Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone

Perusahaan yang bergerak di bidang pesawat nirawak atau lebih tepatnya drone yang bernama Xiro, selama ini mungkin terkenal dengan satu drone buatan mereka yang juga bisa dibilang sukses dalam pemasarannya. Bahkan dengan satu tipe drone saja penjualannya bisa menyaingi DJI yang memiliki beberapa tipe untuk jenis phantom nya. Dan terbukti juga bahwa pilot drone yang menggunakan Xiro Xplorer V juga terus bertambah. Namun perusahaan ini tentu tidak cepat puas dengan hasil yang telah mereka capai. Mereka tentu tetap terus mengembangkan segala potensi dan inovasi mereka supaya bisa membuat sebuah drone baru yang memiliki daya Tarik tinggi dengan teknologi tercanggih serta memiliki kemampuan yang luar biasa. Itu terbukti setelah mereka secara resmi mengeluarkan satu drone baru lagi kepada public.


Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones


Kali ini drone buatan mereka diberi nama Xiro Xplorer Mini. Drone ini dikatakan memiliki kemampuan yang luar biasa dan memiliki beberapa daya Tarik tersendiri yang tidak akan anda temukan pada drone sejenis lainnya. Kali ini Xiro Xplorer Mini sesuai namanya memiliki ukuran yang tergolong kecil apa bila dibandingkan dengan Xiro Xplorer V. drone yang memiliki ukuran sekitar 31 x 31 CM ini, ternyata juga memiliki sifat portable karena Xiro Xplorer Mini ini bisa dilipat pada tiap lengannya. Sehingga otomatis Xiro Xplorer Mini ini sangat praktis anda bawa kemanapun anda pergi. Xiro Xplorer Mini masih masuk ke dalam kategori Quad-Copter dengan keempat buah motor utama yang digunakan untuk bisa terbang. Daya Tarik pertamanya adalah desainnya yang sangat baru, unik, dan keren terlebih dengan adanya splat color yang menghiasi bagian atas body Xiro Xplorer Mini.

Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones
Xiro Xplorer Mini Mode Lipat


Xiro Xplorer Mini sudah memakai brushless motornya sehingga untuk efektifitasnya sudah sangat tinggi. Untuk fiturnya Xiro Xplorer Mini juga sudah memiliki segudang fitur yang bisa anda gunakan, seperti fitur follow me, follow snap, return to home, indoor positioning system yang bisa mengunci home position tanpa GPS, melainkan dengan sonar, sehingga walau didalam ruangan pun Xiro Xplorer Mini bisa return to home dengan aman. Dan tentu ketika digunakan di luar ruangam Xiro Xplorer Mini ini bisa mengunci home position dengan GPS. Malah Xiro Xplorer Mini memiliki fitur dual satellite positioning, yang akibatnya akurasi posisi Xiro Xplorer Mini terbang bisa lebih akurat. Ada juga fitur pendamping seperti Lost connection protection, dan juga low power protection.

Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones
ukuran Xiro Xplorer Mini


Taukah anda bahwa Xiro Xplorer Mini ini juga berhasil memenangkan dalam reddot award 2016? Yang membuktikan bahwa Xiro Xplorer Mini ini memiliki potensi yang bukan main, dibalik kesimpelan yang dimilikinya terdapat kecanggihan yang luar biasa. Selain memiliki daya Tarik berupa dual satellite positioning dan juga sonar, Xiro Xplorer Mini juga memiliki daya Tarik lain apalagi jika bukan kamera built in yang sudah terpasang di bagian depan drone.



Bagian kamera dari Xiro Xplorer Mini ini memiliki resolusi yang cukup tinggi, yakni sebesar 13 MP. Dengan kamera ini anda sudah bisa mengabadikan segala momen yang terjadi ketika anda sedang menerbangkan Xiro Xplorer Mini. Dengan kamera ini anda bisa mengambil gambar dalam bentuk foto dengan resolusi sebesar 4208*3120 pixel, sedangkan Untuk kualitas video yang bisa dihasilkan dari drone ini, anda bisa mendapatkan video dengan resolusi Full HD 1080p. dan Xiro Xplorer Mini juga bisa digunakan untuk FPV secara realtime, ketika FPV anda akan diberikan video kualitas HD 720p. lensa yang digunakan untuk Xiro Xplorer Mini adalah tipe 190°fisheye, yang akan membuat anda lebih bisa melihat sekeliling dari FPV dibandingkan dengan lensa biasa.

Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones
Kendali Xiro Xplorer Mini 


Untuk unit kendalinya, Xiro Xplorer Mini ini tidak menggunakan transmitter atau remote analog seperti kebanyakan drone. Xiro Xplorer Mini lebih dikembangkan untuk langsung dikendalikan dengan menggunakan Smartphone secara langsung. Untuk menerbangkannya juga tidak usah khawatir, karena anda bisa melakukan beberapa fungsi seperti auto take off, auto landing, hovering, dan bahkan share hasil video atau foto dari smartphone dengan sekali sentuh. Anda hanya perlu download aplikasinya di playstore atau appstore. Dalam aplikasi ini, tampilan yang disuguhkan bukan hanya FPV dan tombol kendali saja, namun juga ada informasi seperti status sinyal, baterai, kapasitas memory, ketinggian, dan lain sebagainya, sehingga dengan satu layar, anda bisa mengetahui keadaan dan posisi drone secara langsung. Untuk jarak terbangnya, anda bisa mengendalikan Xiro Xplorer Mini maksimal dalam radius 100 meter, tergantung dengan lokasi dimana anda terbang juga.



Sedangkan untuk baterainya, Xiro Xplorer Mini ini menggunakan baterai jenis Li-Po 3S yang memiliki kapasitas sebesar 1650mAh. Dengan baterai yang ukurannya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Xiro Xplorer Mini hingga selama sekitar 15 menit maksimal. Dengan ukurannya yang sekecil ini, untuk waktu terbang selama itu sudah termasuk bagus apabila dibandingkan dengan drone yang ukurannya sama seperti Xiro Xplorer Mini. Untuk chargingnya masih sama seperti kebanyakan drone, yakni membutuhkan waktu selama 1.5 jam. Ketika mau recharge, pastikan drone sudah didiamkan kira – kira selama 15 menit dulu supaya kondisi baterai jadi normal. Baru bisa di charge dengan tenang.

Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones


Bagi anda yang penasaran dengan tabel spesifikasinya, berikut adalah tabel spesifikasi dari Xiro Xplorer Mini:

Specifications

Diagonal Motor-Motor 225mm
Size 310*310*55mm
Weight (Including Battery) 431.2g
Hovering Accuracy H:±1.5m、V:±0.5m
Max. Flight Height 50m (adjustable)
Max. Flight Distance 100m
Max. Flight Time Approx. 15mins
Max. Ascent Speed 3m/s
Max. Descend Speed 2m/s
Max. Horizontal Speed 8m/s

Smart Battery

Type LiPo 3S
Capacity 1650mAh
Charging Time Approx. 1.5hrs
Charging Environment Temperature 32~104ºF
Discharging Environment Temperature 14~122ºF

Camera

HD Video 1080P/30fps
Sensor Dimensions 1/3.0
Max. Resolution 4208*3120
FOV 190°fisheye

XIRO Xplore App

Mobile Devices System iOS 8.0+
Android4.4+
Video Preview Resolution 720P


Untuk tiap pembeliannya, sayangnya kami belum mendapatkan jawaban resmi apa saja yang akan didapatkan ketika pembelian karena ketika artikel ini ditulis, di toko resmi Xiro juga belum memasarkan produknya Xiro Xplorer Mini ini. Namun setelah cari di toko online, justru sudah ada yang menjual dan disana tiap pembeliannya hanya mendapatkan unit drone, serta charger untuk baterainya. Mungkin juga ditambah dengan propeller ekstra seperti pada penjualan drone pada umumnya.

Spesifikasi Xiro Xplorer Mini Drone - OmahDrones


Mungkin kesimpulan dari Xiro Xplorer Mini ini adalah bagi anda yang tidak mau repot membawa drone kemana – mana terlebih ketika traveling dan anda juga ingin drone yang simple tidak mau terbang terlalu jauh, anda bisa memasukkan Xiro Xplorer Mini ini sebagai rekomendasi. Karena drone ini sangat praktis, bisa dilipat, dan bisa anda terbangkan langsung menggunakan smartphone beserta semua fitur – fiturnya yang menggunakan teknologi terkini. Apalagi dengan drone sekecil ini anda juga sudah bisa mendapatkan kualitas gambar yang sangat memuaskan baik dalam bentuk foto ataupun video.




Dan yang terakhir, seperti itulah ulasan kita mengenai Xiro Xplorer Mini si mini yang memiliki kemampuan luar biasa. Apabila anda tertarik untuk memiliki drone ini, untuk harga kisarannya sebesar Rp 6.000.000,- dengan drone yang simpel, dilengkapi dengan fitur dual satellite GPS Positioning, serta indoor positioning dengan sonar, anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan Xiro Xplorer Mini, karena fitur return to home nya memang jadi penyelamat untuk si kecil bisa kembali kerumah.