Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - 4K Recording Ready

Setelah suksesnya xiaomi dengan action cam pertamanya yakni Xiaomi Yi, ternyata xiaomi telah memiliki strategi yang matang dalam menjual produknya, kali ini xiaomi optimis akan mengambil lebih banyak keuntungan lagi dengan menjual sebuah action cam baru, sebagai penerus dan penyempurna action Xiaomi Yi, yang mereka beri nama dengan Action Cam Xiaomi Yi 2. Dalam beberapa pembahasan dari beberapa sumber, Action Cam Xiaomi Yi 2 ini juga di gambarkan sebagai saingan dari action cam kelas atas yakni GoPro Hero 4 Black Edition. Lantas sebagus apa kemampuan Action Cam Xiaomi Yi 2 ini sehingga dia bisa disandingkan dengan GoPro hero 4 Black? Nah, di kesempatan kali ini kami akan coba membahas Action Cam Xiaomi Yi 2 dari segi spesifikasi untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari kamera Xiaomi Yi generasi kedua ini.

 
Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones
Action Cam Xiaomi Yi 2


Perbedaan yang paling mencolok di Action Cam Xiaomi Yi 2 ini dari versi sebelumnya adalah kemampuannya untuk merekam video dengan resolusi  4K. Action Cam Xiaomi Yi 2 ini bila dilihat sekilas memang memiliki perbedaan juga di sisi desain bentuknya, di bagian depan, hanya terdapat lensa utama dan juga lampu indikator. Dan dibagian belakang, terdapat laya LCD yang cukup lebar untuk ukuran LCD Action cam, nah LCD Action Cam Xiaomi Yi 2 ini sudah permanen, LCD ini juga menjadi pembeda antara Xiaomi Yi 1 dan Xiaomi Yi 2. Nah, di bagian bawah kamera ini ada sebuah pintu kecil untuk membuka tempat baterai, bila anda hendak mengambil baterai. Dan di Action Cam Xiaomi Yi 2 ini tentu juga memiliki beberapa port pendukung seperti micro usb dan mini HDMI.



Untuk sensornya, Action Cam Xiaomi Yi 2 masih menggunakan sensor buatan sony yang memiliki resolusi sebesar 12MP, untuk kualitas hasilnya juga tidak diragukan lagi. Dengan lensa ini pula anda bisa mengambil video dengan resolusi maksimal 4K, atau 4000p dengan framerate 30fps. Selain itu tentu anda masih bisa merekam video dengan resolusi yang lebih kecil seperti 1080p atau 720p, tinggal setting saja semua sudah beres. Dan bila anda sekedar menggunakan Action Cam Xiaomi Yi 2 ini untuk mengambil foto, atau gambar, anda akan mendapatkan gambar dengan resolusi full 12MP atau 4000 x 3000 pixel.



Dan bagi anda yang ingin mengetahui spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 bila dibandingkan dengan GoPro Hero 4 Black, anda bisa melihat tabel perbandingannya dibawah ini:


Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones



Action Cam Xiaomi Yi 2 juga memiliki fitur dan fungsi yang sangat bisa anda gunakan demi menunjang karya yang sedang anda buat, misalkan fitur timer, bisa anda gunakan countdown timer sebelum melakukan foto, lalu ada juga fitur brust mode yang bisa dibilang ekstrim, sebab dalam 1 detik kamu bisa mendapatkan 30 gambar sekaligus. Namun ini sebenarnya normal, karena ketika merekam video pun anda bisa memilih framerate 30fps, nah bila 30fps itu digunakan untuk mengambil gambar, maka sama saja fitur burst  ini, bedanya bila merekam menjadi video, bila burst menjadi gambar. Selain itu, di Action Cam Xiaomi Yi 2 ini juga bisa ada fitur time lapse yang intervalnya bisa anda sesuaikan sendiri, mulai dari 0.5 detik hingga 60 detik. Selain itu Action Cam Xiaomi Yi 2 juga ada fitur loop recording. Yang lebih keren, Action Cam Xiaomi Yi 2 memiliki dua buah mikrofon, sehingga akan lebih kuat dalam merekam suara dari apa yang sedang anda record.


 
Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones
LCD Action Cam Xiaomi Yi 2

Tadi sudah disinggung sedikit, bahwa Action Cam Xiaomi Yi 2 ini memiliki LCD di bagian belakang. Yap, memang Action Cam Xiaomi Yi 2 ini memiliki LCD yang memiliki resolusi 360 x 640 pixels, dan LCD ini juga sudah touch screen, sehingga anda tidak perlu tombol lagi, karena semua tombol sudah bisa ditampilkan di layar Action Cam Xiaomi Yi 2. Berbeda dengan kebanyakan action cam yang mayoritas memiliki LCD statis dan ukurannya pun tidak besar. Dengan LCD yang ukurannya besar, tentu anda akan mendapatkan display yang lebih besar ketika anda melihat hasil kamera yang tersimpan di micro sd didalam kamera. Dengan kamera ini anda bisa memasukkan micro SD sebagai media penyimpanan gambarnya, dan untuk kapasitasnya anda bisa memasang maksimal 64GB.


Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones
Baterai Xiaomi Yi 2


Di bagian baterainya, anda bisa membuka penutup baterai yang berada di bagian bawah kamera, Action Cam Xiaomi Yi 2 ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya lebih besar bila dibandingkan dengan action cam lainnya. Action Cam Xiaomi Yi 2 ini diberi baterai bawaan berkapasitas 1400 mAh, dengan baterai sebesar itu Xiaomi juga berkata bahwa action cam mereka yang satu ini bisa tahan lebih lama daripada action cam lainnya, bila action cam lainnya rata – rata bisa bertahan selama 1 jam an, nah Action Cam Xiaomi Yi 2 ini bisa bertahan hingga 2 jam dalam merekam video 4K. Selain itu, Xiaomi juga berkata, hasil gambar akan lebih canggih karena kamera ini juga dilengkapi dengan 3 axis accelerometer dan juga 3 axis gyroscope.


Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones


Untuk kelengkapan bila anda membeli Action Cam Xiaomi Yi 2 officialnya, kami belum tahu pasti, namun dari beberapa sumber, kami mendapatkan info bahwa xiaomi hanya menjual unit kamera Action Cam Xiaomi Yi 2 saja tanpa aksesori. Namun bila anda cek di online shop, para penjual sudah banyak yang menyiapkan paket kit kamera yang umumnya sudah meliputi beberapa aksesori seperti mount, waterproof case, charger desktop, dan lain lain.


Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones


Nah, untuk koneksinya, anda bisa menggunakan koneksi wifi untuk menghubungkannya ke smartphone, dengan bantuan aplikasi dari xiaomi yang bisa anda download di playstore, anda bisa mengambil gambar dengan Action Cam Xiaomi Yi 2 dan hasil gambar akan langsung tersimpan ke smartphone, anda bisa mengendalikan Action Cam Xiaomi Yi 2 ini hingga lebih dari 10 meter atau sesuai kemampuan dari wifi di smartphone anda. Untuk hasil gambarnya jangan khawatir, selain beberapa kemampuan diatas tadi, Action Cam Xiaomi Yi 2 juga memiliki Lens Distirtion Correction dan juga Electronic Image Stablization yang bila anda bisa memaksimalkan kinerjanya anda akan mendapatkan gambar yang tidak mengecewakan.



Mungkin kesimpulan kami untuk action ini, bila bertanya apa bagus bila dipasang untuk drone, memang bagus, karena kemampuannya yang bisa merekam video 4K, bisa anda manfaatkan bila anda memang sedang membuat project yang membutuhkan video 4K sebagai bahannya.

 
Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi 2 - OmahDrones
Xiaomi Yi 2


Oke, kira – kira seperti itulah ulasan kita hari ini mengenai Action Cam Xiaomi Yi 2, yang sudah bisa merekam video 4K. dan apabila anda berminat membeli action cam ini, harga kisarannya berada di angka Rp 3.300.000,- bila melihat harga dan kemampuannya bisa dibilang sepadan, apabila kemampuannya memang benar – benar seperti apa yang dikemukakan oleh xiaomi, jadi apakah anda berminat membeli Action Cam Xiaomi Yi 2 ready for 4K Video ini?