuneec Breeze 4K Drone
-          Propeller Guards
-          Battery
-          Charger
-          Charging Dock
-          USB Cable
-          Case
-          Guide Book
Optional:
-          Controller
-          Yuneec Goggles



Untuk mengikuti perkembangan teknologi, seperti produsen drone professional lainnya, yuneec tentu senantiasa terus mengembangkan teknologi drone dengan cirikhas mereka sendiri, sehingga ketika bertarung di pasar, Yuneec tetap memiliki peminat setianya. Terlebih di produk Yuneec Breeze ini, dengan ukuran drone yang tergolong kecil, serta simple namun sudah memiliki kemampuan yang cukup kompleks dan menakjubkan.

Spesifikasi Yuneec Breeze Drone - OmahDrones

Yuneec Breeze ini juga sudah dijual secara internasional. Untuk satu paket drone Yuneec Breeze, dia diberi harga sebesar $500 USD, atau apabila di rupiahkan, setara dengan harga 6 jutaan. Untuk harga juga ternyata masih dibawah harga drone professional pendahulunya seperti Yuneec Q500 atau Yuneec Typhoon H. lantas, apakah anda memiliki angan – angan atau memang sudah berniat membeli si Breeze yang praktis ini? Tentunya dengan spesifikasi yang sudah dibahas tadi, anda tidak akan dikecewakan oleh Yuneec Breeze dan seluruh kemampuannya.